Sen. Agu 19th, 2019

Megazio.com

Berita Hari Ini, Kabar Update dan Terpercaya

Yuk Kenali Penyebab Istri Ngidam saat Hamil (No. 4 Harus Diwaspadai)

  •  
  •  
  •  
  •  

Ngidam adalah lazim bagi pasangan suamu istri di seluruh dunia, istri hamil banyak macamnya, dari yang biasa hingga yang aneh dan membahayakan.

Secara medis, keadaan ini sering terjadi bersamaan dengan masa terjadinya mual dan muntah akibat hormon Human Chorionic Gonadothropine (HCG), yang berada di level tertinggi saat kehamilan menginjak 60 hari atau 2 bulan.

Penyebab ngidam saat hamil Pada dasarnya, penyebab ngidam pada ibu hamil tidak bisa dijelaskan secara pasti. Beberapa teori mengatakan bahwa kondisi tersebut bisa terjadi akibat perubahan hormonal, yang membuat indra perasa dan penciuman menjadi lebih sensitif.

Ngidam adalah suatu kondisi yang diindentikan dengan pemenuhan keinginan ibu hamil, mulai dari makanan, minuman, benda-benda, hingga melakukan aktivitas tertentu.

Ngidam yang dimaksud di sini bukan makanannya tetapi nutrisi yang ada di dalamnya, Berikut ini adalah penyebab ngidam yang harus Anda kenali, di antaranya:

Perubahan hormon

Penyebab ngidam yang paling umum pada wanita hamil karena terjadinya perubahan hormon di dalam tubuh. Perubahan hormon ini juga bisa memengaruhi bau dan rasa pada makanan, sehingga membuat wanita hamil tidak menyukai makanan yang mereka sukai sebelumnya, atau bahkan sebaliknya. Selain itu, kondisi ini juga ditandai dengan gejala mual dan muntah tapi hanya saat menginjak usia kehamilan 2 bulan saja.

Meningkatnya produksi air liur

Saat memasuki masa awal kehamilan, produksi air liur pada wanita akan mengalami peningkatan. Kondisi ini menyebabkan ibu hamil jadi sering meludah, muncul rasa logam di mulut, serta membuat perasaan mual dan muntah.

Kebutuhan energi yang lebih banyak

Ibu hamil memerlukan nutrisi lebih banyak dari biasanya. Beberapa nutrisi tersebut seperti makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien adalah nutrisi yang mengandung kalori atau energi seperti lemak, protein, dan karbohidrat. Sedangkan, mikronutrien adalah komponen makanan yang meliputi mineral dan vitamin.

Perubahan emosi

Penyebab ngidam berikutnya adalah terjadinya perubahan emosi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti lingkungan yang kumuh, penghasilan rendah, atau karena kondisi emosi yang sangat labil. Wanita hamil membutuhkan suasana yang tenang dan nyaman.

Tubuh kekurangan gizi

Seperti penjelasan sebelumnya, karena ngidam adalah sebuah tanda tubuh membutuhkan nutrisi tertentu, maka dari itu yang harus dipahami adalah wanita hamil membutuhkan gizi lebih banyak dibanding dengan wanita yang tidak hamil, Ketika wanita hamil sedang kekurangan zat besi, maka dia akan ngidam makanan atau minuman yang mengandung zat besi.

Kondisi otak

Menurut sebuah penelitian, penyebab ngidam yang dialami oleh wanita hamil terkait dengan area di otak yang disebut korteks insular, bagian otak yang terletak tepat di tengah belahan otak (kadang disebut juga otak kecil). Peranan dari korteks insular sendiri adalah mengontrol fungsi kognitif, pengalaman interpersonal, persepsi, kesadaran diri, dan kontrol motorik.

Kondisi psikologis

Memasuki masa-masa kehamilan, tubuh seorang wanita akan mengalami perubahan-perubahan hormon yang dampaknya bisa memengaruhi tubuh secara fisik dan mental. Selain membuat tubuh lebih cepat lelah, perasaan khawatir juga akan lebih sering dialami.