Warga Temukan Bangunan Candi di Dieng di Galian Septic Tank - Megazio

Home / Berita Daerah

Selasa, 21 Januari 2020 - 10:17 WIB

Warga Temukan Bangunan Candi di Dieng di Galian Septic Tank

Wonosobo – Temuan demi temuan benda sejarah di dataran tinggi Dieng, Banjarenegara, terus bermunculan. Kali ini warga Dieng dikagetkan dengan penemuan struktur bangunan yang diduga candi saat akan menggali tanah untuk septic tank.

Hal yang tidak di sengaja seorang warga Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara tengah menggali tanah untuk membuat septic tank. Pada kedalaman sekitar 1 meter, warga menemukan susunan batu yang rapi dan rapat seperti bagian bawah sebuah candi.

Lokasinya masih dekat dengan komplek Candi Arjuna atau berada di sebelah barat lokasi penemuan arca Ganesha di penghujung tahun 2019 lalu. Sebelumnya, arca terbesar ini ditemukan warga di kebun kentang Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo

Jika melihat struktur bangunan dan adanya cerat yoni, temuan ini mengarah pada bangunan candi. Kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Dieng, Banjarnegara Aryadi Darwanto mengatakan, susunan batu hingga 9 lapis dan ditemukan cerat yoni.

“Biasanya, kalau susunan batu sampai 9 lapis itu candi. Tetapi kalau darmasala itu 3-4 lapis,” terangnya.

Baca juga :  Lowongan Kerja Medan Terbaru dari Galva Group Maret 2020

Sedangkan cerat yoni adalah pasangan dari lingga yang merupakan simbol dari dewi Parvati. Biasanya, saat melakukan ritual atau upacara di candi, air dituangkan di lingga yang merupakan simbol dari Dewa Siwa. Air tersebut kemudian mengalir ke cerat yoni sebelum kemudian ditampung untuk menyucikan diri.

“Jadi cerat yoni ini untuk mengalirkan air dari lingga. Biasanya saat upacara, air ditungkan di lingga, kemudian mengalir ke cerat yoni kemudian ditampung untuk menyucikan diri,” jelasnya.

Meski demikian, kepastian apakah temuan tersebut adalah bangunan candi harus dilakukan penelitian lebih lanjut. Penelitian akan dilakukan BPCB Jawa Tengah.

Saat ini, ia menyerahkan sepenuhnya kepada BPCB Jawa Tengah untuk menindaklanjuti temuan tersebut. Termasuk apakah akan dipindah atau tetap berada di lokasi saat ini.

“Kami serahkan kepada BPCB untuk tindaklanjutinya seperti apa. Misalnya untuk penelitian apakah itu candi atau bukan atau kedepannya mau seperti apa. Tetapi Kalau harapan kami bisa tetap di sini untuk mendukung rumah budaya,” ujarnya.

Sumber : detik.com

Share :

Baca Juga

Berita Daerah

KOSP-LSM L.BATU Meminta WASNAKER Sumut Periksa Semua Kontrak PKWT di PT BRI

Berita Daerah

MA Batalkan Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Iuran Kelas III Kembali Rp 25 Ribu/Orang Per Bulan

Berita Daerah

Isu Viral 15 Ramadhan Fenomena Dukhan Pertanda Kiamat? Ini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Berita Daerah

Ketangkap Tangan Saat Bobol Kotak Infak, Ayah Anak Satu Ini Stel Muka Sedih

Berita Daerah

Viral Bayi Bisa Ngomong Telur Rebus [Hoax]

Berita Daerah

Resep Es Buah Aquarium: Cara Membuat es Buah viral Jajanan Ramadhan

Berita Daerah

Download FaceApp: Aplikasi Yang Lagi Viral Merubah Wajah

Berita Daerah

Pembenahan Distribusi Gas Elpiji 3 Kg untuk Warga Miskin