Virus Corona Meneror Dunia, 10 WN Tiongkok di Kepulauan Riau Negatif Virus Korona

  • Bagikan

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mencatat 10 wisatawan mancanegara (wisman) asal Wuhan, Tiongkok, yang sempat menjalani perawatan medis di sejumlah rumah sakit daerah setempat dinyatakan negatif virus korona.

Kepala Dinkes Kepri, Tjetjep Yudiana di Tanjungpinang, Kamis (30/1/2020) mengatakan, 10 turis asing tersebut dirawat karena terindikasi gejala wabah korona, seperti demam, batuk, dan sesak nafas.

Mereka sempat dironsen dan diambil darahnya buat uji laboratorium, tetapi hasilnya memang negatif,” ujar Tjetjep Yudiana. Dikatakan, 10 WNA tersebut sudah sembuh dan pulang ke negaranya.

Sebelumnya, mayoritas dari WNA itu berkunjung dan menginap di kawasan wisata Lagoy Bay, Bintan. Ada juga yang melakukan perjalananan wisata di daerah Kepri lainnya, seperti Karimun dan Batam.

“Masyarakat tak perlu khawatir. Sampai saat ini Kepri masih aman dari virus mematikan tersebut,” tegasnya. Tjetjep menambahkan, semua wisman asal Tiongkok yang masih ada di Kepri kini masuk dalam pengawasan pemerintah daerah

Mereka juga telah dibekali kartu kewaspadaan kesehatan atau yang dikenal dengan “Hearlh Alert Card”, sehingga dapat dipantau keberadaan tempat tinggalnya di Indonesia, khususnya Kepri. Selain itu, kartu tersebut dapat dipakai buat melapor ke fasilitas kesehatan terdekat jika mengalami gejala, seperti demam, batuk, dan sesak nafas.

“Kartu harus dibawa sekitar 14 hari berada di wilayah kita. Tetapi, jika masa kunjungan habis sebelum 14 hari dan kembali ke negara asal, berarti tidak harus dibawa lagi,” lanjutnya.

Tjetjep turut menyampaikan bahwa Kepri sudah menyiapkan langkah antisipasi penyebaran virus tersebut, salah satunya menyiapkan ruang isolasi di rumah sakit jika sewaktu-waktu ditemukan suspect virus korona.

  • Bagikan