Usaha Anak Kuliahan, Bisnis apa yang cocok untuk mahasiswa?

Para mahasiswa pasti ada yang memikirkan bagaimana caranya berbisnis sambil tetap kuliah. Berbekal kreativitas, jeli melihat peluang, dan berani mengambil risiko, sebenarnya banyak peluang bisnis yang tepat untuk mahasiswa dengan modal yang kecil

Fleksibilitas jam kuliah membuat mahasiswa memiliki cukup banyak waktu luang. Ada banyak hal positif yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang tersebut. Mulai dari mengikuti unit kegiatan mahasiswa, diskusi intelektual, hingga mencari ide bisnis untuk dijalani.

Belajar di universitas tidak terlalu berbeda dengan menimba ilmu di sekolah dasar, maupun jenjang sekolah setelahnya.

Hanya saja, menjadi mahasiswa anda tentunya memiliki fleksibelitas waktu yang lebih baik daripda saat menjadi siswa sekolah. Selain hal tersebut, kematangan umur dan kedewasaan juga menjadi salah satu kelebihan dari seorang mahasiswa.

Tidak sedikit biaya yang akan di butuhkan ketika anda mengijakan kaki di bangku perkuliahan. Karena kebanyakan mahasiswa berfikiran bahwa mereka hanya bisa fokus belajar tanpa bisa menghasilkan uang.

Menghasilkan uang adalah ketika mereka memiliki pekerjaan yang tetap dan nati setelah selei menempuh semua pembelajaran di kuliah. Namun, pemikiran seperti ini tidaklah benar.

Sebagai mahasiswa, anda tetap bisa menghasilkan penghasilan sendiri. Menghasilkan uang tidak harus dengan menjadi seorang pekerja tetap, sebuah pekerjaan sambilan atau mebuka sebuah usaha pribadi juga tentunya menghasilkan banyak uang untuk mahasiswa sekalipun.

  1. Lihatlah yang sedang tren, dulu ketika 2008 -2010, di daerah kuliah saya, banyak yang bisnis kaos. Sekarang sedang tren bikin kafe.
  2. Kalau yang evergreen (selalu bisa) adalah bisnis makanan dan minuman. Tapi ya harus ada sesuatu yang unik di produk Anda. Mengapa evergreen? karena manusia butuh makan dan minum setiap hari. Mudah bukan?
  3. Lihatlah sekitar Anda, apa kebutuhannya? Dulu ada teman kuliah saya yang jualan donat di kelas. Mengapa? Karena kuliah pagi, jam 7 pagi, banyak mahasiswa yang belum sarapan. Dia mengambil donat dari produsen pagi-pagi, lalu menjual di kelas.
  4. Coba lihat diri Anda sendiri, apa yang Anda butuhkan. Setelah itu lihat sekitar Anda, apakah orang lain juga butuh? Misal lagi, ada organisasi di kuliah saya yang melihat bahwa mahasiswa butuh jawaban soal, lalu mereka bikin bundle soal. Yah, walaupun mereka ga izin ke pemilik soal (dosen) untuk mengkomersialisasikan soal-soal tersebut.
  5. Coba lihat biografi orang-orang terkenal, misal Chairul Tanjung. Dia menjual buku perkuliahan. Bisa coba lihat-lihat biografi par pebisnis sukses lainnya.
  6. Bisa juga berhemat agar bisa mengumpulkan modal. Bisa cek jawaban saya di Apa saran Anda untuk mengumpulkan uang muka/DP untuk membeli apartemen?
  7. Kalau Anda masih bekerja, bisa coba berpikir untuk cari modal dulu dengan berinvestasi. Bisa coba cek jawaban saya di Apa investasi yang cocok untuk karyawan yang baru lulus kuliah?

You May Also Like

megazio [Harja Group]

About the Author: megazio [Harja Group]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.