Uraikan Bahwa Globalisasi Dapat Mengancam Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat - Megazio

Home / Serba-serbi

Senin, 15 Juni 2020 - 11:11 WIB

Uraikan Bahwa Globalisasi Dapat Mengancam Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat

Globalisasi adalah upaya penyatuan masyarakat dunia dari sisi gaya hidup, orientasi, dan budaya. Pengertian lain dari globalisasi seperti yang dikatakan oleh Barker (2004) adalah bahwa globalisasi merupakan koneksi global ekonomi, sosial, budaya dan politik yang semakin mengarah ke berbagai arah di seluruh penjuru dunia dan merasuk ke dalam kesadaran kita.

Bagi bangsa Indonesia aspek kebudayaan merupakan salah satu kekuatan bangsa yang memiliki kekayaan nilai yang beragam, termasuk keseniannya. Kesenian rakyat, salah satu bagian dari kebudayaan bangsa Indonesia tidak luput dari pengaruh globalisasi.

Globalisasi merupakan proses sosial yang memiliki banyak dampak positif maupun negatif. Salah satu dampak negatif globalisasi adalah dalam bidang sosial budaya. Berikut dampak globalisasi yang mengancam kehidupan sosial budaya masyarakat:

  1. Masyarakat menjadi individualisme, konsumtif, dan materialis
  2. Pudarnya nilai-nilai keagamaan
  3. Pudarnya nilai-nilai budaya dan adat istiadat
  4. Degradasi moral masyarakat
  5. Hilangnya kesenian tradisional

Globalisasi merupakan proses kehidupan yang meghunungkan seluruh bangsa dan negara yang ada di dunia menuju tatanah kehidupan baru yang menghaus batas geografi, ekonomi, sosial budaya. Dengan adanya globalisasi, kini tidak ada lagi batas-batas informasi maupun kebudayaan di suatu negara.

Globalisasi tentu saja memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat modern. kecanggihan alat komunikasi, alat pembayaran begitu memanjakan masyarakat tanpa sadar bahaya sedang mengintai. Salah satu bahaya yang mengancam adalah kehidupan sosial budaya masyarakat modern.

Baca juga :  Dibalik Sosok Profil Mardigu Wowiek

Pudarnya nilai-nilai keagamaan

Indonesia merupakan negara yang beasaskan pancasila dimana sila pertama berbunyi ketuhanan Yang Maha Esa. Namun, betapa banyak masyarakat modern yang kini tidak lagi taat kepada agamanya dan hanya mementingkan duniawi saja.

Pudarnya nilai-nilai kebudayaan dan adat istiadat

Gotong royong merupakan ciri khas dari bangsa Indonesia. Namun, masyarakat millenial kini jauh dari kata saling bantu-membantu kerena sibuk dengan dunianya sendiri. Belum lagi keramahan yang mulai udar di Indonesia digantikan dengan tawuran dan caci maki. Di kehdupan nyata maupun di media sosial. Budaya barat merupakan kiblat dan tren baru di Indonesia tanpa menyadari apakah budaya tersebut cocok atau tidak dengan karakter bangsa Indonesia.

Degradasi moral masyarakat

Tanpa agama dan adat, nilai moral masyarakat modern semakin menurun. Pergaulan bebas, tindakan asusila, tak ada lagi sopan santun, malas belajar dan masih banyak persoalan moral yang dialami oleh sebagian besar masyarakat modern.

Hilangnya kesenian tradisonal

Kesenian tradisional merupakan kesenian warisan leluhur bangsa yang memiliki sejarah panjang dengan bangsa Indonesia. Namun, kini sangat jarang ada masyarakat yang berkeinginan untuk melestarikannya. Sesuatu yang tradisonal kini terasa asing digantikan dengan segala hal modern. Lagu tradisional kini tak terdengar lagi. Kini generasi millenial hanya mengetahui lagu-lagu barat, lagu-lagu modern dan kpop.

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id – https://brainly.co.id/tugas/22496423#readmore

Share :

Baca Juga

Berita Daerah

Download Hot Syahrini: Tersebar Luas Melalui Akun Twitter @dcamacama

Serba-serbi

Kilas Balik: Mereka Butuh Kau Hanya Sesaat Saja

Berita Daerah

Cara Membuat Dalgona Coffee, Minuman dari Korea Selatan lagi viral di Indonesia

Serba-serbi

Chris Evans Viral di Twitter, Pemeran Captain America Posting Alat Kelamin Kini Trending

Serba-serbi

Anang Teringat Masa Lalu Setelah Cerai dari KD Hanya Miliki Ruko dan Uang Rp. 10 Jt

Serba-serbi

[3.29 MB] Download Lagu Surrender – Natalie Taylor (Lyrics) Mp3 Beserta Lirik

Serba-serbi

Download Lagu Lathi Weird Genius Uyeshare dan WapkA

Berita Daerah

Isu Viral 15 Ramadhan Fenomena Dukhan Pertanda Kiamat? Ini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat