Sen. Sep 16th, 2019

Megazio.com

Berita Hari Ini, Kabar Update dan Terpercaya

Tip Dasar Cara Menulis Resume Untuk Fresh Graduates

  •  
  •  
  •  
  •  

Jika ini pertama kalinya kamu menulis resume, bisa jadi kamu akan merasa kewalahan dengan banyaknya informasi di luar sana.

Kami mengerti yang kamu alami. Akan sulit untuk memutuskan tips mana yang akan kamu ikuti, mana yang harus kamu abaikan.

Tapi detail terkecilpun bisa memberikan efek pada keseluruhan pesan dan kesan yang diperlukan oleh HRD.

kami mengumpulkan 6 tips dasar yang powerful untuk menulis resume untuk fresh graduates:

1 Gunakan Bahasa yang sederhana
Semakin mudah resumemu untuk dimengerti, semakin mengurangi usaha HRD untuk membaca keseluruhan isinya.
Di lain pihak, resume dengan cara penulisan yang buruk atau yang penuh dengan kata-kata berlebihan dan pembahasaan yang terlalu teknis akan langsung dibuang.
Ingatlah bahwa HRD bukan orang teknis.

2 Buat agar tetap relevan
Sebagai fresh graduate, kamu mungkin belum mempunyai banyak pengalaman yang relevan yang bisa dimasukkan ke dalam resumemu. Disini kamu bisa memasukkan kegiatan ekskul termasuk juga pekerjaan sukarela atau pengalaman magang untuk menunjukkan kehidupan sosial, komunikasi dan kepemimpinanmu.

3 Buat agar terasa personal
Disamping membedakan resume agar tidak terlihat seperti dokumen yang asal-asalan dalam mencantumkan keahlian dan kemampuanmu bagi pembacanya, perlu juga untuk menonjolkan kepribadianmu.

4 Singkat dan manis adalah cara terbaik
Kami disini untuk mengatakan bahwa sebaliknya, sederhana itu lebih baik. Disini kualitas lebih berharga dibandingkan kuantitas.
Tapi jangan percaya kata-kata kami begitu saja.
Times melaporkan bahwa “HRD menghabiskan rata-rata waktu 6 detik untuk mereview sebuah resume.” Hanya enam detik.
Menurut kamu, berapa banyak informasi yang bisa dibaca dan diserap oleh seseorang dalam enam detik

5 Awali dengan “Alasan”
Pertanyaan paling penting yang harus dijawab oleh resumemu adalah, “Kenapa kamu kandidat yang tepat untuk pekerjaan tersebut?” Tugas resumemu adalah membuat HRD tertarik untuk bertemu denganmu.
Ini alasan lain untuk mencantumkan ringkasan resume dengan baik di bagian atas yang memberikan pandangan yang jelas dan terfokus.

6 Go digital ( Tidak Gaptek)
Tunjukkan pada HRD bahwa kamu melek teknologi. Sebagai pemula, simpan resumemu dalam format PDF dan gunakan hyperlink sebagai referensi yang langsung dan user friendly untuk membantu mengurangi jumlah kata-kata.
Dengan memiliki portofolio online dalam format website atau blog yang relevan dengan profesimu tentu akan membantumu tampil lebih menonjol dibanding yang lain.
Sebagai alternatif, selalu ada pilihan untuk membuat portofolio secara digital dengan menyimpan dokumen yang relevan dan menyimpannya pada cloud, menggunakan servis gratis seperti Dropbox dan Google Drive.
sumber : id.jobsdb.com