Surat Suara Pilkada Medan Mulai Dilipat dan Disortir | Berita Medan Hari ini

Petugas dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara.

Ada 125 orang yang terlibat dalam proses sortir dan pelipatan 1.645.175 surat suara Pilkada Medan.

Anggota KPU Medan Edy Suhartono mengatakan, seluruh surat suara yang mereka terima adalah sejumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1.601.001 ditambah 2,5 persen, serta 2000 surat suara untuk antisipasi pemungutan suara ulang (PSU).

“Kita targetkan 21 November ini rampung,” kata Edy.

Ketua Bawaslu Medan Payung Harahap mengatakan, dalam kegiatan sortir dan lipat surat suara ini, sebagai pengawas pemilu mereka pertama akan mengawasi penerapan protokol kesehatan oleh para pekerja.

Lalu, mereka ingin juga memastikan bahwa surat suara yang disortir dan dilipat sesuai. Sortir dimaksudkan untuk memisahkan satu per satu surat suara. Setelah dipisahkan, lalu dilipat. Surat suara ini nantinya akan dibagikan ke pemilih yang datang ke TPS.

“Kita akan melakukan pengawasan setiap hari apakah sortiran sudah sesuai atau tidak. Terbalik, atau dua lembar. Serta berapa yang disortir setiap hari,” jelas Payung.

Sekadar mengingatkan hari pemungutan suara Pilkada Serentak tahun 2020 akan berlangsung Rabu 9 Desember. Di Medan ada pasang calon yang memperebutkan kursi Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Pasangan nomor urut 1 yang diusung koalisi PKS dan Demokrat Akhyar Nasution-Salman Alfarisi akan menantang koalisi gemuk yang mengusung Bobby Nasution dan Aulia Rachman.

You May Also Like

megazio [Harja Group]

About the Author: megazio [Harja Group]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.