Retikulum Endoplasma – Megazio.com

  • Bagikan

Retikulum Endoplasma – Pada topik sebelumnya, kalian telah belajar tentang membran sel. Membran sel adalah selaput sel yang membatasi bagian dalam dan bagian luar sel. Nah, pada topik ini, kalian akan belajar tentang organel sel bermembran lainnya, yaitu organel retikulum endoplasma. Tahukah kalian bentuk retikulum endoplasma? Apa sajakah fungsi retikulum endoplasma di dalam sel?

Pernahkan kalian menangkap ikan dengan jala? Bagaimanakah bentuk anyaman jala untuk menjaring ikan tersebut? Ternyata jala-jala tersebut menyerupai organel sel yang disebut retikulum endoplasma.

Retikulum endoplasma ditemukan pada tahun 1887 oleh Garnier. Garnier meneliti perbedaan warna sitoplsma antara sel kelenjar dan bagian lain di dalam sitoplasma. Penelitian tersebut menghasilkan gambaran struktur yang mirip guratan. Dari hasil pengamatan ini, Garnier menduga bahwa organel tersebut berhubungan dengan fungsi sekresi sel. Oleh karena itu, Garnier menyebut organel temuannya dengan istilah ergatoplasma. Penelitian selanjutanya menunjukkan bahwa retikulum endoplasma mengandung RNA (RNA bersifat asam). Hal ini menunjukkan bahwa retikulum endoplasma bereaksi kuat terhadap basa. Ergatoplasma di sel saraf disebut disebut dengan badan Nisl.

Pada tahun 1945, seorang ilmuwan di bidang sel, yaitu Porter, menemukan jala-jala halus pada sitoplasma fibroblas ayam. Jal tersebut tampak seperti saluran buntu dengan bentuk mirip gelembung memanjang. Retikulum endoplasma merupakan perluasan selubung nukleus yang terdiri dari jaringan (reticulum = jaring kecil) saluran bermembran dan vesikula yang saling terhubung. Membran tersebut berlipat-lipat dan membatasi suatu ruangan yang disebut lumen (sisterna) dan tersebar di seluruh sitoplasma. Lumen retikulum endoplasma dan sitosol hanya dipisahkan oleh selapis membran, sehingga memudahkan terjadinya pertukaran zat antarkeduanya.

Semua sel eukariotik memiliki retikulum endoplasma. Organel ini merupakan komponen dari suatu sistem yang dinamis. Organel ini terletak di luar membran nukleus. Bagian retikulum yang langsung berbatasan dengan membran nukleus adalah retikulum endoplasma kasar, kemudian dilanjutkan dengan retikulum endoplasma halus. Selain itu, terlihat pula bentuk organel retikulum endoplasma berupa membran berlipat-lipat dan berongga seperti jala dan memiliki tiga bentuk, yaitu lamella, vesikula, dan tubula. Retikulum endoplasma terdiri dari dua tipe, yaitu sebagai berikut.

Retikulum Endoplasma Granular (RE kasar)/ Rough Reticulum Endoplasmic

RE kasar memiliki struktur seperti tabung atau saluran panjang yang berlipat-lipat, berjajar, dan melengkung secara teratur. Organel ini berfungsi untuk menghubungkan nukleus dengan membran sel. RE kasar merupakan organel yang dibatasi oleh membran dan tersusun atas kantong pipih yang disebut dengan sisterna. Dinding RE kasar dilekati/ ditempeli oleh ribosom, sehingga RE kasar terlibat aktif dalam proses sintesis protein.

Hal ini didukung pula oleh komponen membran dinding retikulum endoplasma, yaitu banyak mengandung enzim untuk sintesis protein. Selain itu, RE kasar juga berperan dalam proses transpor protein dan bahan kimia lainnya serta menyalurkan materi genetik antara nukleus dan sitoplasma sel. Proses yang terjadi pada RE kasar dijabarkan sebagai berikut.

  1. Protein yang telah selesai disintesis oleh ribosom, kemudian melekat pada permukaan RE kasar, dan akan diangkut ke bagian dalam RE kasar tersebut.
  2. Selanjutnya, dengan bantuan enzim yang terdapat di permukaan dalam RE kasar, protein direaksikan dengan molekul karbohidrat menjadi glikoprotein tertentu sesuai kebutuhan.
  3. Setelah sampai di ujung RE kasar, protein disimpan dalam membran kecil yang memiliki kantong kecil berbentuk bulat. Kantong itu disebut vesikula. Vesikula dibentuk dari irisan RE halus yang berhubungan dengan RE kasar.

Contoh zat yang disekresikan oleh RE kasar adalah enzim dan hormon. RE kasar banyak terdapat di dalam sel-sel yang aktif menyekresikan protein lainnya, misalnya sel pankreas, kelenjar ludah, dan kelenjar-kelenjar lain. Protein yang disekresikan RE kasar adalah protein yang disekresikan ke luar sel, protein integral membran, protein-protein khusus dalam organel (seperti protein dalam badan golgi, lisosom, endosom, dan vakuola makanan pada sel tumbuhan yang menyimpan minyak).

Retikulum Endoplasma Agranular (RE halus)/ Smooth Reticulum Endoplasmic

RE halus adalah retikulum endoplasma yang dindingnya tidak dilekati oleh ribosom, sehingga retikulum ini tidak aktif dalam proses sintesis protein. Komponen membran dari RE halus berbentuk tubular/ pembuluh atau gelembung (vesikular) yang tidak teratur. RE halus banyak dijumpai di dalam sel lemak, leukosit, otot rangka, tubulus ginjal, dan kelenjar endokrin yang mengekresikan hormon steroid. Fungsi RE halus antara lain sebagai berikut.

  1. Di bagian permukaannya, banyak terdapat enzim yang berfungsi untuk melaksanakan proses sintesis lemak dan glikogen, persenyawaan steroid seperti kolesterol, hormon, dan gliserida.
  2. RE halus berfungsi sebagai penawar obat dan racun terutama pada sel hati. Proses penawaran racun umumnya terjadi melalui penambahan gugus hidroksil pada obat, sehingga mudah larut dan mudah dikeluarkan tubuh.
  3. Melepaskan glukosa dari glukosa-6-phosphat di dalam sel-sel hati. Sejumlah besar glikogen di dalam hati disimpan sebagai granula yang terikat dengan membran luar RE halus.
  4. Tempat penyimpanan ion-ion kalsium di dalam sisterna. Ion tersebut akan keluar saat ada rangsangan, misalnya kontraksi otot.

Contoh soal

Organel sel berupa saluran halus dalam sitoplasma yang berbatasan dengan sistem membran dan erat kaitannya dengan dengan sistem angkutan pada sintesis protein adalah ….

A. ribosom

B. retikulum endoplasma

C. badan golgi

D. lisosom

E. plastida

Jawaban: B

Penyelesaian

Organel sel berupa saluran halus dalam sitoplasma yang berbatasan dengan sistem membran dan erat kaitannya dengan sistem angkutan pada proses sintesis protein adalah retikulum endoplasma.

Untuk mengasah pemahaman kalian tentang retikulum endoplasma, kerjakan soal-soal yang telah tersedia. Selamat belajar!!

Sumber Source link

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *