Presiden Jokowi Sebut Arti Mudik dan Pulang, Cek Makna Kata Menurut KKBI dan Wikipedia

setelah ku pelajari dan pahami, lalu ku cari di buku besar bahasa di dunia (wikipedia), mudik dan pulang kampung merupakan kegiatan yang sama-sama menuju kampung halaman.

Menurut Jokowi, mudik merupakan pergerakan orang ke kampung yang dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Kalau yang namanya pulang kampung itu bekerja di Jakarta, tetapi anak-istrinya ada di kampung,” kata Jokowi dalam acara Mata Najwa yang disiarkan Trans7 pada Rabu, 23 April 2020.

Makna kata pulang kampung ataupun Pulkam sesuai KKBI

Dalam acara tersebut, Jokowi mengatakan pulang kampung dilakukan oleh orang-orang yang bekerja di Jakarta namun memutuskan kembali ke kampung karena tak ada pekerjaan.

Arti mudik dan arti pulang kampung pun dijelaskan dengan berbagai argumen, termasul di antaranya dengan mengutip Kamus Bahasa Besar Indonesia (KBBI) atau kamus lainnya.  

Presiden Jokowi dalam sebuah wawancara dengan wartawan senior Najwa Shihab mencoba menjelaskan arti mudik dan pulang kampung yang dalam pandangannya memiliki makna berbeda.

Makna kata Mudik (muleh dilik/pulang sebentar) sesuai KKBI

Bener apa yang di bilang sama nazwa sihab hanya karena permasalahan waktu, dan bener apa kata pak pesiden kita mudik itu itu di hari lebaran atau mendekati lebaran, kalau pulang kampung itu ya pulang kampung (tidak terkait dengan Lebaran)

Aku pernah membaca bahwa mudik itu sebuah singkatan yang berasal dari bahasa Jawa mulih dilik yang artinya pulang sebentar.

jadi ku rasa uda jelas antara mudik dan pulang kampung, hanya yang mau membaca dan memahami istilah-istilah yang paham ini

You May Also Like

megazio [Harja Group]

About the Author: megazio [Harja Group]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.