Perlu Diwaspadai, Aplikasi Buatan Google ini Ternyata Berbahaya Merekam Jejakmu


Langsung aja ke Tujuan awal.,

Android adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia. Sistem operasi yang dimiliki oleh Google ini pun menjadi primadona karena sifatnya yang open source.

Selain itu, Android juga diperlengkapi dengan beragam aplikasi Google yang bermanfaat. Kerennya lagi, aplikasi ini bisa kamu nikmati layanannya secara gratis.

1. Google Play Service

Banyak orang yang nggak sadar kalau smartphone-nya terus menjalankan aplikasi Google Play Service sampai aplikasi ini mendapatkan update.

Aplikasi ini bekerja sepenuhnya di background dan menyediakan koneksi ke Google agar aplikasi di smartphone-mu dapat berjalan dengan lancar.

Meskipun aplikasi ini memakan banyak baterai, kamu nggak bisa menghentikannya jika HP kamu belum di-root. Namun, Jaka nggak merekomendasikan untuk root HP-mu karena cukup berisiko.

2. Google Chrome

ebagai browser default yang digunakan oleh semua HP Android, Google Chrome pasti mengetahui situs mana saja yang kamu kunjungi. Google Chrome akan ‘membaca’ segala riwayat internetan kamu.

Menggunakan mode Incognito saja nggak cukup. Kamu perlu mematikan opsi Usage and Crash reports dalam menu setelan privasi.

Baca juga :  Penyebab Android Panas dan Lag, Lakukan Hal ini Menimalisir Panas Pada Android

3. Google Maps

Google Maps merupakan aplikasi navigasi yang sangat populer dan paling banyak digunakan. Akurasi serta kemampuan Google Maps untuk beroperasi tanpa layanan internet menjadi daya jualnya.

Google Maps juga tetap mengumpulkan data pribadimu, seperti lokasi mana saja yang kamu kunjungi meskipun kamu sedang nggak menggunakan Google Maps.

4. Google Photos

Siapa di sini yang suka foto selfie? Kecanggihan kamera HP Android zaman sekarang bikin kita jadi sulit menahan godaan untuk selfie.

Namun, kamu harus berhati-hati, geng. Pasalnya, aplikasi Google Photos mengumpulkan wajah-wajah yang ada di foto yang kamu ambil ke database-nya.

5. Google Hangouts

Google Hangouts merupakan aplikasi chatting dan telepon milik Google. Meskipun nggak sepopuler WhatsApp atau Skype, Hangouts memiliki kualitas yang kurang lebih sama, kok.

Sama seperti aplikasi chatting dan telepon lainnya, Hangouts juga memiliki risiko. Telepon dan chat kamu bisa di-hack dan digunakan secara nggak bertanggung jawab.

sumber : jalantikus.com

megazio [Harja Group]

About the Author: megazio [Harja Group]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.