Kam. Okt 24th, 2019

Megazio.com

Berita Hari Ini, Kabar Update dan Terpercaya

Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening dan Pengobatan

  •  
  •  
  •  
  •  

Penyebab

Terjadinya pembengkakan kelenjar limfa atau getah bening yang bisa menjadi tanda awal adanya penyakit kanker kelenjar getah bening ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut penyebab pembengkakan kelenjar limfa atau getah bening:

BACA JUGA :
  • Infeksi Virus

Ada banyak sekali jenis virus yang menyebabkan seseorang mengalami penyakit kelenjar limfa. Dimana lokasi pembengkakan akan menjadi tanda bahwa area tersebut sedang terserang virus. Beberapa jenis virus yang dapat menyerang tubuh manusia dan menyebabkan terjadinya pembengkakan pada kelenjar limfa adalah Varicella Zoster virus yang menyebabkan cacar air, HIV virus yang menular pada penderita AIDS, Herpes Simplex virus yang menyebabkan penyakit herpes, dan virus flu yang menyebabkan influensa.

  • Infeksi Bakteri

Bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia akan menyebabkan timbulnya infeksi. Dimana infeksi bakteri ini akan menimbulkan beberapa gejala yang salah satunya adalah pembengkakan kelenjar limfa. Beberapa bakteri yang dapat menyerang tubuh manusia dan menyebabkan terjadinya pembengkakan kelenjar limfa adalahStreptococcus bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan, Staphylococcus bakteri yang menyebabkan tubuh mengalami keracunan, Mycobacterium bakteri yang menyebabkan penyakit tuberkolosis (TBC).

  • Infeksi Telinga

Terjadinya pembengkakan di area telinga dan leher menjadi tanda bahwa kelenjar limfa di bagian tersebut sedang melawan virus dan bakteri yang menyerang organ pernafasan. Biasanya hal ini bisa terjadi pada siapa saja, baik anak-anak hingga orang dewasa.

  • Infeksi Gigi

Adanya masalah seperti infeksi pada bagian gigi dan gusi dapat menimbulkan adanya pembengkakan di bagian kelenjar limfa. Biasanya terjadinya infeksi ini disebabkan oleh abses gigi atau penumpukan nanah di sekitar area gigi dan gusi yang disebabkan adanya bakteri.

  • Infeksi HIV/AIDS

Terjadinya pembengkakan kelenjar limfa juga bisa menjadi tanda awal akan penyakit kelamin yang satu ini. Dimana Humam Immunodeficiency Virus atau HIV merupakan virus yang menyebabkan seseorang terkena penyakit AIDS.

  • Infeksi Kulit

Beberapa penyakit kulit juga dapat menimbulkan pembengkakan pada kelenjar limfa, seperti eksim, abses kulit, kutu rambut, dan dermatitis kontak. Dimana beberapa infeksi ini dapat menimbulkan adanya gejala seperti ruam pada kulit, kulit menjadi merah, terasa panas dan perih, dan lain-lain.

  • Mononukleosis

Mononukleosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Dimana virus ini akan ditularkan melalui air liur yang membuar penderitanya pengalami sakit tenggorokan, gatal-gatal, demam, mimisan, sakit kuning, sesak nafas, hingga tubuh terasa lebih lemas.

  • Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh

Terjadinya pembengkakan kelenjar limfa juga dapat disebabkan sistem kekebalan tubuh yang mengalami penurunan. Dimana sistem kekebalan tubuh berperan untuk mempertahankan diri dari serangan virus dan bakteri yang menyebabkan timbulnya penyakit

Pengobatan

Jika kondisi pembengkakan belum mengarah pada kondisi kronis, maka beberapa pengobatan kelenjar getah bening seperti mengkonsumsi obat antibiotik bisa menjadi solusi terbaik.

Namun jika kondisinya sudah kronis dan mengarah pada penyakit kanker kelenjar getah bening. Maka segera periksakan diri ke dokter untuk diagnosis yang lebih lanjut. Biasanya dokter akan memberikan serangkaian pengobatan dan penanganan yang lebih serius.