Sen. Sep 23rd, 2019

Megazio.com

Berita Hari Ini, Kabar Update dan Terpercaya

PEMKO Gunungsitoli dan PEMKAB Nias Komitmen Implementasikan Aplikasi Lapor!

  •  
  •  
  •  
  •  

Gunungsitoli – FITRA Sumut mengapresiasi komitmen Walikota Gunungsitoli karena telah mengimplementasikan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Pada 30 Agustus.

“di Provinsi Sumatera Utara setelah Kota Medan yang sangat aktif perihal system pengelolaan pengaduan masyarakat, adalah Kota Gunungsitoli dan Kabupaten Nias yang juga telah terhubung pada aplikasi LAPOR!.

Ini sangat luar biasa, walau berada di Kepulauan yang jauh dari Ibukota Provinsi, bisa dibilang akses internet juga masih terbatas, namun pemerintahnya telah aktif dalam menangani keluhan warganya atas pelayanan Publik” ujar Direktur Eksekutif Fitra Sumut Rurita Ningrum dalam Pers Rilisnya di Kota Gunungsitoli, Kepulauan Nias.

Sebagai informasi bahwa saat ini Ombusdman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Utara bekerjasama dengan FITRA Sumut sedang melakukan sosialisasi dan pendampingan teknis terkait sistem informasi pengaduan yang disyaratkan dalam UU No.25 Tahun 2009, baik pengaduan offline maupun online hal tersebut adalah hak masyarakat dalam memperoleh kualitas pelayanan public yang lebih baik, salah satu kanal pengaduan tersebut adalah aplikasi LAPOR!.

Pada sosialisasi tersebut juga dilakukan Forum Konsultasi Publik (FKP) yang dihadiri oleh berbagai perwakilan Lembaga Swadaya Masyarakat yaitu PESADA, PKPA Nias, CARITAS, Yayasan HOLI’ANA’A, Kandang Boekoe, LPK-Nasional, LSM Penjara, Sahabat LAPOR! Gunungsitoli, Sahabat LAPOR! Nias, pada FKP ini masyarakat menyampaikan permasalahan.

Usul dan harapannya kepada Pemerintah setempat agar adanya perbaikan pelayanan public, dan disosialisasikannya aplikasi LAPOR! keberbagai lapisan masyarakat lainnya, hal ini penting sebagai sarana pengaduan yang dapat menghubungkan masyarakat dengan pemerintah.

Tinggalkan Balasan