Pemerintah Prov. Sumut Harus faham Payung Hukum Donasi Rekening Sumut Peduli Covid-19 - Megazio

Home / Berita Daerah / COVID-19

Minggu, 19 April 2020 - 22:31 WIB

Pemerintah Prov. Sumut Harus faham Payung Hukum Donasi Rekening Sumut Peduli Covid-19

Medan, 19/04/20, FITRA SUMUT, melalui Koordinator Advokasi dan Kajian Hukum Siska Elisabet Barimbing menyebutkan Sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dalam pasal 3 disebutkan :

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 bertujuan yaitu:

  1. meningkatkan ketahanan nasional di bidang kesehatan;
  2. mempercepat penanganan COVID-19 melalui sinergi antar kementerian/lembaga dan pemerintah daerah
  3. meningkatkan antisipasi perkembangan eskalasi penyebaran COVID-19;
  4. meningkatkan sinergi pengambilan kebijakan operasional; dan
  5. meningkatkan kesiapan dan kemampuan dalam mencegah, mendeteksi, dan merespons terhadap COVID-19.

Maka sejauh ini kami menterjemahkan aturan Perpres tersebut dan kami meyakini bahwa dalam rangka menjalankan Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 sesuai pasal 3 huruf d :

“dapat melakukan berbagai hal kegiatan dalam meningkatkan sinergi pengambilan kebijakan operasional”

ini juga sesuai dengan pasal 6 Pelaksana Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 sebagaimana dimaksud dalam pasal 4 huruf b memiliki tugas salah satunya pada huruf d yaitu

“mengerahkan sumberdaya untuk pelaksanaan kegiatan percepatan penanganan Covid-19”

Yang disini dapat diterjemahkan juga Gugus Tugas dapat melakukan kegiatan membuka rekening pengumpulan donasi apabila dibutuhkan, termasuk mengelola, membuat laporan dan capaiannya sesuai dengan system pembukuan pemerintah anggaran berbasis kinerja.

Hal ini kemudian dipertegas dengan Pasal 13 dimana “Pendanaan yang diperlukan untuk kegiatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, dan/atau sumber lain yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan” ujar Siska.

Baca juga :  Ciri-ciri Fisik Mudah Terkena Corona, Cek Daftar Penyakit Gampang Terserang Corona

Selanjutnya Siska menjelaskan “mengingat kondisi Pandemi Covid-19 saat ini Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara dapat melakukan berbagai tindakan guna percepatan penanganan Covid-19.

Sekda Provinsi Sumatera Utara dapat menyampaikan hal ini kepada masyarakat bahwa salah satu payung hukum pengumpulan donasi adalah Perpres Nomor 7 tahun 2020.

Namun sekali lagi keterbukaan informasi pengelolaan anggaran penanganan Covid-19 ini perlu dibuka kepada masyarakat baik yang bersumber dari APBD maupun dari rekening donasi yang dikelola oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang tentu saja tidak melanggar akuntabilitas pelaporan keuangan Pemprov Sumut ujarnya.

Terlebih lagi sesuai dengan pasal 27 ayat (1), pasal 28 D ayat (3), Pasal 28 F, dan Pasal 28 ayat (2) UUD tahun 1945 berdasarkan ketentuan tersebut dinyatakan bahwa masyarakat tidak menjadi obyek, melainkan subjek yang aktif terlibat dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Ini juga yang melandasi terbentuknya UU No 30 tahun 2014 tentang admnistrasi Pemerintahan,dimana dalam kasus Covid-19 ini pemerintah tidak boleh berjalan sendirian dalam merencanakan dan menyusun prioritas anggaran, termasuk merealokasi anggaran.

Pemerintah harus berjalan beriringan dengan DPRD Sumut, agar hal-hal yang perlu diketahui masyarakat dapat diketahui dengan cepat termasuk juga apabila dukungan anggaran dana dari masyarakat dibutuhkan dalam penanganan Covid-19 ini.

Semuanya harus dilakukan dengan cepat, transparan dan akuntabel jangan sampai ada celah aturan yang dilanggar, termasuk mengeyampingankan ego sektoral masing-masing lembaga pungkasnya.

Salam Transparansi!
Siska Elisabet Barimbing
Koordinator Advokasi dan Kajian Hukum FITRA Sumut
(0813-9685-5725)

Share :

Baca Juga

Berita Daerah

Waspada! 1 PDP Meninggal, Pemprov Sumut Didesak Beli Alat Tes Corona

Berita Daerah

Miris, PLN Padam Seorang Ibu Bersalin di Puskesmas Negeri Lama Pakai Lampu HP

Berita Daerah

viral polisi: Bayuangga Probolinggo, Seorang Aparat Berciuman Mesra dengan Pria

Berita Daerah

Buruh Harian Lepas (BHL) Menuntut Hak dan Keadilan PT. Pangkatan Indonesia

Berita Daerah

Harga Pembuatan dan Perpanjangan SIM Naik, Cek Harganya

Berita Daerah

Diduga Miliki Sabu, Seorang Pria Ditembak saat Beli TST

Berita Daerah

SATLANTAS POLRES TANAH KARO TERTIBKAN BUS, YANG SEMBUNYIKAN PENUMPANG DI ATAP

Berita Daerah

Viral Video Menkes Terawan Agus Putranto Mundur Setelah Kasus Corona Melonjak Jadi 500