Sen. Sep 23rd, 2019

Megazio.com

Berita Hari Ini, Kabar Update dan Terpercaya

Pantangan Ibu Hamil Perlu Diwaspadai

  •  
  •  
  •  
  •  

Bagi orang tua yang anaknya hamil pasti banyak larangan bagi anaknya untuk melakukan aktivitas, karena tidak ingin merasa kecapekan saat hamil karena dapat beresiko bagi kehamilannya.

Banyak larangan membuat ibu hamil cemas dan bingung. apa yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan saat hamil. Apa saja larangan ibu hamil tersebut?

Mengemudi

Bila kehamilan tak bermasalah, Anda diperbolehkan mengemudi. Tapi, perhatikan jarak dan lama mengemudi. Sering-seringlah mengubah posisi untuk mengendorkan otot-otot kaki.

Stoking

Pantangan ibu hamil selanjutnya adalah hindari pemakaian stoking.
Jangan membatasi peredaran darah di kaki selama kehamilan, karena dapat menimbulkan pembengkakan. Jadi, jangan gunakan stoking yang membungkus kaki dengan ketat.

Diet

Diet tergolong pantangan ibu hamil karena tak baik bagi kondisi ibu dan bayi. Efek diet saat hamil bisa menimbulkan kekurangan vitamin, mineral dan bahan makanan lain. Diet hanya boleh dilakukan atas persetujuan dokter.

Bahan pembersih dan pengkilap

Bahan pembersih mengandung bahan-bahan kimia yang dapat diserap lewat kulit dan masuk ke dalam aliran darah di mana janin sedang berkembang. Jadi, hindari kontak langsung dengan kulit.

Alkohol

Sebaiknya tak mengonsumsi alkohol sama sekali saat hamil. Bila wanita suka minum minuman beralkohol harus dihentikan sebelum kehamilan terjadi. Tak ada tingkat pemakaian alkohol yang aman semasa kehamilan

Pewarna rambut

Memang belum ada bukti yang menunjukkan bahan-bahan kimia dalam pewarna rambut berbahaya bagi janin. Di sisi lain, pewarna rambut pun tak terbukti aman sama sekali. Jadi, sebaiknya untuk sementara tundalah keinginan untuk mengecat rambut.

Kosmetik

Sebetulnya kosmetik mengandung bahan kimia, kendati jumlahnya sangat sedikit. Kandungan merkuri dalam kosmetik diketahui berbahaya bagi janin. Karena itu, konsultasikan pada ahli kosmetik, produk apa yang aman buat ibu hamil.

Sepatu

Pemilihan sepatu semasa kehamilan lebih pada kenyamanan dan keamanan. Tubuh mengalami perubahan maka penting untuk menghindari sepatu yang akan membebani bagian punggung bawah dan otot-otot kaki

Daging setengah matang

Larangan ibu hamil adalah jangan mengonsumsi daging mentah atau daging setengah matang.

Daging sebaiknya diolah hingga matang karena bahan makanan berasal dari hewan bisa mengandung bakteri, parasit, protozoa dan bahkan berbagai jenis cacing. Pada telur setengah matang pun bisa ditemukan salmonela yang dapat mengakibatkan penyakit tifus.

Pil KB

Saat belum menyadari Anda hamil, mungkin masih mengonsumsi pil KB. Tak perlu terlalu khawatir, karena pil KB tak secara langsung menyebabkan efek pada janin, misalnya bayi cacat.

Kafein

Minum minuman berkafein saat hamil boleh saja, asalkan minum kopi tidak berlebihan.
Perlu diingat, kafein merupakan suatu perangsang yang berpengaruh dan bisa meningkatkan produksi hormon stres

Obat pereda sakit

Pantangan ibu hamil yang terakhir adalah jangan minum obat sembarangan!
Bukan berarti bila sakit tak boleh minum obat. Selalu konsultasikan dengan dokter kandungan bila Anda akan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Atau, beri tahukan dokter bila Anda sedang hamil

Hubungan seks

Orgasme bisa menyebabkan keguguran di usia kehamilan muda dan menyebabkan persalinan di usia kehamilan lanjut. Tapi, hal tersebut tak terbukti pada kehamilan normal. “Jadi, aktivitas ini boleh-boleh saja dilakukan. Asal tidak ada indikasi kelainan pada kehamilannya, semisal letak ari-ari di bawah atau perdarahan

Olahraga

Apabila Anda rutin dan gemar berolahraga, semasa hamil pun dapat diteruskan. Hanya saja olahraga yang dilakukan bukanlah yang berbahaya dan berisiko, seperti balapan mobil, berkuda, lompat, arung jeram, dan sebagainya. Tapi, lakukanlah olahraga ringan selama 5-30 menit, misalnya jalan pagi, senam ringan, atau berenang.

Naik pesawat

Ibu hamil boleh naik pesawat sebelum usia kehamilan 7 bulan.
Sebetulnya bayi dalam kandungan tak bermasalah dengan ketinggian dan perbedaan tekanan udara. Jika terpaksa dan ingin nyaman di pesawat, sebaiknya duduk di pinggir “gang” agar mudah bila mau ke kamar kecil.

Merokok

Pantangan ibu hamil yang berikutnya adalah merokok saat hamil.
Ibu hamil yang merokok mengakibatkan bayi mendapat darah lewat plasenta lebih sedikit, sehingga zat asam dalam darahnya sedikit. Akibatnya berat badan bayi pun lebih rendah dibanding bayi dari ibu tidak merokok

Rontgen

Semua bentuk radiasi berpotensi membahayakan perkembangan janin karena janin sedang dalam perkembangan.

Semua jenis radiasi dapat mengacaukan perkembangan sel. Sehingga terjadi mutasi sel yang bisa berkembang ke arah kanker, cacat dan sebagainya. Bila diperlukan rontgen, seperti untuk mengetahui patah tulang atau rontgen gigi, sebaiknya katakan pada dokter bahwa Anda tengah hamil.

Mandi malam

Kalau tidak mandi, bisa timbul jamur karena wanita hamil banyak berkeringat. Jadi, boleh saja mandi malam hari, asal tak sampai menggigil kedinginan. Bila tidak ingin mandi, minimal membasuh dengan waslap, membersihkan daerah kemaluan, membersihkan daerah lipatan kulit