Ming. Agu 25th, 2019

Megazio.com

Berita Hari Ini, Kabar Update dan Terpercaya

MK Perintahkan KPU Hitung Ulang Suara 135 TPS di Sumut, MK Kabulkan Gugatan MK

  •  
  •  
  •  
  •  

Mahkamah Konstitusi (MK) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan penghitungan surat suara ulang untuk 135 TPS di 24 Desa Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara

Menurut Gerindra, perubahan pencatatan suara itu terjadi karena adanya koreksi sepihak dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Humbang Hasundutan.

Sementara Bawaslu melakukan koreksi pencatatan suara setelah membuat putusan cepat yang dinyatakan membatalkan administrasi pencatatan suara KPU.

Perundingan yang dikabulkannya gugatan yang dimohonkan Partai Gerindra untuk hasil pemilihan legislatif DPRD Provinsi Sumatera Utara daerah pemilihan IX.

Putusan ini dibuat untuk menindaklanjuti kehadiran laporan diambil.

Sebelum membuat putusan cepat, Bawaslu Humbang Hasundutan sempat meminta saran ke Bawaslu Provinsi Sumut.

Bawaslu Provinsi Sumut lantas meminta Bawaslu Humbang Hasundutan untuk tidak menindaklanjuti laporan.

KPU untuk melakukan penghitungan surat suara ulang untuk 135 TPS di 24 Desa Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara, khusus untuk menerima suara Gerindra.

“Memerintahkan termohon, KPU Kabupaten Humbang Hasundutan untuk melakukan penghitungan suara ulang di tingkat Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasuduntan, untuk menyetujui suara pemilihan umum DPRD Provinsi Sumatra Dapil Sumut IX,” kata Hakim Anwar Usman.

Mahkamah Konstitusi juga meminta KPU untuk selanjutnya menyetujui suara hasil penghitungan ulang.