Mewabah di Puluhan Negara, Warga Natuna Ingin Karantina Corona Dipindahkan - Megazio

Home / Berita Daerah / Kesehatan

Selasa, 4 Februari 2020 - 14:06 WIB

Mewabah di Puluhan Negara, Warga Natuna Ingin Karantina Corona Dipindahkan

Korban jiwa akibat virus corona jenis baru atau Novel coronavirus (2019-nCoV) tercatat sebanyak 426 orang hingga Selasa (4/2/2020).

Dari angka tersebut, 425 di antaranya merupakan warga China dan satu orang merupakan warga Filipina.

Adapun penyebaran virus corona mengalami peningkatan jumlah kasus yang begitu cepat, bahkan per hari ini sudah lebih dari 20.000 kasus orang yang terinfeksi virus corona di seluruh dunia.

Peneliti Beberkan Cara Indonesia Deteksi Virus Corona

Ratusan orang dinyatakan meninggal dunia dan ribuan lain terinfeksi virus corona yang pertama kali diketahui menyebar di Kota Wuhan, Hubei, China. Situasi itu pun secara perlahan menimbulkan ketakutan banyak negara, termasuk Indonesia.

Terbaru, pemerintah Indonesia mengobservasi 238 WNI yang tiba dari Kota Wuhan. Mereka ditempatkan di ruang karantina darurat

Belum ada pernyataan resmi yang menyebut ada WNI terinfeksi virus Corona. Namun, sejumlah rumah sakit di Indonesia diketahui merawat sejumlah pasien yang memiliki gejala virus Corona.

Warga Natuna Ingin Karantina Corona Dipindah ke Kapal Perang

Salah seorang warga Natuna yang mengikuti aksi, Ropihudin, aparat kepolisian tampak berjaga di Kantor DPRD Natuna. Massa demo yang memakai masker terdengar meminta Bupati Natuna untuk keluar dan menemui massa.

Baca juga :  Harga Buah Ciplukan, 12 Manfaat Buah Ciplukan bagi Kesehatan

“Yang jelas apapun alasannya bukannya kami tidak berbesar hati. Masyarakat natuna ingin minta dipindahkan ke kapal perang atau daerah lain. Ini bukan masalah kemanusiaan saja, tetapi juga menyangkut kemanusiaan juga,” kata Ropihudin

Selain meminta tempat observasi dipindahkan, Ropihudin mengatakan warga juga meminta pemerintah pusat menyediakan layanan kesehatan darurat di Natuna.

“Warga juga meminta Menteri Kesehatan untuk berkantor di Natuna sebelum lokasi observasi dipindahkan dari Natuna,” kata dia

“Selain itu, kebijakan pusat harus di koordinasikan kepada Pemda Natuna dan harus disosialisasikan kepada masyarakat,” lanjut dia.

Pemerintah Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau juga meliburkan seluruh pelajar mulai 3-17 Februari 2020 atau selama WNI di Wuhan dikarantina di daerah tersebut.

Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti di Tanjungpinang, seperti dikutip Antara, mengatakan, surat edaran dari Sekretariat Daerah Natuna tentang pelajar diliburkan selama dua pekan itu sebagai upaya pencegahan.

Pelajar diimbau untuk belajar di rumah, dan menerapkan pola hidup sehat. Pelajar juga minta untuk tidak beraktivitas di luar rumah selama masa libur.

Share :

Baca Juga

Berita Daerah

4 Hakim Adhoc Resmi dilantik di PN Medan

Berita Daerah

Thriller Skandal “Hunt” Akan Rilis Pada Maret 2020

Berita Daerah

Polisi Mahato Razia Supir Tanpa Rambu: Polisi Ngajak Berantam

Kesehatan

Virus Corona Menyerang Indonesia, Cara Tangkal Virus Corona dengan Bumbu Dapur

Berita Daerah

Link Situs Download Film Ganool Terbaru 2020

Berita Daerah

Vaksin Pencegahan Corona Virus & Istilah dalam Corona Virus Diseases (Covid-19)

Berita Daerah

Pengertian Polis Asuransi dan Layanan Asuransi Terpercaya

Berita Daerah

Korban Tabrak Lari di Ngumban Surbakti, Korban Berharap Pelaku Ditangkap