Manfaat dan Keuntungan dari Pasar Modal - Megazio

Home / asuransi / Serba-serbi

Sabtu, 18 April 2020 - 13:44 WIB

Manfaat dan Keuntungan dari Pasar Modal

Saham merupakan produk investasi paling menguntungkan dibanding produk keuangan lainnya seperti deposito, reksadana, dan obligasi, atau produk komoditas seperti emas, tanah, bahkan forex.

Bayangkan dalam kurun waktu 10 tahun IHSG kita menghasilkan imbal hasil sebesar 398%, tertinggi di dunia.

Kebanyakan investor pemula sangat takut dan ragu untuk berinvestasi di pasar modal seperti investasi saham. Risiko memang ada dalam investasi di pasar modal, tetapi Anda juga perlu tahu bahwa tidak ada satu pun investasi yang tidak berisiko.

Global Health Insurance

Jika ada produk investasi yang menawarkan keuntungan tinggi tanpa memiliki risiko maka sudah bisa dipastikan bahwa itu adalah investasi bodong.

Polis Asuransi Adalah?

Polis Asuransi adalah kontrak tertulis antara perusahaan asuransi (penanggung) dan nasabah (tertanggung) yang berisi pengalihan risiko dan syarat-syarat berlaku (jumlah uang pertanggungan, jenis risiko yang ditanggung, jangka waktu dan lain sebagainya).

Polis asuransi jiwa disebut juga dengan istilah kontrak, kontrak polis, sertifikat asuransi. Polis asuransi sangat penting untuk nasabah dan perusahaan asuransi, sebagai:

  1. Bukti tertulis bagi kedua belah pihak yang sudah sepakat.
  2. Jaminan untuk nasabah, untuk mengganti kerugian dari pihak perusahaan asuransi. Termasuk pada saat nasabah melakukan klaim atau tuntutan hukum jika terjadi kesalahpahaman.
  3. Perusahaan asuransi menganggap polis adalah tanda terima dari nasabah dan nasabah tunduk pada aturan yang berlaku.

Investasi saham bukan sebuah investasi bodong. Transaksi saham dilakukan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan langsung diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 Manfaat Pasar Modal bagi Negara

1. Pasar Modal adalah Salah Satu Sumber Pendapatan Negara yang Penting

Dari mana negara mendapatkan penghasilan dari adanya pasar modal? Tentu saja dari pajak. Dengan adanya berbagai macam transaksi di pasar modal maka negara bisa menarik pajak dari pihak yang melakukan transaksi. Pajak tersebut kemudian akan masuk ke dalam kas negara yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan.

Baca juga :  Kumpulan Foto & Biodata Asli Reamer Martin #reemar

2. Pasar Modal Membantu Negara dalam Menjalankan Roda Perekonomian

Laju perputaran uang yang terjadi dalam transaksi jual beli instrumen investasi sangat mempengaruhi roda perekonomian suatu negara.

Efek yang langsung dirasakan adalah semakin terbukanya peluang perusahaan untuk tumbuh bersama investor yang membeli instrumen investasi tersebut.

3. Negara bisa Memantau Transaksi Modal

Dari banyaknya aktivitas di lantai bursa maka kemungkinan besar juga terjadi transaksi gelap. Oleh karena itu pemerintah memiliki peran yang sangat besar dalam menjaga stabilitas pasar modal.

Pemerintah bisa mengawasi transaksi di pasar modal melalui Badan Pengawas Pasar Modal untuk memantau perkembangan aktivitas di lantai bursa.

4. Memantau Perusahaan yang Berlaku Sebagai Emiten

Dengan banyaknya emiten (perusahaan) yang ikut dalam pasar modal pemerintah juga memiliki kesempatan untuk memantau perusahaan tersebut.

Pemerintah akan bisa membuat kategori mana perusahaan yang sedang berkembang, ataupun perusahaan yang akan bangkrut.

5. Menarik Investor Asing Agar Ikut Menanamkan Modalnya di Dalam Negeri

Dengan adanya keterbukaan informasi perusahaan sebagai emiten, maka pemerintah juga dapat mengambil kesempatan tersebut untuk menarik investor asing.

Dengan adanya persaingan yang sehat dan perusahaan yang memiliki daya saing tinggi, maka investor asing akan berduyun-duyun menginvestasikan dana mereka.

6. Memantau Kinerja dan Aktivitas Pihak Asing yang Berkontribusi di Dalam Pasar Modal

Mengingat pasar modal sifatnya adalah terbuka dan berskala internasional, maka pemerintah dapat mengetahui dengan mudah seluk beluk perusahaan yang terdaftar di pasar modal.

7. Tempat bagi Negara untuk Menjual Wurat Berharga kepada Investor

Di pasar modal negara juga bisa melepas obligasi yang bisa dibeli oleh investor. Ini sangat berguna jika negara sedang membutuhkan dana segar.

sumber blog ke suksesan (https://ke-suksesan.blogspot.com)

Share :

Baca Juga

Serba-serbi

[2.85 MB] Download Lagu Natalie Taylor – Surrender MP3

Serba-serbi

Dibalik Sosok Profil Mardigu Wowiek

Serba-serbi

Lirik Lagu we are The Tim- Tim Ria Ricis

asuransi

Asuransi Jiwa Kumpulan Dari Bumiputera

Serba-serbi

Uraikan Bahwa Globalisasi Dapat Mengancam Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat

Berita Daerah

Profil Yasamin Jasem Pendatang Baru di Sinetron Para Pencari Tuhan

Serba-serbi

[3.29 MB] Download Lagu Surrender – Natalie Taylor (Lyrics) Mp3 Beserta Lirik

Serba-serbi

Kilas Balik: Mereka Butuh Kau Hanya Sesaat Saja