Manfaat Asuransi & Jenis Asuransi Yang Tersedia di Indonesia


Langsung aja ke Tujuan awal.,

Asuransi memberikan jaminan perlindungan dan rasa nyaman dari risiko yang mungkin saja terjadi di masa depan.

Dengan memiliki asuransi Anda juga akan lebih tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Pasalnya bila sewaktu-waktu terjadi musibah, kecelakaan, atau penyakit, keluarga Anda tidak perlu bingung untuk mencari biaya pengoabatan karena semua telah ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Asuransi bisa meningkatkan efisisensi perlindungan diri dan mentransfer risiko dengan cukup membayar premi asuransi dalam jangka waktu tertentu.

Pembayaran premi ini tentu saja bertujuan agar perusahaan asuransi dapat memberikan ganti rugi terhadap bencana yang menimpa Anda atau keluarga Anda.

Jenis-jenis Asuransi Yang Tersedia di Indonesia

  • Asuransi Jiwa:
    Asuransi jiwa adalah sebuah jenis asuransi yang memberikan ganti rugi terhadap tertanggung akibat risiko kematian. Pada jenis asuransi ini, pihak penanggung akan membayar premi secara berkala kepada perusahaan asuransi dengan jumlah dan jangka waktu yang telah ditentukan sebagai kompensasi atas ganti rugi yang diberikan kepada pihak penerima manfaat (tertanggung)
  • Asuransi Kesehatan:
    Asuransi kesehatan adalah sebuah jenis asuransi yang memberikan perlindungan atau ganti rugi terhadap berbagai risiko kesehatan yang terjadi pada tertanggung. Asuransi Kesehatan ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi dengan beragam pilihan mulai dari perlindungan biaya rawat inap di rumah sakit hingga perawatan jalan pra dan pasca proses rawat inap di rumah sakit. Selain itu, Asuransi Kesehatan kini juga menyediakan jaminan untuk biaya proses melahirkan normal maupun sesar kepada tertanggungnya. Di Indonesia ada dua jenis asuransi kesehatan, asuransi kesehatan swasta dan asuransi kesehatan pemerintah BPJS Kesehatan.
  • Asuransi Mobil:
    Asuransi mobil adalah sebuah jenis asuransi yang memberikan perlindungan terhadap mobil Anda dari berbagai risiko yang mungkin terjadi. Asuransi ini memiliki 2 jenis yaitu TLO (Total Loss Only) yang hanya memberikan ganti rugi terhadap kerusakan berat saja dan All Risk yaitu asuransi yang memberikan perlindungan secara menyeluruh terhadap mobil Anda dari segala jenis risiko kerusakan baik itu kerusakan kecil maupun besar dengan berbagai jenis perluasan yang tersedia didalamnya
  • Asuransi Perjalanan:
    Asuransi ini adalah asuransi yang diperuntukkan untuk Anda yang memang suka melakukan perjalanan baik keluar kota sampai keluar negeri dan fungsinya yang hanya melindungi ketika akan melakukan perjalanan saja.
  • Asuransi Pendidikan:
    Asuransi pendidikan adalah sebuah jenis asuransi yang memberikan jaminan biaya pendidikan dengan kepada Anak, dimana biasanya orang tua akan membayar premi asuransi secara berkala untuk menjamin dan membayarkan biaya pendidikan mulai dari sekolah sampai kuliah sesuai dengan jumlah tabungan dan premi yang dibayarkan.
  • Asuransi Properti:
    Asuransi properti adalah sebuah jenis asuransi yang memberikan ganti rugi dan perlindungan kepada pemilik properti seperti rumah dari risiko kehilangan, kerusakan, kebakaran, dan bencana alam dengan memberikan penggantian biaya perbaikan atau perawatan atas kerusakan atau kerugian yang terjadi.
Baca juga :  11 Manfaat Teh Hijau bagi Kecantikan dan Kesehatan, Lebih Baik ketimbang Teh Biasa

Manfaat Asuransi

Klaim yang dilakukan pemegang asuransi harus disertai dengan syarat-syarat yang lengkap dan benar.

Setidaknya terdiri dari laporan kejadian serta perhitungan kerugian yang dialami pemegang polis berikut data pendukungnya.

Kewajiban pemegang polis (nasabah asuransi) adalah membayar premi dalam jumlah tertentu sesuai dengan ketentuan.

Premi ini menjadi sumber pendapatan perusahaan asuransi yang akan dikumpulkan dengan premi seluruh nasabah asuransi untuk menutup setiap klaim yang terjadi.

Ada sisi saling menolong dari nasabah asuransi untuk nasabah lain yang sedang mengalami musibah atau risiko.

Berikut ini adalah beberapa manfaat utama memiliki sebuah polis asuransi:

  • Membuat Hidup Lebih Tenang:
    Tidak ada yang mengetahui suatu saat kejadian buruk akan datang menghampiri kita. Berjaga-jaga adalah kunci terbaik agar terhindar dari hal tersebut. Karena itu, peranan asuransi di sini sangatlah penting. Dengan memiliki asuransi, kerugian dapat diminimalkan. Sebab ada jaminan perlindungan dari setiap klaim yang dilakukan. Dengan begitu, hidup pun menjadi lebih tenang.
  • Ada Asuransi yang Bisa Sekaligus Menjadi Sarana Investasi:
    Apakah Anda ingin berinvestasi, tetapi tidak tahu harus memilih yang mana? Anda dapat memulai dengan investasi yang digabung dalam satu paket asuransi atau yang dikenal dengan nama unit link. Investasi ini bukan berguna untuk diri Anda saja, melainkan juga bisa kepada orang terdekat. Memiliki investasi akan membuat Anda memiliki keuntungan pada masa depan. Selain itu, keuntungan saat ini dapat berkembang dan dapat dimanfaatkan untuk hari esok.
  • Berfungsi untuk Meminimalkan Kerugian:
    Secara tidak langsung, sebetulnya asuransi adalah cara untuk memaksa nasabahnya menabung dan baru akan terasa manfaatnya ketika pemegang polis mengalami risiko. Memiliki asuransi akan membantu Anda untuk mengatasi segala risiko yang terjadi.
megazio [Harja Group]

About the Author: megazio [Harja Group]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.