Makna dan Hukum dari Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada Orang Lain

Kedatangan bulan Syawal ini seringkali diiringi tangis haru sekaligus senyum merekah bahagia. Kita seperti terlahir kembali tanpa dosa setelah mencuci bersih semua salah dan khilaf dengan ibadah-ibadah di bulan Ramadhan.

Di hari yang paling membahagiakan ini, tidak ada salahnya untuk bertukar ucapan hari raya Idul Fitri. Seuntai kata untuk saudara dan sahabat sebagai pertanda kebahagiaan

Pada jaman Rasulullah, ucapan selamat hari raya Idul Fitri sebagai ungkapan suka cita atas kemenangan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Jadi sesama sahabat mengucapakannya untuk saling mendoakan agar ibadah puasa Ramadhan dan amalan lainnya diterima oleh Allah. Berikut ucapan selamat idul fitri yang diucapkan.

Makna Ucapan Minal Aidzin Wal Faidzin

Ucapan ini sebenarnya bukan berarti mohon maaf lahir batin. Dalam bahasa arab, ucapan ini berasal dari doa panjang yang diambil ujungnya saja.

Beberapa kata diambil dan dianggap sudah mewakili keseluruhan doanya. Berikut ini doa lengkap yang mengandung kata Minal Aidzin Wal Faidzin.

“Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘ammin wa antum bi khair.”

Artinya :

“Semoga Allah menerima (puasa Ramadhan dan amalan) dari kami dan (puasa Ramadhan dan amalan) dari kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, Terimalah. Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu senantiasa dalam kebaikan.”

Disini, makna kalimat “minal ‘aaidin wal faaiziin” adalah “Orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang”. Akan tetapi, selama ini kita sudah salah kaprah dan mengartikan kalimat tersebut menjadi mohon maaf lahir batin.

You May Also Like

megazio [Harja Group]

About the Author: megazio [Harja Group]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.