Sel. Sep 17th, 2019

Megazio.com

Berita Hari Ini, Kabar Update dan Terpercaya

Makanan Formula Untuk Bayi Mampu Menandingi Keunggulan ASI.

  •  
  •  
  •  
  •  

Makanan-makanan tiruan untuk bayi berupa susu formula tidak ada yang mampu menandingi keunggulan ASI. Daftar manfaat ASI bagi bayi selalu bertambah setiap harinya.

Salah satu hal yang menyebabkan ASI sangat dibutuhkan bagi perkembangan bayi yang baru lahir adalah kandungan minyak omega-3 asam linoleat alfa untuk perkembangan otak dan saraf.

Apabila bayi diberikan makanan tambahan di bawah usia 6 bulan, maka ada kemungkinan bayi dapat mengalami gangguan pencernaan maupun alergi.

Hal ini disebabkan sistim pencernaan bayi yang masih belum sempurna dan begitu pula sistim kekebalan tubuh pada bayi.

Invaginasi atau salah satu penyakit pada bayi yaitu usus bayi masuk ke dalam ususnya yang lain akibat pengenalan makanan padat sebelum waktunya dapat mengancam nyawa bayi. Invaginasi membutuhkan terapi operasi.

Ketimbang memberikan susu formula, akan lebih baik jika bayi diberikan ASI karena manfaat yang banyak bagi bayi dan Ibu.

Keuntungan memberikan ASI bagi Ibu adalah :

Menambah panjang kembalinya kesuburan pasca melahirkan, sehingga dapat digunakan sebagai kontrasepsi alami
Ibu lebih cepat langsing.

Penelitian membuktikan bahwa ibu menyusui enam bulan lebih langsing setengah kg dibanding ibu yang menyusui empat bulan.
Sebenarnya, jumlah produksi ASI tergantung dari berapa banyak bayi menyusu. Semakin sering bayi menyusu, semakin banyak hormon prolaktin dilepaskan, dan semakin banyak produksi ASI.

Maka jika pada awal-awal masa menyusui, ASI Ibu tidak lancar maka tidak perlu khawatir karena dengan semakin sering mneyusui maka produksi ASI dapat semakin bertambah.

Tinggalkan Balasan