Jum. Jul 19th, 2019

Megazio.com

Berita Hari Ini, Kabar Update dan Terpercaya

Kurma Berhee, Kurma Yang Cocok Untuk Daerah Tropis “honey balls”

2 min read
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kurma Barhi (Barhee) adalah salah satu pohon kurma terbaik, ditandai dengan hasil panennya yang tinggi, Kurma tropis jenis berhee ini lagi di Gandrungi masyarakat Indonesia.

Kurma ini memiliki banyak manfaat, yang katanya membantu program hamil jika ingin cepat hamil (belum teruji klinis).

Perlu Anda ketahui bahwa buah Kurma hanya terbentuk di pohon kurma betina, dan setiap bunga betina harus ditaburi / diserbuki serbuk sari dari bunga kurma jantan dengan bantuan manusia agar berbuah seperti halnya buah salak yang harus di bantu dalam penyerbukan (sebahagian).

BACA JUGA :  Kunjungan Dubes RI Bersama Delegasi Bosnia ke Sumut, Buka Kerja Sama Ekspor CPO

Pohonnya memiliki batang yang besar dengan tinggi yang sedang, dasar daunnya luas, batang buahnya lebar, panjang dan berat.

Kurma Barhee hampir berbentuk silindris, berwarna kuning terang sampai coklat gelap, bila matang daging buahnya lembut, tebal, kaya rasa dan kualitas yang luar biasa.

Kurma Barhee ini adalah jenis kurma yang paling manis dan paling lembut dari semua kurma, buah kurma jenis ini besar dan bulat, sehingga Kurma ini juga disebut “honey balls”.

BACA JUGA :  Kunjungan Dubes RI Bersama Delegasi Bosnia ke Sumut, Buka Kerja Sama Ekspor CPO

Proses dan prosedur panen buah Kurma Barhee dapat dipanen pada tahap “Khalal” (sebagian matang) atau saat warnanya kuning, pada tahap “Ruthob” dan “Tamar” iyalah posisi dimana buah kurma benar-benar matang, atau ketika buah ini telah memiliki kadar gula yang lebih tinggi, kadar kelembaban dan tanin yang lebih rendah.

Buah kurma Barhee akan lezat di tahap Khalal, rasanya renyah seperti apel.

BACA JUGA :  Kunjungan Dubes RI Bersama Delegasi Bosnia ke Sumut, Buka Kerja Sama Ekspor CPO

Pohon kurma Barhee menghasilkan antara lima sampai dua puluh tandan kurma per pohon, satu kelompok besar mungkin berisi lebih dari seribu kurma, dan bisa mencapat total berat 8 – 15 kg, selama tahap “Kimri”(mentah) atau hijau, buahnya kecil dan keras.

Di tahap khalal, kurma ini mulai berubah menjadi Kuning, pada saat musim panas kurma ini akan mempercepat pematangannya.

Buah kurma ini dibungkus dengan kain atau kantong kertas, untuk mencegah burung-burung mematuk dan tumpahan air hujan.