Ming. Agu 25th, 2019

Megazio.com

Berita Hari Ini, Kabar Update dan Terpercaya

Kuota CPNS Disetujui Sebanyak 311 Formasi, Cek Usulan Provinsi dan Kabupaten

  •  
  •  
  •  
  •  

Kuota penerimaan CPNS dan P3K tahun 2019 sudah disetujui. Dari sekian banyak usulan yang disampaikan pemerintah daerah, formasi yang disetujui tak sampai setengah dari jumlah usulan.

Pemerintah Kabupaten Belitung mengusulkan 1.204 formasi untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan pendaftaran pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K/PPPK) tahun 2019.

Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Dari angka itu, cuma 311 formasi yang disetujui pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Meski kuota penerimaan sementara sudah disetujui, Hendra belum bisa memastikan waktu pelaksanaan penerimaan.

Hal tersebut masih digodok di kementerian dan akan diberitahukan lebih lanjut.

Formasi yang disetujui sudah terbagi di antaranya guru, medis dan lainnya.

“Itu yang di setujui sementara ini kemarin dari Kementerian, yaitu tenaga guru, tenaga kesehatan dan tenaga medis. Nah untuk CPNS itu semuanya ada 149 formasi dan PPPK itu ada 162 formasi,” jelas Hendra.

Untuk CPNS, ada sekitar 81 formasi guru, 35 tenaga kesehatan dan 33 tenaga teknis.

Sedangkan untuk PPPK, ada formasi untuk 98 tenaga guru, 61 tenaga kesehatan dan tiga tenaga teknis.

“Kalau kalau digabung (CPNS dan PPPK), tenaga guru itu 179 formasi, tenaga kesehatan 96 (formasi), dan tenaga teknis 36 (formasi). Tapi kuota ini hanya bersifat sementara dan bisa bertambah maupun berkurang nantinya, ya menunggu penetapan saja secara pastinya,” jelas Hendra.

Syafruddin merinci bahwa akan ada 100 ribu CPNS yang dibuka dan 75 ribu posisi untuk PPPK.

“Tahun ini direkrut sekitar 100 ribu CPNS dan 75 ribu PPPK sedangkan yang pensiun diperkirakan mencapai 200 ribu orang,” ungkap Syafruddin di Gedunf Bidakara, Pancoran, Jaksel, Selasa (30/7/2019).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sahirman Jumli mengatakan sudah mengusulkan 414 formasi CPNS dan P3K untuk rekrutmen 2019.

“Senin kemarin kita sudah menyampaikan usulan kebutuhan formasi CPNS dan P3K ke Kemenpan sebanyak 414 formasi. Kalaupun ada penerimaan CPNS ataupun P3K akan diumumkan resmi melalui website Bkpsdm Babel,” katanya, Rabu (26/6).

Pemprov Babel, kata dia Senin lalu telah menyampaikan usulan formasi kebutuhan ASN dan P3K ke Kemenpan, dengan presentase 30 persen ASN dan 70 persen P3K, di antaranya untuk bidang pendidikan, kesehatan, dan tenaga teknis.

Apa yang kita usulkan ini kan belum tentu disetujui semua, karena kan Ini ada kajian lagi dari Kemenpan, misalnya kemampuan keuangan daerah, apalagi yang diusulkan 70 persen ini untuk P3K,” sebutnya.

Sahirman menegaskan, masyarakat jangan mudah percaya dengan berbagai informasi yang beredar apalagi itu tidak didapatkan secara resmi.

“Semua informasi apapun terkait penerimaan P3K maupun CPNS kita umumkan di web bkpsdm, jangan percaya di kroscek dulu,” tegasnya.

Kabid Mutasi BKPSDM Pangkalpinang, Fahrizal mengatakan pihaknya mengusulkan 897 formasi untuk penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) tahun 2019.

Usulan tersebut juga termasuk untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Fokus penerimaan pegawai tahun ini dibagi dua kategori yakni untuk CPNS dengan besaran 30 persen dan P3K dialokasikan 70 persen.

Fahrizal mengatakan, bagi masyarakat yang ingin mengetahui perkembangan informasi baik itu jadwal resmi pelaksanaan CPNS dapat langsung melihat diwebsite menpan.go.id atau bkn.go.id yang termasuk dalam panselnas CPNS.