Khasiat Umbi Porang, Harga Umbi Porang Mencapai Rp 65.000/Kg - Megazio

Home / Berita Daerah

Senin, 27 Januari 2020 - 14:05 WIB

Khasiat Umbi Porang, Harga Umbi Porang Mencapai Rp 65.000/Kg

Apaitu umbi porang? Umbi porang adalah tanaman umbi-umbian atau talas yang sedang populer, Porang atau dikenal juga dengan nama iles-iles adalah tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri.

Umbi porang banyak mengandung glucomannan berbentuk tepung, Glucomannan merupakan serat alami yang larut dalam air biasa digunakan sebagai aditif makanan sebagai emulsifier dan pengental.

Pohon Umbi Porang, Umbi porang adalah tanaman umbi-umbian atau talas yang sedang populer, Porang atau dikenal juga dengan nama iles-iles adalah tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri.

Bahkan dapat digunakan sebagai bahan pembuatan lem ramah lingkungan dan pembuatan komponen pesawat terbang, demikian dilansir laman resmi Kementerian Pertanian.

Manfaat porang ini banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, selain juga untuk pembuatan lem dan “jelly” yang beberapa tahun terakhir kerap diekspor ke negeri Jepang.

1. Umbi Porang dengan Umbi Suwek

“Porang berbeda dengan suwek. Porang mempunyai katak (buah yang tumbuh di antara batang tanamannya), tapi kalau suwek tidak. Umbi porang berwarna kuning, sedangkan suwek agak putih,” katanya.

Porang dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja di ketinggian 0 sampai 700 mdpl. Bahkan, sifat tanaman tersebut dapat memungkinkan dibudidayakan di lahan hutan di bawah naungan tegakan tanaman lain. Untuk bibitnya biasa digunakan dari potongan umbi batang maupun umbinya yang telah memiliki titik tumbuh atau umbi katak

Baca juga :  Terima Notifikasi SMS Resmi Kominfo Mengenai IMEI handphone, Cara Cek Ponsel Resmi atau Tidak

2. Harga Umbi Porang Per- Kilogram

Katak porang juga bernilai tinggi. Harganya mencapai Rp 170.000 per kilogram. Hal itu karena katak tidak banyak diproduksi dan bisa dijadikan bibit tanaman porang.

3. Harga Tepung Umbi Porang

Umbi porang tersebut kemudian dijual ke pabrik pembuatan tepung porang di daerah Jawa Timur. “Tepung porang diekspor ke Jepang. Kabarnya, harga tepung porang bisa mencapai Rp 200.000-300.000 per kilogram.

4. Kandungan dalam Umbi Porang

Tepung yang hanya mengandung glukomanan porang konon bahkan dihargai hingga Rp 1,2 juta per kilogram. Di Jepang, tepung porang diolah menjadi ramen atau mi tradisional negara tersebut. Sayangnya, petani Indonesia belum bisa membuat tepung porang.

Share :

Baca Juga

Berita Daerah

5 Situs Download Subtitle Anime Indonesia Terlengkap 2020

Berita Daerah

Ajudan Positif Corona COVID-19, Wakil Gubernur Musa Rajekshah Berstatus ODP

Berita Daerah

Kiamat Terjadi Pada Bulan September 2020, Cek Tanggalnya di Sini, Rumor Ramalan Kiamat

Berita Daerah

Akun Facebook Palsu Gubsu, Edy Rahmayadi Ingatkan Warga Waspada Penipuan

Berita Daerah

Corona Hari ini: Walikota Medan Akhyar Nasution Membuat Program kerja diatas 50%, Fitra Sumut Setuju

Berita Daerah

Setan Gamang, Hantu Khas Bali dipercaya Telah Ada Sejak Zaman Kuno

Berita Daerah

Cek Ramalan Cinta Asmara 12 Shio di Tahun Tikus Logam 2020

Berita Daerah

Download Video Ruang Rindu – Letto (Video Lirik) | Adlani Rambe [Live Cover]