Keuntungan Asuransi dan Manfaat Asuransi dalam Kehidupan - Megazio

Home / Berita Daerah

Sabtu, 7 Maret 2020 - 14:08 WIB

Keuntungan Asuransi dan Manfaat Asuransi dalam Kehidupan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), asuransi adalah pertanggungan dimana dua pihak melakukan perjanjian, pihak yang satu berkewajiban membayar iuran dan pihak yang lain berkewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang dibuat.

Sejatinya, asuransi adalah cara untuk melindungi diri dan aset Anda jika terjadi kerugian total atau sebagian dari barang dan jasa berharga dari suatu peristiwa buruk yang tak terduga.

Jadi, apabila terjadi hal-hal buruk tidak terduga pada pemilik asuransi, seperti kematian, kerusakan, kehilangan, maka pemilik asuransi berhak memperoleh penggantian dari pihak perusahaan asuransi yang digunakan.

Prinsip Dasar Asuransi

  • Insurable Interest:
    Sebuah hak untuk mengasuransikan, yang muncul dari suatu hubungan keuangan antara pihak tertanggung dengan yang diasuransikan yang telah diakui secara hukum.
  • Utmost Good Faith:
    Sebuah tindakan untuk mengungkapkan secara akurat dan lengkap segala fakta yang berupa material (material fact) mengenai sesuatu yang akan diasuransikan baik itu diminta maupun tidak. Hal ini berarti pihak penanggung harus dengan jujur menerangkan dengan jelas segala sesuatu yang berakitan dengan syarat atau kondisi dari asuransi tersebut. Pihak tertanggung juga harus bisa memberikan keterangan yang jelas dan benar atas objek atau kepentingan yang dipertanggungkan.
  • Proximate Cause:
    Adalah sebuah penyebab aktif, efisien yang menimbulkan rentetan kejadian yang menimnbulkan suatu akibat tertentu tanpa adanya intevensi atau campur tangan yang dimulai secara aktif dari sumber yang baru dan indpenden.
  • Indemnity:
    Sebuah mekanisme dimana penanggung menyediakan suatu kompensasi finansial dalam upaya menempatkan tertanggung dalam posisi keuangan yang telah ia miliki sesaat sebelum terjadinya sebuah kerugian (KUHD pasal 252, 253 dan dipertegas dalam pasal 278).
  • Subrogation:
    Pengalihan hak tuntut dari pihak tertanggung kepada pihak penanggung setelah klaim dibayarkan.
  • Contribution:
    Hak pihak penanggung untuk mengajak pihak penanggung lainnya yang bersama-sama menanggung tetapi tidak memiliki kewajiban yang sama terhadap tertanggung untuk ikut memberikan indemnity.

Keuntungan Asuransi

  • Asuransi memberikan jaminan perlindungan dan rasa nyaman dari risiko yang mungkin saja terjadi di masa depan.
    Dengan memiliki asuransi Anda juga akan lebih tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
    Pasalnya bila sewaktu-waktu terjadi musibah, kecelakaan, atau penyakit, keluarga Anda tidak perlu bingung untuk mencari biaya pengoabatan karena semua telah ditanggung oleh perusahaan asuransi.
  • Asuransi bisa meningkatkan efisisensi perlindungan diri dan mentransfer risiko dengan cukup membayar premi asuransi dalam jangka waktu tertentu.
    Pembayaran premi ini tentu saja bertujuan agar perusahaan asuransi dapat memberikan ganti rugi terhadap bencana yang menimpa Anda atau keluarga Anda.
  • Asuransi dapat digunakan sebagai instrumen investasi, dimana dengan membayar premi asuransi, Anda akan terbiasa menabung dalam jumlah yang ditentukan.
    Belum lagi bila Asuransi yang Anda miliki adalah asuransi jenis unit link yang nilainya akan semakin bertambah setiap tahun.
  • Asuransi dapat digunakan untuk menyusun rencana masa depan. Dengan asuransi Anda bisa mempersiapkan biaya pendidikan untuk anak Anda, atau bisa dijadikan sebagai persiapan dana pensiun Anda di masa mendatang
Baca juga :  Link Terbaru Indoxxi, Layarkaca21, Duniafilm21 | Situs Nonton Juraganfil Gratis 2020

Manfaat Memiliki Asuransi

Klaim yang dilakukan pemegang asuransi harus disertai dengan syarat-syarat yang lengkap dan benar. Setidaknya terdiri dari laporan kejadian serta perhitungan kerugian yang dialami pemegang polis berikut data pendukungnya.

Kewajiban pemegang polis (nasabah asuransi) adalah membayar premi dalam jumlah tertentu sesuai dengan ketentuan.

Premi ini menjadi sumber pendapatan perusahaan asuransi yang akan dikumpulkan dengan premi seluruh nasabah asuransi untuk menutup setiap klaim yang terjadi.

Ada sisi saling menolong dari nasabah asuransi untuk nasabah lain yang sedang mengalami musibah atau risiko. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama memiliki sebuah polis asuransi:

  • Membuat Hidup Lebih Tenang:
    Tidak ada yang mengetahui suatu saat kejadian buruk akan datang menghampiri kita. Berjaga-jaga adalah kunci terbaik agar terhindar dari hal tersebut.
    Karena itu, peranan asuransi di sini sangatlah penting. Dengan memiliki asuransi, kerugian dapat diminimalkan. Sebab ada jaminan perlindungan dari setiap klaim yang dilakukan. Dengan begitu, hidup pun menjadi lebih tenang.
  • Ada Asuransi yang Bisa Sekaligus Menjadi Sarana Investasi:
    Apakah Anda ingin berinvestasi, tetapi tidak tahu harus memilih yang mana? Anda dapat memulai dengan investasi yang digabung dalam satu paket asuransi atau yang dikenal dengan nama unit link. Investasi ini bukan berguna untuk diri Anda saja, melainkan juga bisa kepada orang terdekat. Memiliki investasi akan membuat Anda memiliki keuntungan pada masa depan. Selain itu, keuntungan saat ini dapat berkembang dan dapat dimanfaatkan untuk hari esok.
  • Berfungsi untuk Meminimalkan Kerugian:
    Secara tidak langsung, sebetulnya asuransi adalah cara untuk memaksa nasabahnya menabung dan baru akan terasa manfaatnya ketika pemegang polis mengalami risiko. Memiliki asuransi akan membantu Anda untuk mengatasi segala risiko yang terjadi.

Manfaat lain yang bisa didapatkan Dari Asuransi

  • Memberikan perlindungan dan ganti rugi terhadap keluarga setelah kematian seseorang dari hilangnya pendapatn
  • Memberikan kepastian pembayaran hutang setelah kematian
  • Memberikan perlindungan dan ganti rugi terhadap risiko dan biaya kesehatan yang tidak terduga
  • Memberikan perlindungan dan ganti rugi terhadap tututan hukum
  • Memberikan perlindungan dan ganti rugi terhadap kondisi cacat tetap akibat penyakit atau kecelakaan
  • Memberikan perlindungan terhadap bisnis Anda dari berbagai gangguan bisnis dan hilangnya penghasilan karena hal-hal tak terduga
  • Melindungi aset Anda terhadap pencurian, kehilangan, kerusakan, kebakaran, bencana alam, dan bahaya lainnya

credits cermati.com

Share :

Baca Juga

Berita Daerah

Markup: Title With Markup

Berita Daerah

Apakah Pasanganmu Serius, Lihat 5 Tanda Pasangan Ingin Hubungan Serius dan Menikah Sama Kamu

Berita Daerah

KODE BANK NEGARA, SWASTA, DAN SYARIAH

Berita Daerah

Template: Excerpt (Defined)

Berita Daerah

Kapal Nelayan Tujuan Malaysia Tenggelam di Perairan Riau, Daftar Nama TKI Asal Sumut

Berita Daerah

Akhir Zaman: Video Viral Seorang Perempuan Shalat Sambil Joget

Berita Daerah

Hendak Membeli Kendaraan, Cek BPKB Palsu dan Cara Membedakannya

Berita Daerah

Cara Aktivasi Internet Banking BRI dengan Benar