Isu Viral 15 Ramadhan Fenomena Dukhan Pertanda Kiamat? Ini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat - Megazio

close

Home / Berita Daerah / Kesehatan / Serba-serbi

Jumat, 8 Mei 2020 - 00:04 WIB

Isu Viral 15 Ramadhan Fenomena Dukhan Pertanda Kiamat? Ini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Umat Islam, kata dia, selalu mengimani jika kiamat memiliki dua jenis yaitu kiamat kecil dan kiamat besar. Kiamat besar adalah hari akhir sesungguhnya, sementara kiamat kecil itu sebagaimana kematian dari masing-masing individu manusia.

Adapun kabar mengenai dukhan sebagai salah satu tanda akan datangnya hari akhir, yang belakangan viral di media sosial. Sejumlah ulama memiliki pendapat yang berbeda-beda tentang dukhan.

Sejumlah ulama berpendapat hadis tersebut tidak memiliki riwayat perawi yang baik dan secara substansi tidak tepat sehingga kebenarannya disangsikan.

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) juga menyebut asteorid yang akan melintasi bumi pada Jumat (8/5/2020) berkategori aman dan tidak membahayakan bumi. ‘

Dengan begitu, hal itu tidak dapat dikaitkan dengan kebenaran informasi dukhan terjadi pada 15 Ramadhan 1441 Hijriah.

Secara urutan, pernyataan bahwa dukhon akan keluar Jumat pertengahan ramadhan besuk ini, keliru. Karena keluarnya dukhon, bukan tanda kiamat besar yang keluar pertama.

Meski ada perbedaan pendapat ulama tentang urutan keluarnya tanda kiamat, karena adanya perbedaan redaksi riwayat yang menerangkan urutan tanda kiamat.

Namun berikut kami sampaikan kesimpulan para ulama setelah kajian mereka terhadap riwayat-riwayat tersebut, bahwa dukhon bukan tanda kiamat yang pertama keluar :

Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah :

الذي يترجح من مجموع الأخبار أن خروج الدجال أول الآيات العظام المؤذنة بتغير الأحوال العامة في معظم الأرض، وينتهي ذلك بموت عيسى عليه السلام
,وأنّ طلوع الشمس من المغرب هو أول الآيات العظام المؤذنة بتغير أحوال العالم العلوي، وينتهي ذلك بقيام الساعة

“Setelah mengkaji hadis-hadis tentang tanda kiamat, maka tampak kuat bahwa kemunculan Dajjal adalah tanda kiamat besar pertama yang menunjukkan perubahan keadaan bumi secara umum. Hal ini berakhir dengan wafatnya Isa alaihis salaam.

Kemudian terbitnya matahari dari barat, adalah tanda kiamat pertama yang muncul sebagai tanda perubahan kondisi alam langit. Lalu berakhir dengan tibanya Kiamat.” (Fathul Bari, 14/691)

Baca juga :  Pakar Sebut Iklim Tropis Indonesia Bikin Virus Corona Tidak Berkembang

Imam At-Thibi rahimahullah :

الآيات أمارات الساعة، إما على قربها وإما على حصولها، فمن الأول : الدجال، ونزول عيسى، ويأجوج ومأجوج، والخسف. ومن الثاني: الدخان، وطلوع الشمس من مغربها، وخروج الدابة، والنار التي تحشر الناس

Fenomena dukhan adalah kabut atau asap digosipkan akan terjadi pada 15 Ramadhan 1441 H atau 8 Mei 2020, akibat tabrakan meteor dengan bumi.
Ayat Al-Qur’an dan hadist menyebutkan dukhan sebagai satu dari 10 tanda-tanda kiamat.

Apakah artinya bumi akan mengalami kiamat pada 15 Ramadhan atau 8 Mei 2020?

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan, kiamat sepenuhnya menjadi rahasia Allah SWT sedangkan manusia hanya diberi tahu tanda-tandanya. Informasi seputar kejadian di 15 Ramadhan tersebut ada dalam Kitabul Fitan dari Imam Nu’aym bin Hammad.

“Secara singkat pembahasan ada di halaman 228 nomor pembahasan 638. Secara singkat disampaikan, pada pertengahan atau 15 Ramadhan malam Jumat akan ada pekik suara yang kencang hingga mengakibatkan orang tidur menjadi bangun karena kagetnya,” kata Ustaz Adi dalam channel YouTube AKU SUKA 14 Ramadhan SPESIAL EDITION-ISU DUKHAN DAN BENTURAN ASTEROID.

Hadist kejadian 15 Ramadhan inilah yang dianggap melegitimasi kejadian kedatangan asteroid, menimbulkan pekik kencang, hingga muncul asap yang disebut dukhan.

Kitab tersebut juga menyebutkan amalan menghadapi dukhan yang diucapkan saat matahari mulai bersinar keesokan harinya.

Isu dukhan inilah yang kemudian menyebar di kalangan masyarakat umum dan menjadi tanda-tanda kiamat. Apalagi pertengahan atau 15 Ramadhan 2020 jatuh di malam Jumat sesuai pernyatan dalam hadist.

Isu kemudian berkembang tanpa ada pemeriksaan kualitas informasi yang menjadi sumber referensi dalam Kitabul Fitan.

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Virus Corona Menyerang Indonesia, Cara Tangkal Virus Corona dengan Bumbu Dapur

Berita Daerah

Nurul Hidayah Zip, Kumpulan Foto & Video Terbaru Hot viral tube

Berita Daerah

Pakar Sebut Iklim Tropis Indonesia Bikin Virus Corona Tidak Berkembang

Berita Daerah

Nurul hidayah Lengkap, Cewek Berjilbab Pamer ANU

Berita Daerah

How to Create Adjustment Layers Based on Color

Berita Daerah

Update Hari ini Data Terbaru Corona Virus Indonesia dan Dunia

Berita Daerah

Situs Pengganti Indoxxi, Link Alternatif INDOXXI Terbaru

Berita Daerah

Situs Nonton INDOXXI dan Juragan Film, Link ALternatif Juragan Film