Ini Dia Spesifikasi dan Harga Konsol Valve Steam Deck

  • Bagikan

Valve ikut bergabung ke industri konsol game handheld. Perusahaan gaming tersebut merilis sebuah konsol unik bernama Steam Deck.

Handheld tersebut dibilang unik karena mampu memainkan game PC di mana dan kapan saja. Asalkan produk tersebut masih dibekali dengan tenaga listrik, entah itu dari baterai atau charger. Bisa dikatakan, Valve Steam Deck mengusung konsep yang mirip dengan Nintendo Switch.

Agar mampu memainkan game PC, tentunya Valve Steam Deck dibekali dengan spesifikasi kelas atas. Bahkan, bisa dikatakan setara dengan PC gaming berukuran kecil. Penasaran seperti apa spesifikasi Valve Steam Deck? Berapa harga konsol handheld tersebut? Simak terus artikel berikut ini untuk menemukan jawabannya ya!

Desain Valve Steam Deck

Valve Steam Deck
Valve Steam Deck (foto: PC Gamer)

Valve Steam Deck punya garis desain yang mirip dengan Nintendo Switch. Kamu akan menemukan sebuah layar yang diapit dengan controller. Bedanya, controller yang ada di Steam Deck tidak bisa dilepas layaknya Joy Con di Nintendo Switch.

Ada satu D-pad (tombol arah atas, bawah, kanan, dan kiri) di bagian kiri perangkat. dua analog controller (di bagian kanan dan kiri controller), dua touchpad (juga di kanan dan kiri), dan tombol A, B, X, dan Y. Di bagian dan belakang, kamu juga akan menemukan berbagai tombol untuk kebutuhan navigasi perangkat.

Layarnya sendiri berjeniskan LCD. Ukurannya 7 inci dan mendukung resolusi 1.280 x 800 piksel. Layar tersebut juga mendukung refresh rate 60Hz. Seharusnya, layar ini sudah sangat nyaman digunakan dalam mode handheld.

Sama seperti Nintendo Switch, Valve Steam Deck juga dapat dihubungkan ke TV atau monitor dengan menggunakan sebuah dock. Nantinya, kamu bisa menghubungkan keyboard dan mouse ke dock tersebut. Ya, kamu bisa “menyulap” Valve Steam Deck menjadi layaknya sebuah PC gaming.

Meski begitu, dock khusus untuk Valve Steam Deck tersebut bakal dijual secara terpisah. Alias tidak termasuk dalam paket penjualan.

Baca juga :  Komunikasi dalam Jaringan (Daring)

Baca juga: Panduan Membeli Nintendo Switch di Indonesia

Spesifikasi Valve Steam Deck

Valve Steam Deck
Valve Steam Deck (foto: TechAdvisor)

Seperti yang telah diungkapkan di awal artikel, Valve Steam Deck dibekali dengan berbagai spesifikasi internal layaknya PC gaming. Bahkan, ia punya chipset yang mirip seperti yang digunakan di PlayStation 5. Chipset yang dimaksud adalah AMD Zen 2.

Meski begitu, alih-alih menggunakan 8-core seperti di PS5, AMD Zen 2 di Valve Steam Deck hanya punya 4 inti dengan 8 thread. Sebagaimana dikutip dari PC Gamer, AMD Zen 2 punya arsitektur yang mirip dengan prosesor AMD Rzyen 3000.

GPU yang digunakan pun masih dari AMD. Teknologi GPU yang dimaksud disebut sebagai AMD RDNA 2. Memanfaatkan RDNA 2, Valve Steam Deck dibekali dengan 8 Compute Unit dengan total 512 inti. Jumlahnya memang tidak semasif Xbox Series S yang dibekali 20 RDNA 2 CU, tetapi tenaga yang dimiliki Valve Steam Deck dijamin cukup untuk menjalankan game dalam resolusi 720p tanpa masalah yang terlalu berarti.

Spesifikasi RAM dari Valve Steam Deck juga impresif, yakni 16GB LPDDR5 dengan 5.500MT/s. RAM seperti ini punya bandwidth yang sangat besar untuk kebutuhan gaming konsol.

Sebagaimana yang bisa kamu lihat di tabel nantinya, bakal ada tiga kapasitas penyimpanan yang disediakan. Ketiganya adalah 64GB, 256GB, dan 512GB.

Menariknya, jenis memori yang digunakan berbeda antar model. 64GB menggunakan eMMC. Sementara itu, model 256GB dan 512 GB menggunakan NVMe SSD. Di atas kertas, kecepatan baca data SSD jauh lebih tinggi ketimbang eMMC. Oleh karena itu, bagi kamu yang pengin beli perangkat ini, disarankan untuk membeli versi 256GB hingga 512GB.

Baca juga :  Pengembangan Berbagai Format Media BK

Oh ya, Valve Steam Deck juga mendukung kartu microSD “High Speed” hingga 512GB.

Baterainya sendiri dikatakan setara 40Whr. Meski begitu, daya tahan baterainya tampaknya tidak akan terlalu baik. Menurut pihak Valve, Steam Deck hanya mampu memainkan game setidaknya 2 jam hingga 8 jam saja.

Baca juga: Restock, Ini Daftar Harga PS4 dan PS4 Pro di Indonesia

Berikut spesifikasi dari Valve Steam Deck:

Spesifikasi

Steam Deck

CPU

AMD Zen 2

Core count

4-core/8-thread

CPU clock speed

2.4-3.5 GHz

GPU Compute Units

8

GPU clock speed

1-1.6 GHz

RAM

16GB LPDDR5 @ 5.500MT/2 32-bit quad-channel

Storage

64GB eMMC / 256GB NVMe SSD / 512GB NVMe SSD

Display

7 inci LCD touch screen

Resolution

1.280 x 800

Refresh rate

60Hz

Audio

Stereo speakers, 3.5mm jack audio, dual mics, USB Type-C/Bluetooth

Connectivity

Wi-Fi, Bluetooth, USB Type-C with DisplayPort 1.4 support

Battery

40Whr

Size

298 x 117 x 49mm

Bobot

669 gram

Harga Valve Steam Deck

Valve Steam Deck sendiri baru akan dirilis pada Desember 2021 mendatang di Amerika Serikat. Masih belum diketahui, apakah produk tersebut akan masuk secara resmi ke Indonesia. Meski begitu, menarik untuk mengetahui harga dari konsol handheld itu sendiri:

Valve Steam Deck 64GB: 399 dollar AS atau sekitar Rp6 juta.

Valve Steam Deck 256GB: 529 dollar AS atau sekitar Rp8 juta.

Valve Steam Deck 512GB: 649 dollar AS atau sekitar Rp9,5 juta.

Baca juga: Ini Beda PS4 Pro vs PS4 Slim

Nah, setelah melihat spesifikasi dan harganya, apakah kamu tertarik untuk membeli Valve Steam Deck?

#Ini #Dia #Spesifikasi #dan #Harga #Konsol #Valve #Steam #Deck

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.