Harga Cengkeh Melambung Tinggi Mencapai Rp157.000/Kg

Kesehatan – Cengkih (Syzygium aromaticum, syn. Eugenia aromaticum), dalam bahasa Inggris disebut cloves, adalah kuncup bunga kering beraroma dari keluarga pohon Myrtaceae.

Cengkih adalah tanaman asli Indonesia, banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, dan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia.

Cengkih ditanam terutama di Indonesia (Kepulauan Banda) dan Madagaskar; selain itu juga dibudidayakan di Zanzibar, India, dan Sri Lanka (wikipedia).

Pertumbuhan Cengkeh di Indonesia

Pertumbuhan pohon cengkeh membutuhkan iklim tropis lembab atau subtropis dengan curah hujan sebesar 2.332 mm/tahun.

Pohon cengkeh dapat ditanam pada daerah yang jauh dari laut dan memiliki ketinggian 0 – 1500 m diatas permukaan laut Pohon cengkeh dapat tumbuh optimum pada suhu di sekitar 20-30 derajat Celcius.

Pohon cengkeh ditumbuhkan baik secara vegetatif lewat stem batang maupun generatif lewat biji. Kultivasi cengkeh tidak disarankan dilakukan pada tanah berpasir.

Harga Cengkeh Per kg

cengkeh kering

Harga sejumlah komoditas perkebunan rata-rata produksi Sumtera Utara, harga cengkeh bunga kering naik dari Rp155.000 per kg menjadi Rp157.000 per kg.

“Harga karet lump mangkok naik dari Rp9.700 per kg menjadi Rp9.800 per kg,” tulis Kepala Dinas Perkebunan Sumatera Utara Herawati, dalam laporan Perkembangan Harga Komoditas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara

Komoditas lain yang juga membukukan kenaikan harga meski tipis adalah tembakau burley dari Rp30.000 per kg menjadi Rp32.500 per kg dan pinang biji kering dari Rp20.000 per kg menjadi Rp20.500 per kg.

Sedangkan, harga komoditas yang turun adalah kopi robusta green bean dari Rp28.000 per kg menjadi Rp27.000 per kg. Gula merah aren dari Rp25.000 per kg menjadi Rp23.500 per kg.

Harga kakao biji kering fermentasi turun dari Rp35.000 per kg menjadi Rp33.000 per kg. Harga kemiri kupas menyusut dari Rp46.000 per kg menjadi Rp44.000 per kg.

Sementara itu, komoditas lain yang harganya stagnan, meliputi kopi arabika green bean, harganya bertahan di posisi Rp70.000 per kg, tandan buah segar kelapa sawit bertahan di level Rp1.490,73 per kg.

Cengkeh bunga basah bertahan di level Rp35.000 per kg, tembakau virginia basah Rp5.000 per kg.

Harga gula merah tebu Rp16.500 per kg, gula pasir lokal Rp12.000 per kg, minyak nilam Rp580.000 per kg, pinang biji basah Rp5.500 per kg, kelapa Rp5.000 per buah, gula kelapa Rp15.000 per kilogram.

Manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh:

Khasiat Minyak Cengkeh

1. Melindungi dari kanker

Cengkeh diperkaya oleh antioksidan eugenol untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang bisa memicu perkembangan kanker.

Cengkeh juga mengandung vitamin C sebagai antioksidan untuk membantu menetralisir radikal bebas.

Kekuatan antioksidan dalam cengkeh bahkan dilaporkan lima kali lebih efektif daripada vitamin E dan jenis antioksidan lainnya.

2. Membunuh bakteri penyebab penyakit

Cengkeh memiliki sifat antibakteri yang mampu menghentikan infeksi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial cengkeh efektif membunuh bakteri E. coli yang dapat menyebabkan kram perut, diare, hingga kelelahan.

Cengkeh juga membantu menjaga kesehatan mulut dengan menghentikan pertumbuhan dua jenis bakteri penyebab plak gigi dan penyakit gusi (gingivitis).

3. Meningkatkan kesehatan hati

Tak hanya melindungi tubuh dari kanker, eugenol dalam cengkeh dapat membantu meningkatkan kesehatan hati.

Sebuah penelitian hewan yang dilakukan pada tikus melaporkan bahwa minyak cengkeh dapat meningkatkan fungsi hati dan mengurangi peradangan.

4. Menjaga kesehatan tulang

Pengeroposan tulang dapat meningkatkan risiko mengalami osteoporosis. Nah, sebuah penelitian melaporkan bahwa senyawa aktif dalam cengkeh terbukti membantu menjaga dan meningkatkan kepadatan massa tulang.

Kandungan mangan dalam cengkeh juga membantu proses pembentukan tulang, dan sangat penting bagi kesehatan tulang.

5. Mengobati sakit maag

Sakit maag paling sering disebabkan oleh penipisan lendir lambung yang dipengaruhi oleh beragam faktor, seperti stres dan infeksi.

Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa minyak esensial cengkeh dapat meningkatkan produksi lendir lambung yang berfungsi sebagai penghalang efek asam lambung, sekaligus mencegah erosi pada dinding lambung akibat cairan asam lambung

6. Mengendalikan kadar gula darah

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam cengkeh dapat membantu mengendalikan gula darah.

Penelitian lain mengamati efek ekstrak cengkeh dan nigericin, senyawa yang ditemukan di cengkeh, baik pada sel otot manusia maupun pada tikus dengan diabetes.

You May Also Like

megazio [Harja Group]

About the Author: megazio [Harja Group]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.