Harga Buah Ciplukan, 12 Manfaat Buah Ciplukan bagi Kesehatan - Megazio Kesehatan
close

Home / Kesehatan

Senin, 27 Januari 2020 - 14:24 WIB

Harga Buah Ciplukan, 12 Manfaat Buah Ciplukan bagi Kesehatan

Dulu buah ceplukan atau ciplukan dianggap ecek-ecek alias tak bermanfaat. Maklum, tanaman ini dianggap tanaman liar. Belakangan, ceplukan mulai diburu. Bahkan, harganya selangit.

Buah ceplukan biasanya ditemukan tumbuh liar di lahan kosong. Meski sering diabaikan, buah satu ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, bahkan dipercaya bisa mencegah penyakit berbahaya.

Buah ciplukan di kampung saya di percaya sebagai obat penyembuhan tradisional seperti gatal-gatal maupun sawan bagi anak-anak(bahasa jawa).

Jika buah ceplukan ini sering diabaikan di Indonesia karena sangat mudah ditemukan. Sepertinya cemplukan justru sangat berharga bagi masyarakat luar negeri.

12 Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan

Buah ceplukan ini banyak dijual secara online, 70 gram buah ceplukan ini bisa dihargai sampai Rp100 ribuan.

1. Penyakit paru

Buah ceplukan juga bisa mengobati segala jenis penyakit paru, salah satunya kanker. Caranya dengan merebus buah ceplukan dengan 3-5 gelas air sampai mendidih

2. Influenza

Semua bagian tanaman ceplukan dipercaya mampu mengatasi penyakit influenza yang berbahaya. Kita hanya perlu memotong buahnya seukuran 3-4 cm lalu dikeringkan.

Baca juga :  9 Khasiat Madu buat Kecantikan Wanita dan Manfaat Madu Bagi Kesehatan

3. Diabetes Mellitus

Hampir sama dengan mengobati influenza, kita cukup mengambil buah ceplukan yang sudah dikeringkan secukupnya lalu rebus dengan dua gelas air sampai tersisa 1 gelas air.

4. Kaya vitamin A

Vitamin A sangat penting bagi fungsi penglihatan dan kesahatan kulit. Setiap hari manusia harus mendapat asupan vitamin A dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya.

5. Turunkan berat badan

Bagi seseorang yang sedang menjalani program diet, buah ceplukan bisa digunakan sebagai makanan sampingan yang tidak akan menambah lemak dalam tubuh.

6. Vitamin B kompleks

Vitamin B dalam tubuh bertindak untuk menjaga sistem saraf dan ini sangat diperlukan manusia setiap harinya.

7. Sumber vitamin C

Setiap hari manusia juga membutuhkan asupan vitamin C untuk pembentukan kolagen, mengontrol tekanan darah dan memperlancar aliran darah. Vitamin C juga sebagai anti-oksidan yang melindungi manusia dari radikal bebas.

8. Antioksidan

Ciplukan yang memiliki sifat antioksidan dipercaya menyembuhkan hepatitis, malaria, rematik, dermatitis, asma, bahkan kanker. Kandungan etanol yang terdapat di dalam buah ciplukan mengandung antioksidan yang sangat tinggi.

Baca juga :  Li Wenliang, Dokter 'Whistle Blower' yang Meninggal Tertular Virus Corona

9. Baik untuk Wanita Hamil

Zat besi sangat baik untuk wanita yang sedang hamil. Biji-bijian, sayuran hijau, buah-buahan kering mengandung zat besi yang sangat baik untuk wanita hamil. Mengonsumsi buah ciplukan setiap hari dapat memenuhi kebutuhan zat besi pada wanita hamil.

10. Melindungi Hati dan Ginjal dari Fibrosis

Fibrosis adalah kondisi di mana terjadi kerusakan atau terganggunya fungsi organ seperti hati dan ginjal. Ciplukan dengan berbagai nutrisi, mineral, vitamin, protein, zat besi, serta kalsium dapat membantu melindungi hati dan ginjal dari fibrosis.

11. Membantu Kesehatan Otak

Sifat antioksidan serta vitamin C yang terkandung dalam buah ciplukan dapat membantu menghilangkan penumpukan plak di jalur kognitif otak.

12. Menghilangkan Rematik

Kandungan yang terdapat dalam buah ciplukan dapat membantu Anda menghilangkan nyeri radang sendi atau rematik. Buah ciplukan dapat meningkatkan aliran darah ke daerah yang nyeri sehingga meningkatkan fleksibilitas sendi dan mengurangi rasa sakit

Share :

Baca Juga

Berita Daerah

Mewabah di Puluhan Negara, Warga Natuna Ingin Karantina Corona Dipindahkan

Kesehatan

Gusi Bengkak dan Cara Mengobatinya dengan Antibiotik untuk Gusi Bengkak

Kesehatan

Cara Menghilangkan Kutu Dengan Garam dan Minyak Kelapa

Dunia Berita

Ombudsman Minta Pekerja Tiongkok Dilarang Masuk RI Terkait Virus Corona

Dunia Berita

Ade Rai Perlihatkan Video Aria Transformasi Menjadi Kurus

Dunia Berita

Harga Buah Seri Bernilai Tinggi Perkilo Mencapai 400 Ribu

Kesehatan

9 Khasiat Madu buat Kecantikan Wanita dan Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Kesehatan

7 Tanda-tanda Gejala Diabetes Menyerang Tubuh diantara Lelah dan Haus [ Foto diabetes ]