close

Gempa Magnitudo 4,4 Guncang Kota Sabang Aceh

Gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo (M) 4,4, mengguncang Kota Sabang, Provinsi Aceh, Kamis 18 Juni 2020, sekira pukul 17.56 WIB.

Gempa susulan kembali sedikitnya empat kali atau terakhir pukul 18.52 WIB. Gempa tersebut tidak berpotensi Tsunami.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Edison Kurniawan menerangkan, hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi itu berkekuatan M 4,4.

Episenter terletak pada koordinat 5.62 Lintang Utara dan 95.28 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 30 kilometer Barat Daya Kota Sabang Aceh pada kedalaman 16 kilometer

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal, akibat aktifitas sesar aktif, sistem sesar Sumatera pada segmen Aceh,” kata Edison Kurniawan kepada Okezone, Kamis (18/6/2020).

Edison Kurniawan menjelaskan, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Sabang III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbuh Edison Kurniawan.

Sumber : camping

You May Also Like

Avatar

About the Author: Jurnal Abadi

Jurnalis warga yang bergabung secara sukarela tanpa pamrih, dengan tujuan memberikan informasi yang berguna bagi seluruh pembaca berita online tanpa hoax dan ujaran kebencian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.