Fungsi Vitamin E Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Ada banyak jenis vitamin yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Mulai dari vitamin A, vitamin C, E, K, B1, B3, dan lainnya. Masing-masing vitamin memiliki fungsi dan manfaatnya sendiri bagi tubuh manusia. Salah satu vitamin yang penting adalah vitamin E.

Vitamin E bisa ditemukan dalam minyak sayur, sayuran hijau seperti bayam atau makanan seperti kacang dan telur.

Manfaat vitamin E bagi tubuh

1. Antioksidan

Manfaat vitamin E ini akan melindungi tubuh dari kerusakan sel, jaringan, maupun organ tubuh yang diakibatkan paparan radikal berbas. Antioksidan juga berfungsi mencegah terjadinya penuaan diri serta menurunkan risiko penyakit yang berhubungan dengan pertambahan usia.

2. Menguatkan sistem imun

Sistem imun yang kuat akan menurunkan risiko Anda terkena infeksi virus maupun bakteri. Manfaat vitamin E yang satu ini juga mendatangkan efek lain, berupa meingkatnya aktivitas antarsel sehingga metabolisme tubuh berjalan dengan normal.

3. Melancarkan peredaran darah

Konsumsi vitamin E akan memudahkan tubuh menyerap vitamin K yang membantu memperlancar produksi sel darah yang baru. Selain itu, vitamin E akan melebarkan pembuluh darah sehingga mencegah terjadinya penggumpalan darah di sepanjang salurannya.

4. Menyembuhkan luka

Vitamin E juga memiliki efek yang baik ketika seseorang mengalami luka. Vitamin E berfungsi untuk menyembuhkan luka dengan cepat dan meregenerasi jaringan ekstra sel yang rusak atau hilang.

 5. Mengatur aktivitas enzim

Vitamin E membantu tubuh mengatur aktivitas enzim, salah satunya berkaitan dengan pertumbuhan otot polos. Zat dalam vitamin E mengatur pertumbuhan otot polos agar tidak merugikan tubuh.

You May Also Like

megazio [Harja Group]

About the Author: megazio [Harja Group]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.