DOHC dan SOHC, Apa Sih Perbedaannya?

  • Bagikan

Megazio.com – merupakan situs tempat mencari lowongan pekerjaan se-Indonesia. Kali ini mimin akan membahas tentang dunia kerja terupdate yang kalian butuhkan dikota anda

Pada saat ingin membeli mobil, pastinya kita sering melihat di bagian spesifikasi mesin mengenai DOHC dan SOHC. Kita sebagai pembeli tentunya bingung harus memilih tipe mesin yang mana bukan? Nah di artikel kali ini kami akan membahas mengenai apa sih perbedaan DOHC dan SOHC. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini:

Perbedaan SOHC dan DOHC pada mesin mobil

1. Camshaft

Perbedaan pertama ada di bagian camshaftnya. Di mesin SOHC sendiri hanya menggunakan camshaft tunggal beda dengan DOHC yang menggunakan camshaft ganda.

Tentunya DOHC lebih unggul dikarenakan memiliki camshaft ganda yang artinya performa mesin bisa lebih maksimal.

Baca juga: 7 Penyebab RPM Mobil Tidak Stabil, Simak Solusinya Disini!

2. Katup atau klep

Di mesin SOHC dan DOHC sebenarnya sama untuk jumlah katup yang digunakan sudah pasti berjumlah genap. Namun yang membedakannya adalah cara kerja buka tutup katup tersebut.

Pada mesin SOHC katup memiliki durasi buka tutup tersendiri dikarenakan hanya memiliki satu camshaft saja.

Beda halnya dengan mesin DOHC yang menggunakan camshaft ganda yang memungkinkan proses buka tutup pada katup berjalan lebih sempurna.

3. Efisiensi bahan bakar

Untuk urusan efisiensi bahan bakar tentunya mesin DOHC lebih boros jika dibandingkan dengan mesin SOHC.

Hal ini dikarenakan penggunaan 2 camshaft memakan cukup banyak bahan bakar. Beda halnya dengan mesin SOHC yang hanya menggunakan camshaft tunggal.

Baca juga: Ternyata Ini Penyebab Mobil Brebet Saat Di RPM Rendah!

Mana yang harus dipilih SOHC atau DOHC?

Melalui 2 perbedaan diatas tentunya mesin DOHC lebih unggul jika dibandingkan dengan mesin SOHC. Kinerja mesin bisa lebih maksimal saat menggunakan camshaft ganda.

Namun biasanya mesin DOHC hanya ada di mobil-mobil keluaran baru, jika budget kalian tidak cukup jangan khawatir pilihan mobil yang menggunakan mesin SOHC juga tetap bisa kalian pertimbangkan kok.

Terlepas dari hanya memiliki satu camshaft saja performa mobil yang menggunakan mesin SOHC tetap terjaga dan stabil sampai saat ini.

 

Berikan proteksi pada mobil kesayangan kalian

asuransi mobil murah

Pastikan mobil baru kalian terlindung dari segala biaya resiko kerusakan dengan asuransi! Seluruh  biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh produk asuransi mobil all risk! Selain itu juga kalian bisa menggunakan asuransi TLO (Total Loss Only) jika ingin premi dengan biaya yang lebih murah! Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil terbaik dan terpercaya hanya di Cekpremi!

 

 

Sumber Sumber Asli

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *