Dexamethasone Obat Corona: Untuk Pasien Kritis, Gejala Ringan Belum Terbukti - Megazio

Home / Berita Daerah / COVID-19 / Kesehatan

Kamis, 18 Juni 2020 - 20:30 WIB

Dexamethasone Obat Corona: Untuk Pasien Kritis, Gejala Ringan Belum Terbukti

World Health Organization (WHO) menyambut baik temuan awal penggunaan obat corona dexamethasone untuk mengobati pasien Covid-19 yang berada dalam kondisi kritis.

Mengutip situs resmi WHO, Rabu (17/6/2020), untuk pasien yang menggunakan ventilator pengobatan ini dikatakan terbukti mengurangi tingkat mortalitas sebanyak sepertiganya.

Di penelitian itu, obat ini mengurangi sepertiga kematian pasien yang menggunakan ventilator, dan seperlima kematian pasien dengan bantuan oksigen.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menyambut hasil uji klinis tersebut. Disebutkan bahwa manfaat obat dexamethasone ini hanya terlihat pada pasien sakit parah dengan virus Corona COVID-19. Studi tidak mengamati pada pasien Corona dengan penyakit ringan.

1. Harga

Dikutip dari CNN Internasional, harga dexamethasone per strip adalah US$ 8 atau setara dengan Rp 112.000 (kurs Rp 14.000) di situs GoodPx atau startup telemedicine di Amerika Serikat.

Platform GoodPx juga mengklaim rata-rata harga dexathasone di tokon lain dijual mencapai US$ 46,9 per strip atau sekitar Rp 656.600 (kurs Rp 14.000).

2. Fungsi Obat

Menurut Influencer kesehatan sekaligus spesialis jantung dr Vito A Damay, SpJP(K), Mkes, FIHA, FICA, FAsCC dari Siloam Hospital Lippo Village pada dasarnya obat tersebut digunakan untuk mengatasi reaksi peradangan, seperti keluhan gatal, nyeri, kemerahan.

Baca juga :  Polisi Tembak Mati Pengedar 10,1 Kg Sabu dan 5.500 Butir Ekstasi di Medan Jaringan Internasional

“Kenapa sering dipakai? Umumnya pasien ke dokter itu karena ada keluhan gatal, nyeri, kemerahan… itu adalah reaksi normal dari peradangan. Jadi entah karena infeksi, alergi, atau sebab lain reaksi itu dalam kadar tertentu akan muncul. Bayangkan, pasien tentu ingin keluhan cepat hilang. Nah dexamethason ini menurunkan reaksi tubuh kita terhadap reaksi radang,” terngnya kepada detikcom, Rabu (17/6/2020).

3. Efek Samping

Obat Dexamethasone termasuk dalam golongan obat keras sehingga hanya boleh dibeli menggunakan resep dokter. Pasalnya, obat tersebut bisa menimbulkan efek samping, berupa tekanan darah naik, gula darah naik, daya tahan tubuh menurun, hingga tulang keropos bila digunakan dalam jangka panjang.

“Yang jelas mesti resep dokter, dokter pun mesti hati-hati memberikan,” ungkap Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH.

Selain itu, obat dexamethasone juga bisa menyebabkan gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, tenggorokan, lemas hingga penglihatan kabur.

Share :

Baca Juga

Berita Daerah

Koleksi Foto Kwon Yuli, Viral Menjadi Stiker Favorit WhatsApp

Berita Daerah

Buwung Puyuh Viral, Keajaiban di Balik Anti-Jokes ala wung ape tu man?

Kesehatan

Persentasi Kesembuhan Virus Corona Sertiap Negara (COVID- 19)

Berita Daerah

Situs Nonton Film Streaming Movie LayarkacaXXI dan Ganool Terlengkap

Berita Daerah

Info CPNS 2020, Lulus Passing Grade (PG) SKD Belum Tentu Lanjut ke SKB

Berita Daerah

Pengusaha Kaya Bernama Kakek Solohabib hasan mulachela Bagi Beras Melawan Corona

Berita Daerah

496 ODP Covid-19 di Sumut, Terbanyak di Simalungun, Labuhanbatu?

Berita Daerah

Vanessa Terjerat Narkoba, Fakta Terbaru Kasus Narkoba Vanessa Angel dan Bibi