Dampak Corona, Ketua Komisi X: UN 2020 SMA, SMP, SD dan Madrasah 2020 Ditiadakan - Megazio

Home / Berita Daerah / Ruang Guru / Viral

Selasa, 24 Maret 2020 - 07:34 WIB

Dampak Corona, Ketua Komisi X: UN 2020 SMA, SMP, SD dan Madrasah 2020 Ditiadakan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Komisi X DPR RI menggelar rapat bersama melalui video conference pada Senin (23/3/2020) malam.

Rapat tersebut membahas berbagai persoalan pendidikan di ujung masa akhir tahun pelajaran di tengah ancaman wabah virus Corona atau Covid-19.

Saat ini tengah dikaji berbagai opsi ujian bagi siswa sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan kelulusan siswa, termasuk menggunakan nilai raport.

DPR diwakili pimpinan Komisi X (bidang pendidikan) dan pemerintah diwakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim di Jakarta.

Keputusan diambil dalam rapat ‘konsultatif’ yang digelar secara daring. Pimpinan DPR dan menteri berada terpisah, di rumah masing-masing.

DARING MEETING: barusan selesai Rapat Daring dengan Mendikbud dan Jajaran; salah satu yang kita sepakati; Ujian Nasional (UN) SD, SMP dan SMA Ditiadakan,” tulis Syaiful Huda.

Dari rapat konsultasi via daring (dalam jaringan atau online) antara anggota Komisi X dan Mendikbud Nadiem Makarim maka disiapkan berbagai opsi untuk menentukan metode kelulusan siswa salah satunya dengan nilai kumulatif dalam raport,” kata Ketua Syaiful Huda , Senin malam (23/3/2020).

Baca juga :  Para Istri Harus Tahu, Istri Selingkuh Tidak Akan Mencium Bau Surga

Dia menjelaskan, rapat konsultasi menyepakati yang digelar Senin malam menyebutkan bahwa pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dari tingkat SMA, SMP, hingga SD ditiadakan. Kesepakatan ini didasarkan atas penyebaran Covid-19 yang kian masif.

Padahal jadwal UN SMA harus dilaksanakan pekan depan. Pun begitu dengan UN SMP serta SD yang harus dijadwalkan paling lambat akhir April mendatang.

Penyebaran wabah Covid-19 diprediksi akan terus berlangsung hingga April, jadi tidak mungkin kita memaksakan siswa untuk berkumpul melaksanakan UN di bawah ancaman wabah Covid-19 sehingga kami sepakat UN ditiadakan,” ujarnya.

Sebagai pengganti UN, pemerintah memutuskan akumulasi nilai rapor peserta UN akan jadi rujukan kelulusan.

Sementara hasil UN SMK yang telah digelar selama empat hari, mulai Senin 16 hingga Kamis 19 Maret 2020 pekan lalu tetap akan dijadikan standar kelulusan.

Opsi meniadakan UN untuk sekolah menengah, dasar dan madrasah hanya akan diambil jika pihak sekolah menjamin mampu menyelenggarakan USBN dalam jaringan (daring).

Share :

Baca Juga

Berita Daerah

Karena Ulah Netizen Indonesia, Kata Pelakor Viral di Korea

Berita Daerah

Video Almira Taraktakdung Menjadi Viral di Media Sosial

Streaming

Video Viral Kevin Tiktok Ikut Ajang Take Me Out

Berita Daerah

Doa Agar Utang Anda Cepat Lunas Seketika dan Tanpa Masalah..

Berita Daerah

Lowongan Kerja Medan Terbaru dari Galva Group Maret 2020

Berita Daerah

Minuman Viral 2020: Cara Mudah Membuat Dalgona Coffee

Bloger

Download Lagu Marhaban ya Ramadhan tiktok

Berita Daerah

Persyaratan Internet Banking: Cara Mendaftar Internet Banking di Kantor Cabang BRI