Cipayung Medan Pertanyakan APBD Pemko Medan Tahun 2019 - Megazio

Home / Berita Daerah

Rabu, 29 Januari 2020 - 19:14 WIB

Cipayung Medan Pertanyakan APBD Pemko Medan Tahun 2019

Medan, Peserta Kelas Anggaran I yang diadakan Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Sumut dan Kelompok Cipayung, di Aula BITRA Indonesia, Rabu (29/1/2020).

Cipayung mempertanyakan soal Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah (TAPD) tahun 2019 yang ada di website resmi milik Pemko Medan.

Pasalnya, saat dilakukannya bedah APBD 2019 milik Pemko Medan, ditemukan ada 4 anggaran instansi yang tidak dapat diketahui berapa jumlah anggarannya.

Dimana keempat instansi tersebut (Dinas Pencegahan dan Kebakaran, Kec. Medan Barat, Kec. Medan Johor, Kec. Medan Maimun), penggunaan anggarannya tidak dapat diakses melalui TAPD di website resmi milik Pemko Medan.

“Ada apa ini dengan TAPD Pemko Medan ini? Katanya tranparansi, tapi kenapa penggunaan anggaran dari keempat instansi ini (Dinas Pencegahan dan Kebakaran, Kec. Medan Barat, Kec. Medan Johor, Kec. Medan Maimun) tidak dapat diakses?,” sebut Komisaris GMNI UNPRI, Roiman Simalango.

Kemudian Hardiansyah Tanjung dari HMI MPO cabang Medan menambahkan bahwa hal tersebut pun diperparah dengan lampiran rincian APBD milik Kec. Medan Barat.

Dimana saat di klik pada Kec. Medan Barat dalam TAPD di website milik Pemko Medan, maka yang keluar adalah rincian APBD milik Kec. Medan Tembung.

“Hal ini jelas masih menunjukkan bahwa Pemko Medan belum sepenuhnya tranparan kepada masyarakat.

Apalagi terkait dengan APBD yang mereka kelola, Ada apa sebenarnya dengan data-data tersebut,” papar Hardiansyah.

Lebih jauh dikatakannya bahwa pihaknya sangat bersemangat dalam mengikuti kelas anggaran yang diadakan oleh FITRA Sumut ini.

Dimana mereka bisa belajar mencari dan mengumpulkan data dari website, sehingga dapat mengetahui bagaimana proses penganggaran itu dibahas dan disahkan oleh pihak Eksekutif dan Legislatif.

Baca juga :  Reemar Martin Biodata, TikTok Influencer yang Cantik Menawan

“Bagaimana tahapan penganggaran itu dilakukan, dan yang penting bagi kami sebagai mahasiswa, kami pun ingin mengambil peran dalam melakukan pengawasan.

Dan salah satunya dengan melakukan tracking anggaran APBD 2019 milik Pemko Medan yang sudah berjalan.

Namun sayangnya, data yang disajikan dalam website resmi Pemko Medan itu sendiri juga tidak lengkap,” jelasnya.

Untuk diketahui, FITRA Sumut mengawali tahun 2020 ini dengan melakukan gerakan Literasi anggaran yaitu menularkan semangat anti korupsi dengan melakukan pendidikan kelas anggaran, bagaimana proses APBD disahkan, dan bagaimana masyarakat bisa mengambil peran dalam pengawasan.

 “Selanjutnya kami akan menyusun rencana tindak lanjut dari kelas anggaran yang kami lakukan selama tiga hari sampai 30 Januari 2019 nanti.

Dan salah satunya adalah melakukan audensi dengan Pemko Medan soal bagaimana data yang disajikan dalam website Pemko Medan tidak lengkap,” jelas Koordinator Advokasi dan kajian Hukum, Siska Barimbing.

Malah pada pengalaman sebelumnya, jelas Siska, saat FITRA Sumut menyampaikan jumlah anggaran milik Dinas Kesehatan dimana data yang diambil dari website tersebut dibantah oleh salah seorang staf Bappeda Pemko Medan Sehingga FITRA pun mempertanyakan terkait akan kesahihan data-data yang di website.

Adapun peserta Kelompok Cipayung Medan yang ikut dalam Kelas Anggaran I FITRA Sumut, antara lain GMNI Cabang Medan, HMI MPO Cabang Medan, GMKI Cabang Medan, dan PMKRI Cabang Medan.

Dimana fokus kajian yang dilakukan ialah mengenai proses penganggaran daerah dan analisis APBD Kota Medan. Dan kegiatan pun dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut, mulai dari tanggal 28-30 Januari 2019.

Share :

Baca Juga

Berita Daerah

Jangan Khawatir, 10 Pekerjaan ini tidak Akan tergantikan Oleh Robot

Berita Daerah

Kumpulan Film Layarkaca21, Indoxx1 | Website Nonton Streaming Film Online Cinema 21, Cinema XXI, 21 Cineplex

Berita Daerah

Olahan Makanan dari Pisang Goroho Cokelat Keju

Berita Daerah

Kumpulan Film Indoxxi dan Lk21 Semi Streaming Subtitle Indonesia

Berita Daerah

Warga Temukan Bangunan Candi di Dieng di Galian Septic Tank

Berita Daerah

Kumpulan Situs Download Film Gratis Layarkaca21, FilmApik, Bioskopkeren, dan DuniaFilm21

Berita Daerah

Download FaceApp: Aplikasi Yang Lagi Viral Merubah Wajah

Berita Daerah

Download Video Menjaring Matahari – Ebiet G. Ade (Video Lirik) | Adlani Rambe [Live Cover]