Cek, Inilah 6 Asuransi Covid yang Menanggung Biaya Isolasi Mandiri

  • Bagikan

Asuransi Covid-19 yang bisa menanggung biaya perawatan baik di rumah sakit maupun saat isolasi mandiri (Isoman) banyak dicari masyarakat. Di tengah lonjakan kasus penularan virus, asuransi Covid bisa menjadi solusi finansial untuk membantu biaya perawatan, termasuk membeli obat-obatan dan vitamin.

Inilah Asuransi Covid yang Menanggung Biaya Isoman

Inilah Asuransi Covid yang Menanggung Biaya Isoman (Foto:123rf.com)
Inilah Asuransi Covid yang Menanggung Biaya Isoman (Foto:123rf.com)

1. Prudential

Prudential menjadi salah satu asuransi Covid-19 yang menanggung biaya isolasi mandiri. Merujuk website resmi Prudential, mulai 28 Juni 2021 sampai 30 September 2021, perusahaan asuransi ini memberikan kebijakan khusus terkait klaim isolasi mandiri akibat Covid-19. 

Ketentuannya sebagai berikut:

Klaim hanya berlaku untuk isolasi mandiri mulai 28 Juni 2021 sampai dengan 30 September 2021. Selama masa waktu tersebut, total klaim yang akan dibayarkan Prudential maksimal Rp10 miliar. Artinya, jika sudah mencapai batas itu, klaim kamu tidak akan diproses.

Klaim berlaku untuk nasabah dengan manfaat PRUSolusi Sehat, PRUPrime Healthcare dan PRUPrime Healthcare Plus (tidak termasuk Plan Cermat) konvensional maupun syariah dengan status aktif dan sudah melewati masa tunggu 30 hari. Kebijakan ini hanya berlaku di Rumah Sakit (RS) rekanan PRUMedical Network yang telah bekerjasama.

Daftar RS yang telah bekerja sama dapat dilihat di sini

Untuk membantu biaya isoman, maka Prudential akan membayarkan biaya isoman secara cashless (non-tunai) dengan maksimal pembayaran Rp5 juta. Jika melebihi Rp5 juta, maka kekurangannya akan ditagihkan langsung ke kamu. Klaim hanya berlaku satu kali untuk setiap tertanggung selama periode program. 

Cek link berikut ini untuk lebih jelasnya.

2. Sequis Life

Perusahaan asuransi yang juga memproteksi nasabahnya selama isolasi mandiri akibat Covid-19 adalah PT Asuransi Jiwa Sequis Life. Tidak seperti Prudential yang hanya memberikan pertanggungan untuk isolasi mandiri di RS rekanan, Sequis memberikan pertanggungan untuk kamu yang isolasi mandiri di fasilitas umum yang didukung pemerintah. Antara lain, gelanggang olahraga/wisma yang secara formal bekerja sama dengan pemerintah, hotel yang bekerja sama dengan pemerintah dan/atau rumah sakit, juga tempat lain yang memenuhi kriteria.

Baca juga :  5 Ban Mobil MPV Terbaik untuk Pemakaian Harian

Syarat klaim asuransi covid Sequis Life: 

1. Telah didiagnosis positif Covid-19 dengan bukti surat keterangan dokter yang menjelaskan gejala, hasil pemeriksaan fisik, hasil PCR Swab Test positif covid-19

2. Isolasi harus dilakukan 14 hari kalender sejak didiagnosa positif covid-19, dan/atau tanggal pertama kali pemeriksaan PCR swab test positif.

3. Surat rujukan dokter untuk melakukan isolasi dan perkiraan lama isolasi dibutuhkan.

Sequis akan membayarkan biaya rawat inap sesuai plan asuransi yang dimiliki maksimal 14 hari dan berlaku untuk diagnosa COVID-19 dengan penyakit penyerta apapun. Obat-obatan yang dibeli di luar rumah sakit yang diresepkan melalui telekonsultasi rumah sakit juga ditanggung.

Sedangkan untuk laboratorium, yang ditanggung hematologi rutin/lengkap, SGOT, SGPT, Ureum, Creatinin, D-Dimer, CRP, urine lengkap, thorax (Rontgen, CT. MSCT, MRI). Bila biaya kamar harian lebih tinggi maka ketentuan prorata/co-payment tetap berlaku. Program ini berlaku hingga 31 Juli 2021. 

Cek tautan ini untuk jelasnya. 

3. FWD 

Asuransi FWD juga menawarkan manfaat khusus pertanggungan isolasi mandiri akibat Covid-19. Untuk nasabah individu hanya berlaku 1 – 28 Februari 2020. Sedangkan untuk nasabah Corporate Care berlaku 1 April 2021 sampai 30 September 2021.

Manfaat asuransi Covid akan diberikan untuk isolasi mandiri atau isoman di rumah, hotel, atau RS sesuai limit yang dimiliki. FWD juga akan mengganti biaya PCR test dan CT Scan yang dilakukan. Info lebih lanjut hubungi FWD Customer Care di 1500 525 atau cek di sini untuk detailnya. 

4. Allianz

Allianz juga memberikan pertanggungan biaya isolasi mandiri di fasilitas bukan rumah sakit yang ditunjuk oleh pemerintah maupun isoman di rumah. Pembayaran akan dilakukan dengan sistem reimbursement. 

Namun ingat, asuransi individu hospital cash plan tidak termasuk yang berhak klaim asuransi Covid-19 ini. Cek juga tanggal kuitansinya ya, karena hanya ditanggung untuk periode 29 Juni 2021-31 Juli 2021. 

Biaya yang dicover: 

Baca juga :  Akun Twitter @dcamacama Sebar Video Syur Mirip Syahrini

1. Biaya uji swab PCR dari awal sampai dinyatakan sembuh, maksimal Rp900.000 untuk setiap test.

2. Biaya konsultasi dokter dan biaya pemeriksaan diagnostik dan laboratorium lainnya.

3. Biaya obat, vitamin dan suplemen yang dibutuhkan secara medis

Lalu bagaimana dengan biaya kamar? Allianz mengecualikan biaya kamar dan akomodasi radi pertangungan asuransi. Selain itu, Allianz juga membatasi maksimal pembayaran klaim sebesar Rp15 miliar hingga 31 Juli 2021. Bila klaim telah mencapai Rp15 miliar sebelum periode program berakhir, maka pembayaran klaim tidak akan diproses. 

Cek selengkapnya di sini!

5. Panindai-ichilife

Panindai-ichilife juga memberi pertanggungan biaya isoman atau isolasi mandiri akibat Covid. Namun, website resmi perusahaan menyebut, pertanggungan ini hanya berlaku untuk periode 01 April – 31 May 2021. Oh ya, kebijakan ini hanya berlaku untuk rider Medical Benefit Series dan menggunakan cara reimburse. 

Klaim juga hanya hanya berlaku untuk isolasi mandiri yang dilakukan di rumah, fasilitas non-rumah sakit yang ditunjuk oleh pemerintah atau fasilitas non-rumah sakit yang ditunjuk dan bekerja sama dengan rumah sakit. Informasi selengkapnya hubungi Customer Care atau cek di sini untuk lebih tahu lebih banyak!

6. Manulife

Manulife Indonesia akan menanggung biaya isoman akibat Covid-19. Pertanggungan akan diberikan untuk biaya pemeriksaan dan biaya medis selama isolasi mandiri di rumah maupun di fasilitas selain rumah sakit sebesar maksimum Rp5 juta per orang. Dengan sistem reimbursement, pertanggungan diberikan tanpa masa tunggu. Pertanggungan juga diberikan untuk perawatan pasca vaksinasi dan jika terjadi komplikasi pasca vaksinasi COVID-19. 

Pertanggungan berlaku untuk seluruh polis aktif untuk tertanggung terdiagnosa positif COVID-19 pada periode 1 – 31 Juli 2021. Yang dapat perlindungan asuransi Covid adalah mereka yang memiliki Polis Manulife Prime Assurance (MPA) yang disertai asuransi tambahan Hospital Prime Care. Agar lebih paham cek syarat dan ketentuannya di sini!

#Cek #Inilah #Asuransi #Covid #yang #Menanggung #Biaya #Isolasi #Mandiri

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.