Cara Memulai Bisnis, Bisnis Kecil Untung Besar?


Langsung aja ke Tujuan awal.,

Berbisnis sekarang bukanlah hal yang tabu di masyarakat dan tidak melulu hanya orang tua saja yang identik dengan bisnis serta sukses dalam berbisnis.

Sekarang semua orang punya kesempatan atau chance yang sama. Bahkan Anak-anak muda masih belasan tahun sampai remaja mulai menggeluti bisnis sejak dini.

Bukannya karena disuruh orang tua mereka, namun karena inisiatif mereka sendiri. tak ayal sekarang banyak santer terdengar banyak pemuda-pemuda yang sukses di usia mudanya dan menghasilkan omset puluhan juta, ratusan juta, hingga milayaran.

Wow, fantastis sekali pasti kalau mendengar kisah anak-anak muda yang sukses, serasa membuat telinga kita jadi panas, dan membuat kita seakan-akan seperti butiran debu dan menganggap diri kita dan mereka dari dunia yang berbeda, padahal aslinya sama saja.

Seperti yang telah saya singgung diatas tadi, di era saat ini setiap anak muda punya kesempatan yang sama, yang membedakan adalah tindakan mereka.

Barangsiapa yang bersungguh-sungguh pasti akan sukses. Barangsiapa yang pintar memanfaatkan peluang dan konsisten pasti akan sukses. Harus selalu optimis dan percaya diri walau kita masih muda yang notabene masih kalah pengalaman dari orang-orang tua.

Nah, biasanya para anak-anak muda memulai bisnis mereka dari hal-hal kecil atau hobi yang mereka kuasai serta pahami, istilahnya yang nantinya tidak akan menggangu aktivitas belajar mereka kalau yang masih sekolah dan kuliah, serta tidak menganggu kantong mereka juga pastinya hehe.

Hal ini berbeda dengan para veteran atau orang-orang tua yang sudah banyak pengalaman hidup, mereka pasti paham kalau setiap usaha dan modal yang besar, maka hasilnya pasti besar.

Memang hal ini tidak dapat dipungkiri, ibarat siapa yang menanam banyak nanti dia jugalah yang akan memanen banyak. Tapi tahukan anda, kalau sebenarnya memang ada bisnis atau usaha modal kecil yang omsetnya besar bahkan berkali-kali lipat.

Percaya tidak percaya memang ada beberapa contoh bisnis atau usaha yang bermodalkan kecil tapi hasilnya besar. Langsung simak saja dibawah ini apa saja contoh usaha modal kecil untung besar paling hits saat ini;

1. Bisnis Kerajinan Tangan

Bisnis jenis ini merupakan bisnis yang sangat bergantung dengan kemampuan anda, dengan beralaskan rumah sendiri sebagai kantor, membuat bisnis ini sangat mudal dilakukan dan sangat santai dikerjakan di rumah.

Anda juga bisa meminta bantuan saudara atau tetangga anda yang sudah paruh baya untuk membantu anda di awal-awal buka. Kerajinan tangan mungkin sekarang sudah agak punah, namun tidak di luar Indonesia.

Ya, banyak sekali produsen produk kerajinan tangan justru meraup keuntungan yang teramat besar dengan go internasional atau menjualnya ke luar negeri. Karena disana produk kerajinan tangan sangat dihargai (homemade).

Terlebih lagi kalau produknya tidak berasal dari negaranya dan sesuatu yang baru atau fresh , apalagi homemade. Dijamin orderan membludak. Kenapa saya bilang menguntungkan sekali?

Kita bisa lihat dan bandingkan kurs rupiah dengan kurs mata uang negara lain yang kebanyakan lebih besar nilainya dari kurs rupiah pada saat ini.

Jadi mau kurang untung bagaimana lagi?, sudah modalnya minimalis, SDM based. Ditambah bisa dijual online dan Go-Internasional bisa dobel-dobel keuntungannya.

Oleh karena itu kerajinan tangan juga termasuk contoh usaha modal kecil untung besar yang sangat potensial.

2. Menjual Menu Sarapan Di Rumah

Bisnis jenis ini sekarang makin banyak digandrungi loh, disamping karena tempat jualannya di rumah yang mereka ditempati dan cuma keluar biaya untuk nasi, lauk-pauk, sayuran, serta air minum.

Dengan kata lain anda tidak perlu mengeluarkan biaya atau modal untuk sewa tempat. Ditambah lagi potensi bisnis dari jualan menu sarapan di rumah ini sangat potensial di era yang semuanya serba praktis dan cepat seperti sekarang ini.

Seperti yang kita ketahui, banyak pekerja kantoran yang berlomba-lomba dengan waktu kalau sudah pagi hari datang menjelang dan kebanyakan lebih suka sarapan di jalan.

Tak hanya itu, ketika saat bulan ramadhan tiba kalian juga bisa meraih angka penjualan yang fantastis pada saat sahur dan berbuka puasa. Karena pada saat ini orang-orang baik lebih suka makan diluar sambil menikmati suasan atau hanya sekedar cari angin apabila sedang suntuk di rumah.

Bayangkan saja, anda cuma keluar biaya untuk sekedar keperluan logistiknya saja. Tanpa sewa tempat dan iklan, hanya mengandalkan momentum pagi-malam, bulan puasa, serta hari-hari besar nasional lainnya. Tetapi bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

3. Bisnis Katering Kecil-Kecilan

Bisnis katering mungkin lagi laris-larisnya dalam beberapa tahun terakhir ini. Dikarenakan banyaknya permintaan, bahkan setiap ada acara resmi, acara pernikahan, adat serta syukuran kebanyakan memakai jasa katering.

Selain lebih praktis dan effisiensi waktu, harga yang ditawarkan terbilang cukup terjangkau dan tidak usah masak-masak lagi.

Jikalau anda mau buka usaha katering memang modalnya agak lumayan, maka dari itu buatlah dengan rasio kecil-kecilan. Jadi misal hanya melayani katering untuk acara berskala kecil misal acara ulang tahun, acara syukuran 10-20 orang, atau acara-acara keorganisasian.

Mungkin dalam segi branding akan kalah dengan bisnis katering normal, tetapi keuntungannya tetaplah besar. Ya sekarang tinggal balik ke anda sendiri mau lebih pilih branding atau untung.

Lagipula nantinya bisnis katering kecil-kecilan anda juga bisa berkembang lagi kalau sudah lancar dan bahkan mungkin saja mengalahkan usaha-usaha katering diluaran. Harus selalu positif kan kalau mau sukses hehe.

4. Bisnis Makanan Ringan

Merupakan bisnis yang paling murah meriah, kenapa? untuk anda yang sudah menggeluti bidang ini pasti akan berpikiran sama.

Bisnis makanan ringan ini modalnya sangat minimalis, potensi penghasilan besar karena bisa lakukan untuk penjualan dan pemasarannya di sela-sela sekolah dan kuliah mereka.

Untuk pemasarannya pun terbilang sangat mudah tinggal jual aja di sekolah kampus, atau kantor dan bisa juga dititipkan ke kantin sekolah, kantin kampus bahkan ke warung-warung dekat kantor.

Anggap saja anda berniat berjualan keripik singkong atau jajanan lainnya, untuk membuat 200 bungkus keripik, kamu membutuhkan 10 kg singkong.

Ditambah bahan-bahan lainnya, seperti garam, bawang putih, dan minyak, modal yang kamu perlukan bahkan tak sampai Rp 200 ribu. Namun, untuk keuntungan dan potensi dari bisnis makanan ringan ini terbilang besar dan tidak bisa dipandang sebelah mata.

5. Bisnis Barang Bekas

Bisnis barang bekas kalau saya boleh bilang seperti usaha UKM loak, dikarenakan lebih minimalis dari pasar loak itu sendiri, maka tidak jarang bisnis jenis ini juga bisa mendatangkan untung yang besar.

Namanya barang bekas pasti tidak semua orang suka, tetapi lain halnya kalau anda benar-benar tehimpit oleh kebutuhan, sebagai koleksi atau keinginan yang terlalu aggresif.

Enaknya di bisnis ini adalah bisa menjual segala macam produk atau barang, sehingga lebih mudah dalam pelaksanaannya.

Ditambah lagi anda juga bisa membuka bisnis ini di rumah anda. Artinya apa? modal yang anda keluarkan nyaris tidak ada tetapi jika barang-barang bekas anda laku maka potensi keuntungan anda benar-benar tidak terbatas.

Untuk usaha barang bekas juga sangat menguntungkan sekali jika anda bisa kembangkan menjadi jual-beli rongsokan nantinya. Walau namanya rongsokan tetapi potensi keuntungannya tidak bisa diremehkan, bisa anda buktikan sendiri kalau ada tetangga anda yang mempunyai bisnis serupa

megazio [Harja Group]

About the Author: megazio [Harja Group]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.