Cara Membuka Situs Terblokir dengan Cara Ganti DNS Server

Mengganti DNS Server memungkinkan anda mengakses internet dengan cepat dan juga membuka situs yang terblokir, Cara ini pada dasarnya memungkinkan anda memblokade situs dengan melibatkan penggunaan Google DNS dan OpenDNS untuk mengakses suatu situs.

Apa itu DNS?

DNS merupakan akronim dari Domain Name System yang merupakan sistem penamaan domain yang digunakan untuk mengubah nama domain menjadi alamat IP [internet protocol]. Nama domain ini bisa berupa angka atau numerik [alfanumerik] seperti megazio.com atau bapper.id.

Sebagai informasi tambahan, internet bekerja berdasarkan alamat IP, server DNS dan juga nama domain. Lalu mengembalikan alamat IP yang diminta bersama data-datanya kepada komputer klien atau pengguna.

Jika anda menggunakan DNS pastikan privasi DNSnya sudah terbukti. Karena dengan pengaturan default saja sudah tidak aman, apalagi dengan menggunakan DNS lain, terlebih untuk anda yang mengakses jaringan publik.

Cara mengkonfigurasi DNS Khusus IPv6:

Karena biasanya penggunaan alamat IPv6 sering meningkat, maka ada baiknya anda mengkonfigurasi server DNS iPv6 juga. Pada tahap ini, silahkan sorot internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6) lalu klik Properties.

Pilih alamat server DNS berikut ini

  • Server DNS yang dipilih: 2620: 0: cc :: 2
  • Server DNS alternatif: 2620: 0: ccd :: 2

Untuk mengkonfigurasi Google Public DNS di Windows maka anda tinggal ganti saja alamat tersebut dengan alamat IP DNS Server Google seperti langkah 6 diatas.

  • Untuk iPv4 : 8.8.8.8 dan/atau 8.8.4.4
  • Untuk IPv6: 2001 : 4860: 4860 :: 8888 dan/atau 2001: 4860: 4860 :: 8844

Penutup

Secara umum, openDNS dan GoogleDNS secara langsung dapat mengurangi waktu untuk mengurai nama domain sebuah situs sehingga bisa meningkatkan koneksi internet anda.

Perlu diketahui juga, cara ini tidak akan meningkatkan jumlah penggunaan data atau bandwith. Jadi, penggunaannya seperti penggunaan internet secara normal.

Cara ini juga bisa diandalkan dan mungkin lebih baik daripada kecepatan internet standar yang diberikan oleh ISP.

You May Also Like

megazio [Harja Group]

About the Author: megazio [Harja Group]