Cara Gadai Sertifikat Rumah Tanpa Survey 1 Hari Cair Pinjaman

  • Bagikan

Gadai sertifikat rumah adalah cara mudah mengajukan pinjaman dengan jaminan ke bank dan lembaga keuangan. Apa hal yang harus diperhatikan ketika menggadaikan sertifikat rumah agar bisa tanpa survey dan 1 hari cair ?

Pengajuan pinjaman bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya yang paling kerap adalah dengan menjaminkan rumah.

Tujuan bagi beberapa orang bisa berbeda-beda, bisa karena untuk memenuhi kebutuhan konsumtif misalnya membayar utang maupun produktif seperti merenovasi rumah, membangun rumah baru atau kontrakan.

Cara Gadai Sertifikat Tanah di Pegadaian

Inilah mengapa, memiliki rumah pribadi menjadi suatu keuntungan sendiri. Pasalnya menjaminkan alias menggadaikan sertifikat tanah sangat diperhitungkan oleh lembaga pembiayaan baik bank maupun non-perbankan.

Dibanding jenis investasi lainnya seperti emas, bank menilai properti sebagai jaminan paling berharga dan cepat disetujui permohonannya. Tak ayal, sejumlah bank berani memberikan pinjaman dengan jumlah besar kepada calon debitur dengan jaminan properti.

Produk pinjaman yang biasanya masuk ke dalam produk Kredit Multiguna perbankan ini menggunakan syarat jaminan berupa sertifikat rumah, ruko, rukan ataupun apartemen. Hampir semua bank mencairkan dana konsumtif sekitar 80 – 90% dari nilai agunan (harga properti).

Syarat Pengajuan Gadai Sertifikat Tanah / Rahn Tasjily Tanah di Pegadaian

Untuk mengajukan Rahn Tasjily Tanah, maka beberapa persyaratan harus dipenuhi dan juga disiapkan sebagai berikut:

  1. Sertifikat Tanah Asli yang akan digunakan sebagai jaminan. Pastikan nama yang tercantum di sertifikat sama dengan nama peminjam.
  2. Fotokopi KTP (termasuk milik suami/istri jika sudah menikah).
  3. Fotokopi Kartu Keluarga.
  4. Fotokopi Surat Nikah (jika sudah menikah).
  5. Surat keterangan domisili (jika ada).
  6. Fotokopi IMB (jika uang pinjaman atau marhun bih lebih dari Rp100juta).
  7. Fotokopi Pajak Bumi Bangunan (PBB).
  8. Surat Keterangan Usaha (SKU) untuk pengusaha mikro/kecil.
Baca juga :  Gelombang Ombak Air Laut, Proses Terbentuknya Gelombang Laut

Sistem Pola Angsuran

Yang menarik dari Rahn Tasjily Tanah Pegadaian, terdapat berbagai pola angsuran yaitu:

  1. Reguler, yaitu angsuran dibayar rutin tiap bulan dengan tenor 12, 18, 24, 36, 48, dan 60 bulan.
  2. Fleksi sekali bayar, yaitu angsuran dibayarkan sekali lunas setelah periode 3, 4, atau 6 bulan sesuai kemampuan.
  3. Berkala, yaitu pembayaran angsuran dilakukan berkala setiap beberapa bulan. Terdapat pilihan tiap 3, 4, atau 6 bulan yang bisa menyesuaikan kebutuhan. Tenornya sampai 36 bulan.

Sebelum Anda gadai sertifikat rumah dan mengajukan kredit dengan agunan, periksa 5 hal ini :

1. Lokasi Rumah Mumpuni

Jangan kira semua sertifikat rumah dapat dijadikan kredit dengan agunan. Pihak bank atau lembaga keuangan akan melakukan penilaian dulu, salah satu faktor penting adalah lokasi rumah tersebut. Jika rumah Anda terletak di lokasi rawan banjir, dekat dengan saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET), dekat dengan pemakaman, atau di gang sempit maka kemungkinan besar gadai sertifikat rumah Anda akan ditolak.

Maka dari itu, pastikan dulu lokasi rumah Anda mumpuni dan strategis, agar kemungkinan gadai sertifikat rumah Anda disetujui tinggi.

2. Aman dan Terpercaya

Banyak bank atau lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman dana dengan sertifikat rumah. Namun sebaiknya, sebelum Anda mengajukan pinjaman dengan sertifikat rumah, pastikan bank atau lembaga keuangan yang Anda pilih telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar lebih aman. BPR Universal telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, serta dikelola oleh tim yang profesional untuk sepenuhnya menjamin semua transaksi Anda aman.

Baca juga :  5 Langkah Mudah Daftar Kartu Prakerja Gelombang 11, Hati-hati Penipuan Situs prakerja.vip

3. Cermati Syarat yang Diminta

Setelah Anda memutuskan untuk gadai sertifikat rumah di bank, jelas ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dan kelengkapan dokumen yang harus disiapkan. Sebelum Anda mengajukannya, pastikan Anda memenuhi syarat dan menyiapkan semua dokumen yang diminta.

BPR Universal memberikan kemudahan bagi Anda yang mengajukan gadai sertifikat rumah, tim BPR Universal akan menjemput data Anda agar dapat segera diproses.

4. Ajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Untuk mendapatkan pinjaman dana bukan hal yang sepele. Rumah adalah salah satu kebutuhan primer dan nilainya cenderung lebih tinggi dibandingkan aset Anda yang lain. Jangan mudah tergiur dengan tingginya nilai pinjaman dana yang dapat Anda pinjam, pinjam sesuai dengan kebutuhan Anda.

Biasanya pihak kreditur akan menilai aset rumah yang Anda gadaikan. Misal rumah Anda dinilai Rp 800,000,000 maka pihak kreditur biasanya memberi pinjaman maksimal 70% hingga 80% dari Rp 800,000,000 tersebut. Jika pihak kreditur menawarkan jumlah pinjaman lebih dari yang Anda ajukan, jangan buru-buru tergoda karena Anda harus tetap membayar cicilan dan bunganya. Jadi pastikan Anda mengajukan pinjaman dana sesuai dengan kebutuhan Anda, tidak lebih dan tidak kurang.

5. Komitmen Melunasi Angsuran

Jika sudah meminjam, tentu perlu dikembalikan. Apalagi jika yang dijadikan agunan adalah sertifikat rumah. Jika mengajukan gadai sertifikat rumah, maka Anda harus berkomitmen penuh untuk melunasi angsuran, jangan sampai rumah Anda disita oleh pihak kreditur.

Perhatikan juga biaya-biaya lain seperti biaya appraisal, biaya layanan, dan tentunya bunga. Perhitungkan biaya-biaya tersebut dalam cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.