Bulan Ini SK ASN Diserahkan, Baru 3.003 NIP yang Rampung

Megazio.com, Medan- Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VI Medan masih melakukan proses penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) bagi aparatur sipil negara yang lulus pada rekrutmen CASN 2018.

Sebelum NIP diberikan kepada ASN bersangkutan, para kepala daerah mesti menerbitkan surat keputusan (SK) terhadap CASN yang telah lulus tersebut.

Setelah SK dari masing-masing kepala daerah diterbitkan, barulah CASN resmi menjadi seorang abdi negara, dan siap menjalankan tugas serta tanggung jawabnya. “Rencananya, Maret ini SK sudah bisa diberikan sekaligus NIP-nya. Selanjutnya mereka bisa segera bertugas,” katanya.

“Tahapan ini dilakukan setelah pemberkasan selesai dilakukan dan datanya diserahkan ke kami,” katanya.

Kepala BKD Setdaprovsu, Kaiman Turnip, sebelumnya menyatakan pihaknya sudah menyerahkan berkas 1.032 CASN Pemprovsu ke BKN Regional VI Medan.

Selanjutnya tinggal menunggu NIP dari pemerintah. Mengenai waktu serah terima atau penempatan mereka bertugas di masing-masing instansi, tergantung kapan NIP keluar.

Dia mengungkapkan, terdapat empat orang CASN Pemprovsu yang mengundurkan diri dengan alasan tak mau ditempatkan di Nias.

Hal itu diketahui setelah pihaknya memverifikasi pemberkasan peserta yang telah diterima sebelumnya.

“Mengenai penempatan tugas, sebenarnya sudah ada sejak awal dia melamar. Itu alasan yang kami terima (tidak mau ditempatkan ke Nias, Red). Jadi dari 1.032 (jumlah CASN Pemprovsu yang lulus), berkurang empat orang,” katanya.

Di Kota Binjai, 88 orang dinyatakan lulus CASN. Para CASN yang lulus sudah mengirim kelengkapan berkas administrasi. Kelengkapan berkas juga sudah dikirim ke BKN Regional Medan di Jalan Pinangbaris.

sumber : sumutpos