Bentuk dan Alat Kelamin Jantan Pada Bunga Dinamakan Brainly, Ternyata Seperti ini Bagian-bagiannya?


Langsung aja ke Tujuan awal.,

Bunga atau kembang (bahasa Latinflos) adalah alat reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga (divisio Magnoliophyta atau Angiospermae, “tumbuhan berbiji tertutup”). Pada bunga terdapat organ reproduksi, yaitu benang sari dan putik.

Alat Kelamin Jantan Pada Bunga Dinamakan Brainly. Pada bagian dasar tangkai putik terdapat bagian yang kelak akan menjadi buah dan biji. Bunga disebut bunga sempurna bila memiliki alat jantan (benang sari) dan alat betina (putik) secara bersama-sama dalam satu organ.

Bunga dapat muncul secara tunggal maupun bersama-sama dalam satu rangkaian. Bunga yang muncul secara bersama-sama disebut sebagai bunga majemuk atau inflorescence. Pada beberapa spesies, bunga majemuk dapat dianggap awam sebagai bunga (tunggal), misalnya pada Anthurium dan bunga matahari. Satuan bunga yang menyusun bunga majemuk disebut floret.

Benang sari merupakan sebuah organ reproduksi jantan yang dimana terdapat pada bunga. Biasanya, pada sebuah benang sari sendiri secara umum akan terbentuk dari tangkai sari maupun filamen, dan juga pada bagian dari ujunga tangkai sari, kepala sari hingga anter.

Sebuah anter sendiri merupakan sebuah bentuk dari empat macam kotak sari yang dimana biasanya akan dinamakan dengan mikrosporangia.

Dari sebuah perkembangan mikrosporangia dan juga spora haploid yang dimana akan termasuk ke dalam serbuk sari mirip dengan sebuah mikrosprangia pada sebuah tumbuhan gimnosperma, contoh dari tumbuhan tersebut adalah pinus dan lumut

Secara botani, bunga adalah bagian tanaman untuk menghasilkan biji. Penyerbukan dan pembuahan berlangsung pada bunga. Setelah pembuahan, bunga akan berkembang lebih lanjut membentuk buah. Pada tumbuhan berbunga, buah adalah struktur yang membawa dan melindungi biji.

Bagian Bunga

Bunga memiliki beberapa bagian yang akan berguna dalam sistem reproduksi tumbuhan. Adapun bagian-bagian bunga adalah sebagai berikut

1. Mahkota

Mahkota atau corolla adalah bagian yang paling mencolok warnanya karena fungsinya menarik serangga.

Bagian mahkota biasanya berwarna-warni dan terlihat indah. Selain itu ukuran mahkota bunga juga paling besar dibanding bagian lainnya.

2. Kelopak

Kelopak bunga atau disebut sebagai calyx. Kelopak bunga terletak di lingkaran terluar. Fungsi dari kelopak bunga adalah melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup dan akan terbuka jika mahkota mekar.

3. Benang Sari

Benang sari menjadi bagian bunga yang cukup umum. Fungsi benang sari adalah sebagai alat kelamin jantan atau dikenal sebagai androecium. Bunga biasanya terdiri dari empat kotak sari, disebut mikrosporangia sebagai organ reproduksi jantan pada bunga.

Benang sari pada umumnya terdiri dari 3 bagian yakni tangkai sari atau filament, kepala sari dan serbuk sari.

4. Putik

Putik adalah bagian bunga yang berfungsi sebagai sebagai alat kelamin betina atau dikenal sebagai gynoecium. Biasanya putik terletak di bagian tengah-tengah bunga. Putik mengandung sel telur yang berguna pada proses pertumbuhan.

5. Bakal Buah

Bakal buah atau disebut sebagai ovarium juga termasuk salah satu bagian-bagian bunga. Sebenarnya bakal buah ini termasuk dari bagian putik, namun karena perannya yang penting kadang diklasifikasikan sebagai bagian bunga yang berdiri sendiri.

6.Bakal Biji

Bagian bunga yang biasanya ditemui pada tumbuhan berbiji. Fungsi bakal biji adalah untuk melindungi dan menjadi tempat pertemuan sel-sel telur yang dibuahi serbuk sari melalui proses penyerbukan. Bakal biji yang dibuahi akan berkembang menjadi biji.

Jenis Bunga

1. Bunga Sempurna

Bunga sempurna atau bunga lengkap adalah bunga yang memiliki bagian kelopak, benang sari, mahkota, dan putik.

Bunga lengkap biasanya juga berjenis kelamin ganda atau hermafrodit.

Meskipun demikian, tidak semua bunga memiliki kelamin ganda seperti jenis bunga lengkap. Contoh dari bunga lengkap yaitu bunga sepatu, terung, tembakau, melati, mawar dan lain-lain.

2. Bunga Tidak Lengkap

Bunga tidak lengkap ialah bunga yang tidak memiliki satu atau beberapa bagian bunga seperti perhiasan atau alat kelamin.

Bunga tidak lengkap dapat dibagi lagi menjadi dua kelompok, yaitu perhiasan bunga yang tidak lengkap dan alat kelamin yang tidak lengkap.

Perhiasan bunga tidak lengkap adalah jenis bunga yang tidak memiliki perhiasan berupa mahkota dan kelopak bunga. Jenis bunga ini dapat disebut sebagai bunga telanjang.

megazio [Harja Group]

About the Author: megazio [Harja Group]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.