close

Belajar Saham Pemula dan Cara Mengatasi Ketimpangan Order Jual dan Beli Trading

Seorang pemula biasanya menghindari melakukan trading saham karena dua hal yaitu malas melihat harga saham setiap hari dan takut belajar analisis gambar.

Akibatnya mereka mengambil jalur yang “katanya” investasi, long term. Mengidolakan Warren Buffet, Charlie Munger, dan Long Kheng Hong, tapi tidak secara kaffah atau totalitas. Masalahnya muncul disini, akan sangat baik bila Anda konsisten investasi.

Bagaimana cara belajar trading saham dengan mudah?

1. Mulai dari nominal kecil

Siapa bilang investasi tidak bisa dilakukan dengan modal kecil? Main saham pakai duit seuprit dimungkinkan kok, tapi ya “mainnya” jangan main-main. Nyari duit kan harus serius, makanya perlu dianggap sebagai bisnis sekecil apapun uang yang dikeluarkan sebagai modal.

2. Memilih perusahaan sekuritas

Duit sudah siap, begitupula dengan sedikit belajar tentang analisis buat trading. cari perusahaan sekuritas buat kalian menanamkan uangnya. Betul sekali, memilih broker saham kadang tricky agar tidak merasa dirugikan.

Apalagi kalian akan masuk kategori trading yang frekuensi transaksinya tentu lebih banyak dibandingkan orang yang sekedar beli doang dan ditahan lama.

3. Jangan gunakan semua modal ke satu transaksi

Meskipun dalam beberapa kali di artikel saya menyebut soal diversifikasi, saya tidak mengharuskan Anda untuk melakukannya. Bagaimanapun juga setiap orang bebas melakukan strategi trading saham sesuai kenyamanan masing-masing

4. Menghindari saham gorengan

Gorengan emang enak pake banget, saya suka makan semacam itu dari kecil. Tapi kalau kebanyakan bikin blenger dan keblinger, begitu pula saham gorengan. 

Pertama, saham gorengan sangat susah dibaca dari sisi analisis teknikal, apalagi fundamental. Gerakannya yang begitu volatil menjadi tidak terprediksi dengan baik, karena sentimen dan pompomers menjadi faktor paling dominan dalam menggerakkan harga saham semacam ini.

# BACA EBOOK MENGENAL INVESTASI SAHAM

Pertama-tama Anda harus tahu apa itu saham, mengapa harus membeli saham, bagaimana cara belinya, pakai software apa dan lain sebagainya. Dengan membaca ebook Mengenal Investasi Saham Anda akan mengetahui gambaran singkat tapi jelas tentang saham.

# BUKA REKENING SAHAM

Belajar saham itu seperti belajar berenang. Hanya belajar teori, tanpa nyemplung ke air, Anda tidak akan pernah menjadi perenang tangguh. Anda harus membuka rekening saham di salah satu sekuritas sebelum bisa jual beli saham. 

# LAKUKAN TRANSAKSI SAHAM

Setelah rekening saham jadi, setor dana sesuai ketentuan sekuritas. Coba membeli saham, cukup sedikit saja, misalnya 1 lot (100 lembar). Setelah itu boleh simpan atau coba jual saham tersebut. Di sini Anda melatih menggunakan software dan membiasakan diri dengan berbagai aturan transaksi saham. Batasi diri untuk tidak transaksi terlalu besar dahulu sampai familiar dengan transaksi saham.

# PILIH MAU JADI INVESTOR ATAU TRADER SAHAM

Ada dua pilihan jika Anda ingin terjun di dunia saham, yaitu menjadi investor atau trader. Keduanya berbeda. Masing-masing punya karakteristik masing-masing, dan beda ilmu yang harus dikuasai. Investor membeli dan menyimpan saham dalam jangka waktu lama.

Trader membeli dan menjual saham dalam waktu singkat memanfaatkan fluktuasi harga saham. Untuk pemula, dan mereka yang sibuk disarankan menjadi investor saham.

# PELAJARI ILMUNYA

Bila Anda ingin menjadi investor saham disarankan belajar Analisis Fundamental. Di sini Anda akan belajar cara menganalisis kondisi ekonomi dan kesehatan keuangan perusahaan. Sedangkan bila Anda ingin menjadi trader saham disarankan belajar Analisis Teknikal.

Di sini Anda perlu belajar cara menganalisis grafik harga saham untuk menentukan kapan masuk dan keluar pasar.

# TERUS BELAJAR

Cuma belajar Analisis Fundamental atau Analisis Teknikal belum cukup untuk modal sukses di dunia saham. Masih banyak hal yang perlu dipelajari, misalnya sebagai investor saham Anda juga perlu belajar ekonomi makro, manajemen portofolio dll lebih dalam.

Sebagai trader saham mungkin Anda juga perlu belajar Manajemen Uang, Psikologi Trading, dan lain sebagainya.

Baca sebanyak mungkin buku investasi dan trading. Dunia saham adalah dunia yang dinamis. Seseorang yang statis biasanya tidak bisa sukses di dunia ini. Perlu banyak pembelajaran dan pikiran yang terbuka.

# BERTAHAP

Biasanya seseorang tidak langsung sukses dalam menjadi investor atau trader saham. Semua perlu waktu, proses, dan pembelajaran yang terus menerus. Lakukan penambahan modal secara bertahap sesuai dengan banyaknya ilmu yang sudah dipelajari dan pengalaman yang sudah dilalui.

Jalan menuju sukses itu terasa lama, tidak bisa instan, tapi kalau Anda sabar, disiplin dan terus menjalani, maka orang biasa juga bisa sukses berinvestasi saham.

You May Also Like

megazio [Harja Group]

About the Author: megazio [Harja Group]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.