Banyak Manfaat Buah dan daun sirsak untuk Kesehatan & Kecantikan - Megazio

Home / Kesehatan / Tips

Minggu, 22 Maret 2020 - 07:59 WIB

Banyak Manfaat Buah dan daun sirsak untuk Kesehatan & Kecantikan

Buah yang mudah ditemukan di Indonesia ini berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah sirsak yang memiliki cita rasa manis dan sedikit asam menyegarkan ini bisa dikonsumsi langsung maupun diolah dahulu.

Biasanya saat panas terik sirsak diolah menjadi jus yang menyegarkan, tapi dapat juga diolah menjadi manisan, permen, ataupun dodol.

Di daerah lain, sirsak memiliki sebutan berbeda yaitu nangka Belanda atau durian Belanda. Buah sirsak biasanya berbentuk menyerupai jantung dan berwarna hijau.

Dagingnya juga kenyal dan berwarna putih yang kaya akan serat. Setiap 100 gram daging sirsak yang dikonsumsi mengandung 3,3 gr serat yang dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat setiap hari. Selain itu sirsak juga mengandung banyak karbohidrat, vitamin C, B dan banyak lainnya.

Kandungan Nutrisi Buah Sirsak

Dalam seporsi buah sirsak (sekitar 200 gram) terkandung sekitar 110-130 kalori. Selain itu, buah sirsak juga memiliki sejumlah kandungan nutrisi berikut ini:

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Vitamin C
  • Vitamin B
  • Kalium
  • Magnesium
  • Kalsium

Kandungan Buah dan Daun SIrsak Bagi Kesehatan

1. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Ternyata, setiap 100 gram daging sirsak mengandung 3.3 gram serat yang dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat per hari. Dengan kandungan seratnya mampu memperlambat pencernaan dan menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

2. Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan yang kedua adalah untuk sistem kekebalan tubuh. Buah sirsak mampu mencegah penyakit akibat serangan virus sperti flu, herpes dan lainnya.

3. Melancarkan pencernaan
Tingginya kandungan serat dan air di dalam buah sirsak baik untuk menjaga saluran cerna agar tetap aktif. Rutin mengonsumsi buah-buahan, termasuk buah sirsak, juga baik untuk mengatasi dan mencegah sembelit.

4. Melawan infeksi
Suatu riset di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah sirsak terlihat dapat membunuh bakteri, virus, serta parasit. Ditambah kandungan nutrisinya yang dapat memperkuat daya tahan tubuh, buah sirsak dipercaya baik untuk membantu pemulihan tubuh setelah terkena infeksi.

Baca juga :  Harga Cengkeh Melambung Tinggi Mencapai Rp157.000/Kg

5. Mencegah pertumbuhan sel kanker
Di dalam buah sirsak, terkandung antioksidan dan beragam zat kimia lain yang memiliki sifat antikanker. Beberapa studi di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah dan daun sirsak terlihat dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker, seperti kanker payudara, prostat, usus besar, hati, ginjal, dan mulut.

Manfaat Buah dan daun Sirsak Bagi Kecantikan

1. Menyembuhkan gangguan pada kulit

Daun sirsak memiliki kualitas penyembuhan yang efektif, karena itu cocok digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit. Jika Anda menempelkan daun sirsak segar pada kulit Anda yang bermasalah, maka penyakit kulit akan lebih cepat sembuh.

2. Melawan tanda penuaan

Buah sirsak mengandung asam askorbat dan vitamin C yang tinggi. Kedua kandungan itu berfungsi antioksidan dalam tubuh kita yang dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis-garis halus dan pigmentasi pada kulit.

3. Mengatasi kutu

Siapa sangka kalau daun sirsak juga bisa berfungsi sebagai obat anti-kutu rambut? Untuk mengatasi kutu yang bersarang di rambut, gunakan daun sirsak yang sudah dilumatkan untuk creambath. Usapkan hingga merata di seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Setelah itu bungkus kepala dengan handuk hangat dan diamkan selama 30 menit.

4. Mencegah rambut rontok

Sirsak, dengan kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya dapat membantu mencegah dan mengatasi rambut rontok. Rajin mengonsunsi buah sirsak akan menjadikan rambut lebih sehat dan kuat.

5. Mengurangi ketombe

Daun sirsak mengandung bahan yang bersifat anti-parasit. Jika dioleskan pada kulit kepala kandungan anti-parasit tadi akan membantu melawan ketombe beserta gejala yang ditimbulkan, termasuk kulit kepala gatal dan kering.

Share :

Baca Juga

Berita Daerah

Dampak Virus Corona, Kunjungan Turis Sepi Hingga Monyet dan Rusa Cari Makan di Jalan

COVID-19

Viral Lagu Corona Diciptakan 30 tahun lalu, Ternyata Ini Kejelasannya

Iklan Artikel

Cara Melihat Backlink dan PBN Berkualitas Tinggi

Kesehatan

9 Khasiat Madu buat Kecantikan Wanita dan Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Kesehatan

Normalkah Gairah Seks Menurun Setelah Melahirkan

Berita Daerah

PDP & ODP CORONA Bertambah di Medan Disusul Binjai, SIantar, dan Simalungun

Berita Daerah

Cara Membuat Dalgona Coffee, Minuman dari Korea Selatan lagi viral di Indonesia

Bloger

Cara Memulai Bisnis, Bisnis Kecil Untung Besar?