Sen. Sep 23rd, 2019

Megazio.com

Berita Hari Ini, Kabar Update dan Terpercaya

Bahaya Konsumsi MIE Instan Bagi Tubuh dan Janin

  •  
  •  
  •  
  •  

SIapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini, di balik keenakan rasanya ternyata banyak bahaya yang menghantui karena terlalu sering memakan mie instan.

semua kalangan pastinya pernah makan makanan yang satu ini, mulai dari yang tua hingga anak anak, yang kaya hingga yang miskin semua pernah makan makanan yang satu ini.

kebanyakan orang sekarang ini ada saja yang menjadikan mie instan sebagai makanan favorit mereka atau bahkan karena malas masak, mereka sampai menyetok persediaan mie yang banyak di rumah, tempat kerja, toko dan lain sebagainya.

Mie instan sangat digemari oleh anak –anak sampai remaja. Misalnya begitu diminati di kalangan seperti pelajar, anak sekolah, mahasiswa, anak kost sampai dengan orang tua juga pun menyukainya. Bagi orang tua sudah sewajarnya memantau aktivitas makanan anak –anak mereka.

Beberapa penyakit bisa saja timbul karena kebiasaan mengonsumsi mie instan yang tidak sesuai batasnya. Ungkapan mie instan mengendap diperut dan sulit dicerna ini memang adanya.

Pada mie instan merupakan makanan padat kalori, bahaya mie instan akan berdampak negatif pada kesehatan tubuh apabila terlalu sering di konsumsi dalam jumlah yang tidak sedikit.

Bahaya MIE instan bagi Kesehatan

Beresiko penyakit Kanker

Bahan kimia dan pengawet pun pada akhirnya mengendap dalam tubuh. Tahu kah Anda beberapa bahan di dalam mie instan sebenarnya bersifat karsinogenik. Ini berarti makanan ini bisa memacu pada kanker dan penyakit lainnya seperti asma, diare dan kecemasan karena terlalu sering di konsumsi.

Obesitas dan kegemukan

Penyakit obesitas bukan hanya disebabkan oleh karena memakan makanan berlemak saja, melainkan mie instan juga merupakan salah satu pemicu pertama penyakit obesitas ini.

Kerusakan Organ Tubuh

Tidak hanya merusak sel –sel jaringan otak kita sebagaimana yang sudah dipaparkan diatas, makanan yang satu ini juga berpotensi merusak organ dalam tubuh kita. Sebagai salah satu makanan yang dapat disimpan dalam kurun waktu yang lama, maka dapat dipastikan bahwa dalam mie instan sendiri terdapat bahan anti beku

Junk Food

Mie instan dapat dianggap sebagai junk food dan tidak bisa sama sekali menggantikan makanan bernutrisi. Sebab mie instan ini sendiri telah mengandung banyak sekali karbohidrat, namun tidak mengandung mineral, serat dan vitamin. Mie instan ini juga telah mengandung banyak lemak trans dan lemak jenuh.

Gizi Buruk

Sebuah penelitian yang telah dimuat dalam sebuah jurnal bernama Nutrition Research and Pratice tahun 2011 menjelaskan bahwa anak –anak yang sering mengonsumsi mie intan akan cenderung mengalami kondisi adanya kelebihan lemak dan garam sedangkan sang anak tersebut kekurangan dalam kalsium, protein, zat besi, vitamin C dan vitamin A yang justru malah penting dalam tubuh.

Menggunakan Bahan Penyedap Tambahan (MSG)

Apakah Anda mengenal apa yang dimaksud dengan MSG yang adalah singkatan dari Monosodium glumate ? Ya, tentunya Anda sudah mengenalnya sebagai bahan yang ada dalam mie instan bukan? Bahan ini digunakan untuk dapat meningkatkan rasa pada mie, namun pada kenyataannya 1 -2 persen dari populasi mengidap alergi terhadap MSG.

Berisiko Keguguran

Jika Anda adalah seorang ibu muda yang sedang mengandung sang buah hati, pastikan untuk tidak mengonsumsi mie siap seduh setiap hari atau terlalu sering. Sebab bahaya nya bukan hanya bagi Anda sendiri melainkan bagi sang bayi yang ada di dalam rahim Anda.

Dimana resiko keguguran akan lebih besar karena bumbu dan bahan pengawet dalam mie instan dapat sangat mempengaruhi perkembangan sang janin. Atau situasi lainnya adalah bisa menimbulkan kecacatan dan lahir tidak normal pada buah hati Anda

Boleh sesekali mengonsumsi makanan siap seduh ini, tetapi ingat batasannya. Buah hati Anda sebaiknya perlu memakan makanan sehat dan kaya akan gizi.

Perlu diingat juga bahwa kesehatan kita bergantung pada nutrisi dan makanan yang kita makan. Kalau kita makan makanan yang sehat tentu saja hasilnya kita akan selalu sehat