7 Tips Penting Dalam Menjaga Kesehatan Kandung Kemih

  •  
  •  
  •  
  •  

Tahukah Anda ada organ tubuh yang tidak kalah penting untuk dijaga kesehatannya selain jantung, ginjal, dan paru-paru? Ya, organ tubuh lain yang harus Anda rawat adalah kandung kemih.

Sebaiknya jangan terlalu sering menahan kencing. Cobalah untuk buang air kecil setidaknya setiap 3 sampai 4 jam sekali meskipun sedang tidak ingin buang air kecil.

Seiring bertambahnya usia, kondisi kandung kemih juga akan berubah, fungsinya semakin menurun, Kandung kemih adalah organ berongga pada sistem ekskresi manusia. Tugasnya yaitu menampung cairan yang telah disaring oleh ginjal dan akan dikeluarkan sebagai urine.

Setiap hari Anda bisa membuang air kecil, itu tak lain karena kerja beberapa organ termasuk kandung kemih yang menampung urine (air kencing) sebelum dikeluarkan.

Tanpa adanya kandung kemih, urine tak akan bisa ditampung. Bila Anda mengabaikan kesehatan kandung kemih, Anda berisiko mengalami infeksi atau bahkan kanker.

Maka itu, menjaga kesehatan kandung kemih harus dilakukan sejak dini. Memang tidak semua hal bisa dikontrol untuk menjaga kesehatan kandung kemih. Namun, Anda tetap memiliki kesempatan untuk menjaganya dengan hal-hal sederhana yang sering terlupakan.

  1. Minum air putih yang cukup
  2. Buang air kecil sampai tuntas
  3. Berhenti merokok
  4. Lakukan latihan untuk otot panggul
  5. Buang air kecil setelah berhubungan intim
  6. Batasi minuman berkafein dan beralkohol
  7. Buang air kecil teratur demi kesehatan kandung kemih Anda

Menahan urine di kandung kemih terlalu lama dapat melemahkan otot kandung kemih dan membuat infeksi kandung kemih lebih rentan terjadi.

Previous Article
Next Article

Tinggalkan Balasan