7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata Anda

Mata merupakan jendela hati, begitu ungkapan yang sering dikatakan oleh banyak orang. Menjaga kesehatan mata dapat menghindarkan kita dari risiko gangguan mata.


Langsung aja ke Tujuan awal.,

Mata adalah salah satu organ tubuh yang harus Anda jaga fungsinya dengan baik. Oleh karena itu, tidak perlu menunggu sampai memasuki usia lanjut untuk mulai menjaga kesehatan mata.

Semakin cepat Anda mulai rutin memelihara fungsi penglihatan, maka akan lebih cepat pula manfaat yang Anda dapatkan.

Umumnya mata akan mulai kurang awas melihat begitu kita menginjak usia pertengahan 20 tahun hingga 30-an. Namun, tak perlu khawatir! Anda sebenarnya bisa, kok, tetap menjaga kesehatan mata di usia dewasa

Sayangnya, tidak banyak orang yang memiliki kesadaran cukup tinggi untuk menjaga kesehatan mata. Hal itu kemudian bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan pada penglihatan.

Saat mata sudah mengalami gangguan atau masalah, cara mengatasinya mungkin tidak akan mudah. Bahkan, beberapa jenis kerusakan pada mata pun bisa saja berdampak negatif.

1. MAKAN-MAKANAN YANG TEPAT

Penelitian menunjukan bahwa makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan mata adalah yang mengandung vitamin A, C dan E. Contohnya wortel, bayam, tomat dan lainnya.

Zinc, lutein, selenium dan asam lemak omega-3 juga diketahui baik untuk kesehatan mata. Kandungan seperti ini bisa kita temui pada telur.

2. MENGGUNAKAN KACAMATA HITAM

Mata yang terlalu sering terpapar sinar matahari dapat mengalami katarak lebih awal. Oleh sebab itu, cara menjaga kesehatan mata saat pergi keluar ruangan adalah mengenakan sunglasses yang memiliki proteksi terhadap sinar UV (Ultraviolet).

3. JANGAN TERLALU LAMA MENATAP GADGET

Terlalu lama menatap gadget atau monitor dapat membuat mata Anda tidak nyaman. Seperti mata lelah, sakit kepala, nyeri leher,dan pandangan menjadi kabur .

4. HINDARI ROKOK

Selain buruk untuk kesehatan paru-paru, ternyata merokok juga meningkatkan resiko gangguan mata seperti katarak, degenerasi makula dan kerusakan pada saraf retina.

5. LAKUKAN PEMERIKSAAN RUTIN MATA

Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter spesialis mata, setidaknya setahun sekali. Deteksi dini adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesahatan mata kita.

6.JANGAN GUNAKAN DAN BUANG MAKEUP LAMA

Pada riasan mata bentuk cair atau krim, bakteri dapat tumbuh dengan mudah. Buang dan ganti makeup Anda jika sudah 3 bulan digunakan.

Selalu ingat untuk tidak meminjam dan meminjamkan makeup dari dan kepada orang lain. Serta pastikan untuk mencuci wajah hingga bersih sebelum dan setelah memakai makeup.

7. RAJIN OLAHRAGA

Penelitian mengungkapkan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol yang tinggi.

Cara menjaga kesehatan mata juga dapat dilakukan dengan tidak mengabaikan berbagai masalah pada mata. Jika terasa seperti ada butiran pasir di mata, bilas dengan air bersih. Apabila mata terasa gatal atau terlihat merah, atasi dengan obat tetes mata atau kompres dingin.

Kesimpulan dan Saran

Segera periksakan ke dokter mata jika keluhan pada mata terus berlanjut, atau jika mata terasa sakit, bengkak, sensitif terhadap cahaya, seperti ada bintik-bintik gelap mengambang ketika melihat, atau jika Anda mengalami gangguan penglihatan.

You May Also Like

megazio [Harja Group]

About the Author: megazio [Harja Group]