6 Alasan Produk Bisnis Online Wajib Punya Domain Sendiri

Dalam berbisnis online, ada satu hal yang sangat penting untuk dimiliki yakni website.

Melalui website, Anda bisa mengenalkan sekaligus menjual produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Nah, untuk memiliki website yang menarik diperlukan domain bisnis online yang menarik supaya siapapun bisa mengetahui dan mengingat produk yang Anda jual.

Memang, apa sih domain itu?

Secara mudahnya, domain adalah alamat yang mengantarkan pengguna internet ke website yang dituju.

Sebetulnya setiap website memiliki alamat yang berupa deret kombinasi angka rumit sehingga tak semua orang bisa menghapalkannya.

Agar mempermudah, muncullah domain supaya alamat website gampang diketahui.

Contohnya seperti domain google.com, facebook.com, twitter.com tentu akan mudah diingat dan diketik pada browser. Bayangkan jika Google memakai alamat website berupa IP 483.1112.149.4, siapa yang bakal bisa mengingatnya?

Karena itulah keberadaan domain sangat membantu. Bahkan lebih lanjut, domain bisnis online bisa mempengaruhi omzet jualan Anda.

6 Alasan Domain Bisnis Online Sangat Penting

  1. Mudah Dikenali
    Alasan pertama sekaligus paling dasar kenapa wajib punya domain bisnis online adalah agar mudah dikenali. Sama halnya seperti facebook.com, google.com hingga kompas.com, semua domain yang dipakai menggunakan brand atau merk dagang. Sehingga konsumen tidak kesulitan dalam mengingat dan langsung mengenali website itu milik sebuah brand bisnis.
  2. Brand Makin Profesional
    Lantaran saat ini internet menjadi primadona dan dipakai hampir seluruh lapisan masyarakat, pebisnis jelas wajib punya website. Dan ketika bisnis yang Anda kelola punya website pribadi dengan nama domain sesuai produk yang ditawarkan, tentu akan dianggap profesional oleh konsumen. Apalagi jika website itu tampil menarik dan menyediakan berbagai informasi produk.
  3. Minim Persaingan
    Dalam setiap bisnis, tentu ada yang namanya persaingan. Nah supaya Anda bisa meminimalisir persaingan dan menjadikan produk Anda mudah diketahui, cobalah memilih domain bisnis online sesuai nama produk. Dengan begitu pengguna internet bisa langsung paham kalau itu adalah website resmi dari bisnis yang Anda kelola secara cepat.
  4. Konsumen Lebih Percaya
    Bagaimanapun juga konsumen saat ini begitu cerdas dan tidak mudah percaya pada suatu produk. Namun ketika produk itu memiliki website dengan nama domain yang sama, tentu akan membuat pasar lebih percaya. Bahkan sekalipun bisnis dijalankan secara online, konsumen akan tetap bersedia melakukan transaksi.
    Tetapi jika Anda memiliki website dengan nama domain yang berbeda dari produk yang dijual, tentu calon konsumen bakal curiga. Contohnya seperti Gojek memiliki website layananojoljakarta.com alih-alih gojek.com, mana yang bakal Anda pilih? Sudah pasti gojek.com, bukan?
  5. Investasi Masa Depan
    Tak banyak yang tahu kalau domain ternyata dapat menjadi investasi. Yap, asalkan website itu Anda kelola secara rutin dan dijaga, selalu diperpanjang domain dan layanan hosting yang dipakai, website tentu akan bertahan di internet sampai tahunan, belasan tahun atau puluhan tahun sekalipun. Ini merupakan investasi menjanjikan.
  6. Optimasi Mesin Pencarian Internet
    Dan terakhir, alasan kenapa pebisnis wajib punya domain bisnis online adalah demi optimasi produk di mesin pencari internet. Karena setiap kali konten muncul di mesin pencari dengan website yang memiliki nama domain sesuai produk, maka produk itu bakal lebih dikenal.

Karena ternyata ada banyak sekali alasan wajib memiliki domain bisnis online, untuk itulah sebelum membuat website, Anda harus memilih domain secara sungguh-sungguh.

Ingat, kualitas brand juga dipengaruhi oleh keberadaan website sehingga jangan memilih sembrono atau tidak rajin melakukan update konten.

You May Also Like

megazio [Harja Group]

About the Author: megazio [Harja Group]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.