5 Tips Agar Produktif Saat Kerja Dari Rumah diMasa Corona [work from home]


Langsung aja ke Tujuan awal.,

Para pekerja yang sukses selalu menggunakan taktik serta strategi tersendiri dengan menciptakan produk ataupun pelayanan yang unik dan khusus dengan inovatif- inovatif baru, sehingga tidak.

Merupakan karakteristik seorang pekerja karena dengan kemampuan yang inovatif seorang wirausaha dapat mencipatakan usaha yang menarik atau produk yang berbeda dengan produk lainnya.

Selain inovatif seorang pekerja juga harus memiliki ide yang kreatif agar dapat menciptakan produk baru.

Proses inovasi atau perumusan baru, baik pada usaha unit menengah maupun besar muncul disebabkan adanya proses khusus melakukan persiapan dalam penelitian dan pengembangan.

Pada unit usaha kecil penemuan baru lebih banyak terjadi karena pengalaman atau secara tidak sengaja. Hasilnya dapat langsug ditetapkan dengan atau ujicoba secara lanjut.

Walaupun kerja dari rumah (work from home) Anda tidak bisa berinteraksi lagi dengan rekan kerja dikantor. Akan tetapi dengan kebijakan ini, kesehatan dan keselamatan Anda akan lebih terjamin, untuk itu kita harus menjaga performa kerja agar bisa bekerja lebih produktif seperti biasa. Lalu bagaimana caranya agar tetap produktif saat kerja dari rumah? Berikut ada beberapa tips yang bisa kita dilakukan untuk bisa tetap produktif.

1. Mempersiapkan Diri 

Jangan pernah berpikir ketika bekerja dari rumah akan lebih santai, seperti sambil berada didepan televisi. Hal tersebut tentu harus kita hindari sejauh mungkin, karena bisa mengakibatkan produktifitas bisa menurun.

Untuk itu usahakan persiapkan diri sebaik mungkin seperti halnya kamu sedang bekerja di kantor. Anda bisa tetap mandi pada pagi hari, sarapan, lalu membuat kopi atau teh untuk menemani kerja nanti.

Membuat suasana seperti halnya di kantor bisa meningkatkan produktifitas Anda saat harus kerja dari rumah.

2. Tetap Punya Jam Kerja

Walaupun judulnya kerja dari rumah, tapi Anda harus memastikan untuk mengatur waktunya dengan baik.

Kapan waktu harus bekerja, dan kapan waktu untuk istirahat. Layaknya bekerja di dalam kantor, Anda harus pasikan tidak menunda-nunda waktu untuk bekerja.

Tak hanya itu, Anda jangan sampai lupa untuk menjdawalkan jam istirahat untuk makan misalnya.

Menurut berbagai sumber hal yang perlu diperhatikan ketika sedang kerja dari rumah adalah mengatur jadwal.

Saat sedang bekerja dirumah tetapi Anda tidak bisa mengatur jadwal sama sekali, biasanya Anda akan merasa bebas dan akan lupa terhadap pekerjaan Anda. Atur seperti biasa jam Anda bangun agar tida kesiangan. Lalu jangan lupa mandi agar badan tetap segar.

Baca juga :  Bayi Baru Lahir Langsung Bicara soal Makan Telur Rebus Bisa Tangkal Virus Corona

3. Koneksi Internet yang Lancar

Sebagus dan secanggih apapun komputer atau laptop juga software yang Anda digunakan, sama saja bohong kalau tanpa internet yang lancar.

Karena kecepatan data internet memegang peran yang sangat krusial selama bekerja dari rumah karena pekerjaan semuanya pastinya dikerjakan secara online.

Pastikan koneksi internetnya stabil agar tidak mengganggu kelancaran dan kecepatan kerja, jadi semuanya berjalan dengan baik layaknya bekerja di kantor.

Lebih disarankan untuk menggunakan WiFi karena kecepatan internet nya jauh lebih baik dan stabil dibanding internet biasa. Selain itu pilih provider internet yang bagus karena cepat atau tidaknya koneksi sangat tergantung dari kecepatan internet.

4. Bekerja di Tempat yang Nyaman

Kantor dan rumah adalah dua tempat yang sangat berbeda, baik dari segi tata letak ruang, fasilitas, maupun suasana.

Agar produktifitas kerja tidak menurun dratis, sebaiknya sediakan segala perabotan ynag menunjang aktivitas kerja dari rumah, sepeti meja dan kursi. Nah, untuk kursinya pastikan yang memiliki sandaran.

Jadi, ketika otot-otot mulai tegang Anda bisa rebahan sebentar. Selama work from home, coba cari satu ruangan dimana Anda bisa bekerja senyaman mungkin.

Mungkin didalam kamar, ruang belajar, atau balkon. Hindari tempat kerja yang sering dilalui atau dikerumuni banyak orang guna meminimalisir keributan, karena ini dapat mengganggu konsentrasi saat bekerja.

5. Jaga Komunikasi dengan Tim

Karena Anda juga rekan bekerja dirumah masing-masing, maka penting untuk menjaga komunikasi satu sama lain.

Ketika Anda kurang paham mengenai suatu job desk, setidaknya bisa bertanya kepada tim agar proses penyelesaian tugas tidak terhambat.

Begitu juga saat ada proyek yang harus diselesaikan, Anda dan tim harus benar-benar menjaga komunikasi agar proyek bisa selesai dengan hasil yang maksimal.

Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk memudahkan komunikasi, seperti WhatsApp, Google Hangout Meet, Zoom, Skype, dan Discord.

Pastikan aplikasi yang digunakan memiliki fitur audio dan video yang baik, sehingga komunikasi secara online bisa berjalan lancar.

megazio [Harja Group]

About the Author: megazio [Harja Group]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.