11 Manfaat Teh Hijau bagi Kecantikan dan Kesehatan, Lebih Baik ketimbang Teh Biasa - Megazio Kesehatan
close

Home / Kesehatan

Sabtu, 11 Januari 2020 - 07:35 WIB

11 Manfaat Teh Hijau bagi Kecantikan dan Kesehatan, Lebih Baik ketimbang Teh Biasa

Seperti yang diketahui, teh hijau sangat berguna bagi kesehatan. Teh hijau sendiri dibuat dari daun teh yang belum difermentasi sehingga kandungan alaminya masih terjaga.

Teh hijau kini semakin populer dan diolah menjadi berbagai menu makanan. Terlebih, green tea menjadi menu atau rasa yang banyak digemari banyak orang.

Namun teh hijau akan lebih baik dikonsumsi secara langsung, bukan diolah menjadi perasa makanan atau minuman.

Sebab, perasa makanan green tea telah dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti gula dan pewarna makanan. Pilihan terbaik adalah minuman teh hijau hangat.

Teh hijau dikenal sebagai salah satu minumal sehat di berbagai penjuru dunia. Teh hijau berasal dari tanaman Camellia Sinensis yang memiliki daun tidak teroksidasi. Oleh sebab itu, teh hijau memiliki kandungan antioksidan dan polifenol tinggi ketimbang jenis teh lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan di dalam teh hijau secara maksimal, pastikan bahwa kamu menyeduhnya dengan benar serta tidak menambahkan gula ke dalam olahan teh hijau yang akan kamu minum.

1. Mengurangi Mata Panda.

Bagi kamu yang memiliki masalah dengan mata panda, kompres teh hijau dengan menggunakan kapas dan letakan di area sekitar wajah.

Kandungan kafein dalam teh hijau mampu mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit dan menghilangkan mata panda.

2. Mengatasi Masalah Jerawat.

Teh hijau mengandung antiinflamasi, antiseptik, serta antibakteri yang tinggi sehingga dapat membersihkan bakteri penyebab jerawat, mencegah peradangan jerawat dan membantu menyembuhkannya. Zat yang terkandung di dalam teh hijau juga membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah penyebab jerawat.

Baca juga :  Harga Buah Ciplukan, 12 Manfaat Buah Ciplukan bagi Kesehatan

3. Melembabkan Kulit Kering.

Kulit kering memang sangat mengganggu, oleh karena itu zat-zat yang terkandung dalam teh hijau ini dapat membantu melembabkan kulit wajahmu. Kamu bisa rutin menggunakannya sebagai masker wajah.

4. Mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam

Kandungan antioksidan dan tanin memberi manfaat teh hijau untuk mengobati mata yang bengkak dan mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Zat alami ini membantu untuk menyusutkan pembuluh darah di bawah kulit halus di sekitar mata yang gilirannya mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan.

5. Mencegah penuaan

Manfaat teh hijau lain adalah mencegah penuaan dini yang terjadi di kulit. Hal ini disebabkan karena teh hijau mengandung polifenol yang membantu untuk menetralisir radikal bebas berbahaya yang bisa menyebabkan kerusakan signifikan di kulit dan mempercepat terjadinya proses penyaan.

6. Mengobati jerawat

Kandungan katekin dalam teh hijau menjadikan teh ini berguna untuk mengobati jerawat. Sebabnya katekin bersifat anti bakteri, membantu mengatur ketidakseimbangan hormon, dan anti inflamasi yang jadi penyebab timbulnya jerawat. Bahkan sebuah penelitian di tahun 2012 yang diterbitkan dalam ournal of Investigative Dermatology menyimpulkan bahwa epigallocatechin-3-gallate (EGCG), komponen dalam teh hijau, membantu mengobati jerawat dengan memodulasi target molekuler intraseluler dan menghambat pertumbuhan bakteri jerawat.

7. Bisa berfungsi sebagai toner kulit

Ternyata kamu bisa memanfaatkan teh hijau sebagai toner kulit, lho. Ya, manfaat teh hijau lainnya untuk kecantikan kulitmu adalah mampu menarik kotoran yang tertinggal di kulit, memperkecil pori-pori, dan menghidrasi kulitmu.

Baca juga :  Ibu Hamil Kalian Harus Tahu Risiko Konsumsi Jahe untuk Ibu Hamil

8. Membantu memobilisasi lemak dari sel lemak

Manfaat teh hijau yang pertama untuk penurunan berat badan adalah memindah lemak yang ada di dalam sel lemak. Sebab untuk membakar lemak, hal pertama yang harus terjadi adalah memecah sel lemak untuk kemudian dipindahkan ke aliran darah. Proses ini bisa kamu dapatkan dari minum teh hijau sebab minuman ini mengandung senyawa EGCG (Epigallocatechin gallate) dan kafein.

9. Membuatmu mengonsumsi lebih sedikit kalori

Manfaat teh hijau lainnya untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi nafsu makanmu. Sebab salah satu rahasia agar penurunan berat badan ini bisa berlangsung maksimal adalah kamu harus mengontrol jumlah kalori yang kamu konsumsi.

10. Meningkatkan kesehatan oral

Kandungan katekin dalam teh hijau memberi manfaat teh hijau untuk mendukung kesehatan mulut dan gigi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat ini akan membunuh bakteri Streptococcus mutans dalam mulut yang menyebabkan pembentukan plak dan menurunkan risiko gigi berlubang.

11. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, jantung dan stroke

Penyakit kardiovaskular termasuk penyakit jantung dan stroke bisa kamu cegah dengan manfaat teh hijau. Sebab minum teh hijau akan meningkatkan kapasitas zat antioksidan dalam darah yang kemudian berguna untuk melindungi partikel LDL dari oksidasi. Si peminum teh hijau pun memiliki risiko untuk terkena penyakit kardiovaskular lebih rendah 31%.

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Gusi Bengkak dan Cara Mengobatinya dengan Antibiotik untuk Gusi Bengkak

Kesehatan

Ibu Hamil Kalian Harus Tahu Risiko Konsumsi Jahe untuk Ibu Hamil

Dunia Berita

Ombudsman Minta Pekerja Tiongkok Dilarang Masuk RI Terkait Virus Corona

Kesehatan

Cerita Sukses Mantan Pemulung Jadi Miliarder Usai Budi-Dayakan Porang

Kesehatan

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Stretch Marks Setelah Melahirkan dan Kegendutan

Berita Daerah

Pakar Sebut Iklim Tropis Indonesia Bikin Virus Corona Tidak Berkembang

Berita Daerah

Video Warga Berjatuhan di Jalan kena Virus Corona, Mirip Kota Zombie

Kesehatan

7 Tanda-tanda Gejala Diabetes Menyerang Tubuh diantara Lelah dan Haus [ Foto diabetes ]